12 Makanan Khas Lombok yang Paling Di Rekomendasikan, Wajib Coba!

Makanan Khas Lombok | Banyak sekali masyarakat yang melakukan liburan dan berkunjung ke beberapa daerah baru. Selain mencari tempat wisata yang asri, kebanyakan masyarakat juga sengaja singgah di suatu daerah untuk bisa merasakan makanan khas dari daerah tersebut.

Lombok merupakan salah satu pulau yang menjadi tujuan favorit banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Selain tempat wisata tentunya Anda juga ingin mengetahui makanan khas Lombok apa saja yang patut dicoba. Berikut adalah ulasannya.

1. Kelaq Batih

Kelaq Batih

Makanan khas Lombok yang pertama akan dibahas adalah kelaq batih. Makanan ini terbuat dari daun kelor yang dimasak menjadi sayur bening. Jika biasanya banyak orang dari daerah lain yang menggunakan daun kelor untuk memandikan mayat namun berbeda dengan masyarakat Lombok.

Di Lombok daun kelor ini diolah menjadi sajian kuliner yang menggoda selera. Kelaq kelor ini bisa Anda sajikan bersama dengan nasi putih dan sambal terasi khas Lombok. Anda akan merasakan sensasi makanan yang berbeda.

2. Sate Bulayak

Sate Bulayak

Sate bulayak merupakan makanan khas Lombok yang berisi sate dan bulayak. Mungkin sebagian besar masyarakat masih asing dengan bulayak. Bulayak merupakan jenis ketupat namun berbentuk bulat panjang dan dibungkus dengan daun aren.

Sate bulayak disajikan dengan bumbu khusus yang terbuat dari campuran kemiri dan santan kental. Anda bisa memakannya dengan nasi hangat sebagai bahan pelengkap. Anda tidak akan bisa mendapatkan makanan ini di daerah lain.

3. Sate Tanjung

Sate Tanjung

Sate tanjung ini hanya bisa Anda temukan di daerah Lombok Utara. Sate jenis ini memiliki rasa pedas manis yang unik. Sate tanjung ini terbuat dari olahan daging ikan. Sate dibakar dengan menggunakan bumbu khas Lombok yang lezat.

Biasanya sate tanjung disajikan dengan lontong dan sayur urap atau biasanya pelecing kangkung. Yang uniknya adalah sate tanjung diberikan opak singkong sebagai bahan pelengkapnya. Anda tentunya akan merasakan sensasi sate yang berbeda dari biasanya.

Baca Juga : Makanan Khas NTT

4. Ares Khas Lombok

Ares Khas Lombok

Ares merupakan makanan khas Lombok yang sudah terkenal akan kelezatannya. Ares ini merupakan sayur khas Lombok yang terbuat dari pohon pisang muda. Rasanya yang renyah dan kental sangat cocok dijadikan lauk dengan nasi.

Ares dimasak dengan campuran bumbu khas Lombok yang kaya akan rempah. Jika Anda berkunjung ke Lombok maka Anda jangan sampai melewatkan untuk mencoba sayur jenis ini. Sayur ares ini biasanya dijadikan sebagai sajian utama pada pesta adat.

5. Bebalung Sasak

Bebalung Sasak

Bebalung merupakan salah satu makanan yang menyajikan daging dengan tukangnya sekaligus. Biasanya bebalung akan dilengkapi dengan kuah seperti sup yang tentunya segar dan gurih. Bebalung ini akan sangat cocok Anda makan dengan nasi.

Satu hal istimewa dari bebalung ini adalah dagingnya yang lunak. Anda bisa memakan dagingnya tanpa harus susah payah menggigitnya karena dagingnya sudah terlepas dengan sendirinya dari tulangnya.

6. Ayam Taliwang

Ayam Taliwang

Siapa yang tidak kenal dengan makanan khas Lombok yang satu ini. Ayam taliwang memang sudah banyak diketahui oleh masyarakat pada umumnya. Bumbu khas dalam ayam taliwanglah yang membuat ayam ini berbeda dengan olahan ayam yang lainnya.

Ayam taliwang ini biasanya dibumbuin dengan berbagai rempah khas Lombok. Biasanya ayam taliwang diolah dengan cara dibakar ataupun digoreng. Ayam ini akan cocok dijadikan lauk bersama dengan nasi. Daun kemangi pada ayam taliwang yang membuat citarasanya menjadi istimewa.

7. Sate Rembige

Sate Rembige

Sate rembige merupakan makanan khas Lombok yang banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung. Sate rembige ini terbuat dari daging sapi yang telah diolah dan diberikan bumbu khas Lombok yang kemudian dibakar.

Sate rembige memiliki rasa bumbu yang tajam dan biasanya disajikan bersama dengan lontong. Biasanya diwarung sae rembige juga akan menyediakan plecing kangkung atau sayur urap sebagai pelengkapnya. Dijamin Anda akan ketagihan jika sudah mencoba sate rembige ini.

8. Jaje Reket

Jaje Reket

Jaje reket ini merupakan jajanan khas lombok yang cukup populer bagi para wisatawan. Jaje reket ini merupakan jajanan yang terbuat dari ketan yang dikukus dan dibungkus dengan menggunakan daun pisang.

Biasanya jaje reket lebih nikmat jika dijadikan timbung dengan cara dibakar. Jenis jajanan ini bisa Anda temukan di pasar-pasar tradisional di Lombok. Jajanan ini memiliki rasa yang khas dan berbeda. Anda hanya bisa merasakan sensasi jaje reket ini di Lombok.

9. Nasi Balap Puyung

Nasi Balap Puyung

Nasi balap puyung ini sangatlah terkenal di kalangan para wisatawan maupun orang lokal. Satu porsi nasi balap puyung ini biasanya terdiri dari nasi putih dan campuran sambal daging, biji kedelai goreng, kentang goreng kremes dan nasi putih.

Nasi balap puyung memang memiliki sajian yang unik dan terkenal dengan rasa pedasnya. Karena bumbu yang digunakan dalam pengolahan nasi balap adalah bumbu khas Suku Sasak di Lombok. Anda bisa merasakan keunikan sendiri ketika mengkonsumsinya.

10. Beberuk Terong

Beberuk Terong

 

Makanan khas lombok yang sangat istimewa adalah beberuq terong. Jenis olahan ini dibuat dari bahan dasar terong bulat mentah ataupun panjang yang dibakar. Beberuq terong ini akan disajikan dengan bumbu khas yang sama dengan bumbu plecing kangkung.

Hampir semua warung makan di Lombok menjual makanan ini. Beberuq terong ini akan cocok dimakan dengan menggunakan nasi hangat. Makanan ini juga dibandrol dengan harga yang terjangkau dan tentunya memiliki rasa yang enak.

Baca juga : Makanan Khas Papua

11. Renggi Khas Lombok

Renggi Khas Lombok

Renggi merupakan makanan khas Lombok yang berbentuk kering. Renggi ini terbuat dari ketan yang dikukus kemudian dibentuk menjadi bulat dan kemudian dijemur. Jika sudah kering maka renggi akan digoreng dan memiliki rasa yang renyah.

Konon zaman dahulu renggi khas suku Sasak ini dibuat dengan ukuran sebesar nampan. Namun seiring perkembangan zaman hal tersebut berubah dan renggi disajikan dengan ukuran yang lebih kecil agar mudah untuk dimakan.

12. Dodol Rumput Laut

Dodol Rumput Laut

Dodol rumput laut adalah oleh-oleh makanan khas Lombok yang banyak disukai oleh masyarakat. Dodol ini terbuat dari rumput laut murni sehingga akan sehat untuk dikonsumsi. Dodol ini juga memiliki rasa yang enak dan khas.

Dodol jenis ini tidak hanya berwarna hijau saja, namun memiliki warga yang beragam. Sehingga Anda menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Dodol rumput laut tidak menggunakan bahan pengawet sehingga baik untuk dikonsumsi.

Itulah beberapa makanan khas Lombok yang harus Anda coba ketika berkunjung kesana. Masih banyak lagi jenis makanan lain yang bisa Anda coba di Lombok tetapi beberapa makanan diatas merupakan yang wajib Anda coba ketika ke Lombok. Setiap daerah memiliki citarasanya masing-masing begitu juga dengan Lombok. Anda akan merasakan sensasi makanan yang berbeda ketika di Lombok. Ditemani dengan suasana desa yang masih asri tentu akan semakin nikmat bagi Anda untuk menyantap makanannya.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat