17+ Makanan Khas Madura Yang Bikin Ngiler dan Wajib Dicicipi

Makanan Khas Madura – Kalau bicara tentang kuliner dari Madura, pasti kebanyakan orang langsung menyebut sate. Sate Madura memang sudah terkenal sepenjuru Indonesia, jadi tak heran sate lebih familiar sebagai amkanan khas dari Madura. Namun, tak hanya sate saja, ada banya makanan, jajanan, camilan, dan oleh-oleh lain. Pulau yang di bagi menjadi 4 kabupaten ini (Sumenep, Bangkalan, Pamekasan, dan Sampang) menyimpan surge kuliner yang harus kalian tahu.

Untuk kalian yang penasaran, apa aja sih makanan khas Madura selain sate ?. berikut ini rekomendasi dari kami.

1. Sate Madura

Sate Madura
Sate Madura

Sate memang merupakan makanan khas Madura yang sangat terkenal dan sudah tidak dapat diragukan lagi jika ditanya soal rasanya.  Bahkan sate Madura banyak di jual di berbagai daerah di Indonesia.

Di Madura sendiri, sate dijual sangat lengkap mulai dari pilihan jenis sate sampai jenis bumbu satenya. Sate Madura bisa terbuat dari ayam, kambing atau sapi.

2. Soto Madura

Soto Madura
Soto Madura

Jika ada sate maka harus ada sotonya. Makanan khas madura lainnya adalah soto madura, berbeda dengan soto lainnya. Jika kamu berkunjung ke madura kamu wajib mencicipi kuliner yang satu ini. Soto madura juga tidak kalah terkenalnya dengan sate madura dan rujak cingurnya. Yang membedakan soto madura dengan lainnya adalah dari kuahnya yang cukup segar dan beraroma bumbu khas madura.

3. Topak Ladeh

Topak Ladeh
Topak Ladeh

Jika hari besar di seperti lebaran biasanya hanya diramaikan oleh sajian ketupat saja, namun tidak begitu di Madura. di Madura terdapat Topak ladhe yaitu makanan yang biasa disajikan saat hari besar seperti Lebaran.

Sebenarnya jika dilihat sekilas makanan ini terlhat mirip dengan ketupat sayur namun jika diperhatikan makanan memiliki perbedaan yang lumayan signifikan.

Kuah topak ladhe terbuat dari rempah-rempah dan parutan kelapa, serta menggunakan campuran daging sapi. Sebagai tambahan pelengkap biasanya menggunakan kacang panjang dan sayur markisa, dan topping bawang goreng serta cabai.

Baca juga : Makanan Khas Pasuruan

4. Kaldu Kokot

Kaldu Kokot
Kaldu Kokot

Kokot dalam bahasa Jawa artinya tulang sapi, itu artinya bahan utama makanan yang satu ini adalah tulang sapi yang lengkap dengan sumsumnya.

Tulang sapi tersebut kemudian dimasak sedemikian rupa menggunakan bumbu tertentu. Untuk kuah, panganan yang satu ini juga menggunakan berbagai macam rempah, dan tidak lupa menambahkan kacang hijau.

5. Nasi Serpang

Nasi Serpang
Nasi Serpang

Jika dilihat sekilas, nasi serpang ini mirip dengan nasi camur pada umumnya. Namun ada yang membedakan antara kuliner ini dengan nasi campur lainnya, yaitu campuran lauk pauk, dan kuah yang digunakan.

kuliner yang satu ini terdiri atas nasi hangat, kerang, telur asin, dendeng sapi, pepes tongkol udang, mie soun, tahu, kerupuk kulit yang dicampur dengan kuah santan, rempeyek kacang, dan yang tidak boleh ketinggalan adalah sambal terasi.

6. Bebek Sinjai

Bebek Sinjai
Bebek Sinjai

Makanan khas daerah Madura ini menjadi incaran pecinta kuliner yang singgah ke pulau madura. Bebek sinjai sudah sangat terkenal ke daerah lain, bahkan warga daerah lain seperti surabaya sering pergi ke madura hanya untuk makan bebek sinjai.

Jadi jangan sampai kelewatan kuliner yang satu ini, apalagi kalau anda suka dengan olahan makanan bebek.

7. Bebek Songkem

Bebek Songkem
Bebek Songkem

Bebek Songkem adalah salah satu makanan khas Madura yang terbuat dari bahan daging bebek yang diberi bumbu-bumbu rempah dan dibalut dengan daun pisang.

Setelah itu, bebek diolah dengan cara dibalut daun pisang dan kemudian dikukus selama sekitar 4 jam. Rasa dari bebek songkem ini tidak kalah dengan bebek goreng dan bebek bakar. Dagingnya empuk dan bumbunya sangat terasa.

8. Lorjuk

Lorjuk
Lorjuk

Lorjuk ini sendiri adalah salah satu jenis kerang, yang memiliki cangkang seperti bambu. Di Madura sendiri, kerang yang satu ini dapat dijadikan berbagai macam camilan, mulai dari rangginang lorjuk, tumis lorjuk, lorjuk goreng, dan aneka penganan lainnya, yang pasti bahan utama yang digunakan adalah lorjuk tersebut.

Untuk menemukan kerang yang satu ini, masyarakat Madura, biasanya memanfaatkan laut yang sedang surut. Ketika sedang surut inilah biasanya kerang tersebut, terjebak di dalam sedimen laut. Untuk masalah rasa, kerang yang satu ini memiliki cita rasa yang gurih, dengan sedikit rasa amis.

9. Soto Mata Sapi

Soto Mata Sapi
Soto Mata Sapi

Seperti namanya, kuliner yang satu ini menggunakan mata sapi yang masih utuh, lengkap dengan tulangnya.

Untuk kuah, soto ini, menggunakan bumbu tertentu. Cara menyajikannya adalah dengan, menggunakan nasi hangat atau lontong, irisan daging sapi, dan disiram kuah soto mata sapi. Untuk rasa, kuliner yang satu ini, gurih dan hangat. Karena ditambah sambal yang sedikit pedas.

10. Jajanan Otok

Otok Makanan Khas Madura
Otok Makanan Khas Madura

Otok merupakan kacang khas Madura. Makanan ini dibuat dari kacang tolo yang diolah menggunakan bumbu khas Madura yang membuatnya menjadi renyah, gurih, manis dan pedas. Kacang otok cocok dinikmati sebagai pelengkap minum kopi dan teh.

11. Tajin Sobih

Makanan Tajin Sobih
Sumber : pulaumadura.com

Tajin sobih merupakan makanan ringan asal Madura. Tajin sobih merupakan sebuah jajanan sejenis bubur.

Tetapi tentu saja bahan utama membuat tajin sobih bangkalan berbeda dengan bubur yang lainnya. Makanan khas tajin sobih bangkalan menggunakan gula merah yang dicairkan untuk menambah manis sajian tajin sobih tersebut.

12. Kue Olet

Kue Olet
Sumber : pulaumadura.com

Kue olet adalah kue khas kabupaten sumenep madura. Kue ini jarang ditemukan didaerah lain, sehingga orang-orang jarang bahkan belum pernah mencoba rasanya kue olet.

Makanan ini terbuat dari singkong yang dicampur dengan ketam hitam, tangguli, dan kelapa. Apabila anda berwisata ke kabupaten sumenep madura tidak salahnya mencoba kue olet ini.

Selain rasanya enak, harganya pun sangat terjangkau bagi masyarakat, dan juga kue olet ini sangat mudah ditemui di daerah sumenep.

13. Kue Apem Madura

Kue Apem Madura
Kue Apem Madura

Berbeda dengan apem dari daerah lain, Kue apem khas madura ini menggunakan kuah yang terbuat dari gula merah, jahe, dan juga kayu manis.

Makanan kue apem madura ini dipercaya dapat membuat badan menjadi lebih segar setelah beraktifitas seharian. Hal ini dikarenakan ada kandungan jahe dan kayu manis yang bisa menghangatkan badan.

14. Jubada

Jubada
Jubada

Jubede, atau kalau orang selain sumenep menyebutnya jubada ini terbuat dari tepung yang dicampur dengan gula merah dan dicampur air kemudian dimasak sampai mengental.

Makanan ini cocok untuk oleh-oleh karena makanan ini lebih tahan lama dan bisa disukai oleh siapa saja, terutama anak-anak.

Baca juga : Makanan Khas Trenggalek

15. Los Elos

Los Elos
Los Elos

Makanan los elos ini adalah makanan ringan yang hanya dijual didaerah madura saja, sehingga orang daerah selain madura jarang mengetahui. Makanan los elos khas madura ini terbuat dari singkong yang di campur dengan gula merah.

Sekilas bahan utama membuat los elos tidak berbeda dengan jubede, tetapi dari segi bentuk dan rasa berbeda los elos dengan jubede.

16. Kocor

Kocor
Kocor

Makanan khas Madura Jawa Timur sebenarnya hampir sama dengan kuliner combro. hanya saja kocor terbuat dari beras yang isinya diberi gula merah kemudian di goreng.

Sehingga cita rasa makanan khas madura kocor ini menjadi sangat gurih ditambah lagi dengan manisnya gula merah.

17. Tattabun

Tattabun
Tattabun

Makanan khas pulau madura ini terbuat dari gula merah yang dicampurkan didalam ubi jalar atau sebutan bagi orang madura adalah longge yang sudah direbus. Kemudian campuran gula merah dan longge tersebut dicetak dan siap disajikan dengan ditaburi dengan parutan kelapa.

18. Kobbu’

Kobbu’
Kobbu’

Tampilan minuman khas madura ini sebenarnya hampir sama dengan minuman jahe pada umumnya. Tetapi bahan yang dipakai sama sekali tidak menggunakan jahe.

Resep minuman kobbu’ terbuat dari kelapa muda, gula merah dan serai sebagai penyedap rasa. Kobbu’ enak disajikan dalam hangat maupun dengan dicampur es.

Itulah daftar makanan khas Madura yang bisa kalian coba dan buktikan kelezatanya. Semoga rekomendasi kami diatas bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian.

1 thought on “17+ Makanan Khas Madura Yang Bikin Ngiler dan Wajib Dicicipi

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat