8 Makanan Khas Lumajang Yang Wajib Dicoba, Tapi Awas Ketagihan !

Makanan Khas Lumajang – kalau kalian sering pergi hiking, maka kabupaten lumajang di jawa timur ini pasti tak asing buat kalian. Kabupaten ini terkenal akan gunung semerunya. Tapi yang kita kali ini bukan alamnya ya gan, tapi makanannya. Di lumajang ini bisa dibilang makanannya unik-unik baik dari segi menu, resep, rasa dan dengan cirri khasnya sendiri. Banyak juga camilan yang bisa kalian bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Berikut ini adalah daftar yang kami buat tentang makanan khas kabupaten Lumajang yang harus kalian coba.

1. Lontong Petis

Lontong Petis
Lontong Petis

Makanan khas Lumajang yang pertama adalah lontong petis. Kalian pasti sudah sering mendengar kata petis, di jawa timur ada banyak makanan yang menggunakan bumbu petis ini. Salah satu menunya adalah lontong petis.

Di Lumajang lontong petis biasa dikolaborasikan dengan sayur daging ayam, telur ayam, tahu dan lainnya. Lontong petis bisa sebagai pengganjal di saat perut kamu kosong. Kamu juga bisa mendapati nya dengan harga yang murah.

2. Pecel Telo

Pecel Telo
Pecel Telo

Di Lumajang Jawa Timur, pecel telo sudah menjadi jajanan dan makanan yang populer, kepopuleran makan ini karena keberadannya yang sudah lama di Lumajang.

Pecel telo khas lumajang jawa timur ini merupakan makanan yang terbuat dari sayur-sayuran atau jantung pisang, semanggi, genjer, kacang panjang dan kecambah seperti bahan utama pecel pada umumnya.

Yang kemudian membedakan pecel lumajang ini adalah bumbunya yang bahan bakunya dibuat dari ubi jalar.

2. Bledus

Bledus
Bledus

Bledus ini merupakan salah satu makanan khas Lumajang yang masih di minati hingga sekarang. Bahan pembuatan bledus ini berbahan dasar dari jagung pipil kering yang di rendam terlebih dahulu semalaman, setalah itu di rebus hingga teksturnya menjadi lebih empuk.

Dalam penyajiannya, sebelum di makan bledus ditaburi atau ditambahkan kelapa parut yang pastinya akan menambah rasa gurih dan tampilan yang unik.

3. Lupis khas Lumajang

Lupis khas Lumajang
Lupis khas Lumajang

Kalau kalian belum pernah nyobain kue lupis khas Lumajang, di jamin nyesel deh. Karena kue lupis ini memiliki aneka ragam rasa dan bentuknya yang unik. Kue lupis bisa dibuat dari beras ketan ataupun terigu yang di dalamnya terdapat gula merah yang akan meleleh ketika digigit.

Kue lupis Lumajang terbuat dari beras ketan, cara memasaknya dengan direbus dan dibalut oleh daun pisang. Bentuknya sendiri segitiga, biasanya kue lupis ini di cocol dengan parutan kelapa. Cocok dimakan di sore hari sambil menikmati pemandangan yang indah di kota Lumajang.

5. Kue Latok

Kue Latok
Kue Latok

Kue latok memang bukan menjadi makanan khas asli Lumajang, tapi kue latok dapat kamu temui di Kota Lomajang dan sudah mejadi kue favorit. Warna kue ini menarik karena bewarna hijau dan merah.

Disajikan dengan taburan kelapa parut yang melimpah, kue latok yang ada di Lumajang memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan dengan kue latok lainnya.

6. Pisang Agung

Pisang Agung
Pisang Agung

Ciri khas yang dimiliki oleh Lumajang selain gunung Semeru adalah Pisang Agungnya yang berukuran sangat besar. Pisang ini tersebar luas di daerah Senduro, Ranuyoso dan Klakah.

Pisang agung merupakan buah khas lumajang yang popular, Pisang Agung yang bentuk dan ukurannya memang seperti tanduk yang bentuknya sangat panjang. Ukurannya bisa mencapai 2 atau 3 kali lebih panjang  jika dibandingkan ukuran pisang biasa.

7. Olahan Pisang

Karena banyaknya stok pisang agung yang melimpah banyak warga Lumajang mengembangkan buah pisang menjadi varian menu makanan baru.

  • Keripik Pisang

Keripik Pisang
Keripik Pisang

Keripik pisang ini berbahan dasar pisang yang di keringkan dan di olah sedemikian rupa sehingga menjadi keripik pisang yang enak dan lezat. Rasa dari keripik pisang ini juga manis yang memiliki tekstur yang renyah, sangat cocok untuk di jadikan camilan saat bersantai ataupun berkumpul bersama kerabat dan juga keluarga.

Kerpik pisang di lumajang ini juga terdapat beberapa merek terkenal seperti Keripik Kirana, Keripik Pisang Oven dan juga Keripik Pisang Madu. Untuk mendapatkan semua keripik pisang khas lumajang tersebut, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh di sekitar lumajang.

  • Tape Pisang

Tape Pisang
Tape Pisang

Tape pisang ini merupakan makanan khas lumajang yang berbahan dari pisang dan juga singkong. Perpaduan rasa pisang dan tape ini menghasilkan rasa yang unik.

Untuk rasa dari Tape Pisang ini sangat nikmat, manisnya pas dan juga memiliki tekstur yang lembut. Selain itu juga Tape pisang ini sudah di pack secara rapi dan juga praktis, sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh para wisatawan yang berasal dari daerah yang jauh dari Lumajang.

  • Pisang Goreng Pasir

Pisang Goreng Pasir
Pisang Goreng Pasir

Mirip seperti pisang goreng biasa, tapi pisang goreng pasir khas Lumajang ini digoreng dengan tepung roti. Sehingga tekstur permukaannya sedikit kasar seperti pasir.

8. Berbagai Keripik Khas Lumajang

Selain keripik pisang diatas kabupaten luamjang ini juga memiliki varian keripik lainnya.

  • Keripik Tempe

Keripik Tempe
Keripik Tempe

Keripik tempe ini banyak di jumpai di berbagai daerah di Indonesia. Namun tidak ada salahnya juga untuk membeli oleh-oleh khas Lumajang yang satu ini.

Selain Gurih dan juga memeiliki tekstur renyah, Keripik tempe khas Lumajang ini juga sangat cocok untuk di jadikan camilan saat sedang bersantai sambil minum teh di pagi hari ataupun saat sore hari. Keripik tempe khas Lumajang ini bisa anda beli di toko-toko yang menjjual oleh-oleh khas Lumajang Jawa Timur.

  • Keripik Nangka

Keripik Nangka
Keripik Nangka

Keripik ini memiliki rasa yang tidak terlalu manis, gurih dan juga memiliki tekstur yang sangat renyah sehingga sangat cocok untuk di jadikan camilan saat sedang bersantai.

Produknya sendiri dikemas dengan rapi sama seperti keripik lainnya sehingga mudah di bawa dan dijadikan buah tangan untuk saudara anda dirumah.

  • Keripik Talas

Keripik Talas
Keripik Talas

Di lumajang juga terdapat olahan Talas yang di jadikan Keripik yaitu Keripik Talas. Keripik Talas khas lumajang ini memiliki rasa yang gurih enak dan juga renyah sangat cocok untuk di makan saat sedang bersantai di saat waktu luang.

Untuk mendapatkan dan membeli keripik talas ini, anda bisa datang ke toko oleh-oleh yang ada di jalan-jalan di Lumajang.

  • Keripik Ubi Ungu

Keripik Ubi Ungu
Keripik Ubi Ungu

Mungkin anda sudah pernah mencoba camilan yang satu ini, jika kalian berkunjung ke lumajang jangan lupa juga membawa oleh-oleh yang satu ini.

Keripik ubi ungu ini memiliki rasa dan aroma yang manis khas ubi ungu dengan tekstur yang renyah sama seperti keripik pada umumnya. Keripik Ketela ungu ini juga banyak di jual di pusat oleh-oleh khas Lumajang, Jawa Timur.

Itulah berbagai makanan khas dari Lumajang yang kami ulas, mungkin masih banyak lagi makanan yang unik dan khas dari Lumajang yang tidak kami ketahui dan belum kami sebutkan.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat