12 Makanan Khas Lampung yang Enak dan Bikin Ketagihan

Makanan Khas Lampung | Lampung merupakan salah satu kota di Sumatra yang banyak dikunjungi wisatawan baik untuk menikmati destinasi wisatanya maupun untuk berwisata kuliner. Berada di pulau yang sama, Lampung memiliki makanan khas yang tidak jauh berbeda dengan kota lain yang ada di Sumatra.

Dengan bumbu dan ciri khas tersendiri, makanan dari Lampung menjadi lezat dan sayang untuk Anda lewatkan. Untuk Anda yang hobi berwisata kuliner, berikut ini ada 12 makanan khas Lampung yang direkomendasikan untuk dicicipi.

1. Pisro atau Seruit

Seruit lampung

Makanan khas Lampung banyak yang menggunakan bahan dasar ikan, termasuk Pisro atau yang juga dikenal dengan nama Seruit. Bumbu yang digunakan pada makanan yang satu ini adalah pedas dan sedikit masam.

Pisro banyak dibuat menggunakan bahan ikan betok karena ikan tersebut memiliki daging yang tebal sehingga akan semakin nikmat. Namun ada juga yang menggunakan ikan balide, ikan layis, ikan baung, dan ikan jenis lain.

Untuk yang suka hidangan pedas, Anda wajib mencoba makanan yang satu ini. Sangat lezat disantap bersama nasi putih hangat dan lalapan.

2. Gegudu

Gegudu merupakan salah satu camilan ringan khas dari Lampung yang memiliki rasa gurih dan manis sekaligus. Makanan satu ini terbuat dari pisang yang dihaluskan terlebih dahulu kemudian dicampur dengan tepung terigu dan susu.

Masyarakat Lampung menggunakan pisang keprok untuk membuat gegedu karena rasanya yang lebih manis. Jika sudah jadi, gegudu akan lebih nikmat jika disantap dengan selai atau susu kental manis.

Masyarakat Lampung menikmati camilan ini di sore hari terutama di musim hujan. Dengan minuman berupa kopi atau teh, gegudu menjadi camilan yang sangat digemari dimakan sambil melihat hujan.

3. Pie Pisang

Pie Pisang

Makanan khas Lampung yang menggunakan bahan dasar pisang selain gegudu adalah pie pisang. Pie mungkin bisa ditemukan di kota mana saja, namun pie pisang khas Lampung dijamin berbeda dengan pie yang pernah Anda coba.

Anda bisa mendapatkan pie pisang di berbagai daerah yang ada di Lampung, karena pie pisang termasuk kuliner yang cukup populer. Dalam suhu ruangan biasa, makanan ini bisa bertahan hingga 3-5 hari sehingga masih bisa untuk Anda jadikan oleh-oleh.

Baca juga : Makanan Khas Jambi

4. Benjak Enjak

Benjak Enjak

Benjak enjak terbuat dari tepung ketan, gula aren, dan pisang yang dibentuk dan dibungkus seperti pepes. Makanan khas Lampung ini dimasak dengan cara dikukus, sehingga rasanya akan lebih kuat.

Benjak enjak memiliki cita rasa manis yang berasal dari gula aren dan pisang yang digunakan. Meski tergolong ke dalam kue namun makanan ini bisa bertahan hingga 2 hari. Warga Lampung senang menikmatinya ketika sore hari bersama dengan kopi hangat.

5. Gulai Tamboh

Sesuai dengan namanya, gulai tamboh merupakan makanan yang berkuah dengan bahan utama santan yang diberi warna kuning dari kunyit. Berbeda dengan gulai pada umumnya, makanan khas Lampung ini menambahkan bahan-bahan seperti rebung, kacang, atau umbi.

Bahan tambahan tersebut akan membuat Anda kenyang meskipun tidak menambahkan nasi ketika menyantapnya. Yang unik dan berbeda dari gulai tamboh selain bahan tambahan adalah bumbunya yang diberi daun sirih dan terasi.

6. Kue Segumpal

Kue segumpal merupakan makanan yang banyak dijajakan masyarakat terutama ketika bulan Ramadhan. Makanan ini terbuat dari santan dan juga tepung ketan yang dibungkus memanjang dengan daun pisang.

Rasanya yang gurih dan manis membuat kue ini cocok dinikmati ketika berbuka puasa. Selain itu masyarakat Lampung juga membuat kue segumpal ketika ada perayaan adat atau pesta khusus.

7. Umbu Khas Lampung

Umbu Khas Lampung

Makanan khas Lampung yang satu ini khusus untuk Anda yang menyukai kuliner pahit atau sayur pare. Umbu merupakan makanan berbahan dasar rotan muda sehingga rasanya sedikit pahit. Rotan muda sebelum dimasak akan direbus terlebih dahulu agar teksturnya menjadi lunak.

Mayoritas warga Lampung menggunakan umbu sebagai campuran tumisan sayur atau dimakan sebagai lalapan. Namun sekarang rotan mulai jarang ditemukan, sehingga warga hanya membuat umbu ketika ada acara adat atau acara khusus saja.

8. Gabing

Gabing

Makanan khas Lampung memang cukup unik untuk diikuti, selain umbu yang menggunakan bahan dasar rotan muda ada lagi gabing yang menggunakan bahan dasar batang kelapa muda. Batang kelapa muda akan diiris tipis sekitar 3 cm hingga 4 cm sebelum dibuat menjadi gabing.

Kebanyakan masyarakat Lampung membuat gabing dengan tambahan kuah, namun ada juga yang membuatnya tanpa kuah. Dengan tambahan bumbu pada kuah dan bahan seperti daging, jamur, atau bahan lain akan menambah kenikmatan dari gabing.

9. Tempoyak

Tempoyak Lampung

Sumatra memang terkenal dengan makanan yang berbahan dasar durian, tak terkecuali dengan kota Lampung. Tempoyak merupakan makanan yang terbuat dari fermentasi durian dengan bentuk kental seperti saus.

Durian yang digunakan untuk membuatnya harus sudah matang sempurna dan tidak mengandung banyak air. Fermentasi dilakukan 3 sampai 5 hari dengan menambahkan cabai rawit agar terdapat cita rasa pedas pada tempoyak.

Tempoyak yang sudah selesai difermentasi akan dicampur dengan berbagai macam ikan seperti ikan mujair, ikan mas, ikan teri, dan jenis ikan lain. Anda dapat menikmati tempoyak dengan tambahan nasi putih hangat dan sambal matah.

10. Kemplang

Kemplang lampung

Kemplang merupakan makanan yang memiliki tekstur renyah seperti kerupuk ketika dimakan. Makanan ini berbahan dasar ikan seperti kebanyakan makanan khas Lampung lain. Cara masaknya yaitu dengan memanggang kemplang sehingga cita rasanya masih kuat dan tidak terlalu hilang.

Untuk Anda yang sedang menghindari makanan berminyak atau bersantan, kemplang adalah salah satu makanan yang bisa dicoba karena tidak digoreng. Rasa gurih yang diberikan bisa Anda jadikan lauk atau sebagai camilan ketika bersantai.

11. Engkak

Engkak Lampung

Engkak merupakan makanan yang memiliki cita rasa manis yang cukup kuat. Dengan bahan telur dan mentega yang dihaluskan agar menghasilkan tekstur yang lembek menjadikan engkak sebagai makanan yang bisa Anda santap sebagai camilan.

Bahan yang digunakan untuk membuat engkak diantaranya adalah gula pasir, telur ayam, tepung ketan, susu kental manis, mentega, dan santan kental. Dari bahan tersebut terlihat bahwa engkak cocok untuk Anda yang gemar menyantap camilan manis.

Baca juga : Makanan Khas Kepulauan Riau

12. Pindang

Pindang

Makanan khas Lampung yang satu ini pasti tidak asing lagi di telinga Anda, karena makanan ini sudah bisa ditemukan di berbagai daerah di Indonesia. Pindang terbuat dari bahan dasar ikan yang diberi kuah gurih berwarna kuning.

Meskipun bisa Anda nikmati di berbagai daerah, namun pindang yang ada di Lampung memiliki rasa yang unik dan berbeda. Paling populer adalah pindang dengan rasa asam gurih dengan aroma kuat yang menggugah selera. Aroma tersebut berasal dari daun kemangi yang ditambahkan pada kuahnya.

Itulah 12 makanan khas Lampung yang patut Anda coba jika sedang berkunjung ke kota ini. Dari ke 12 makanan tersebut mana nih yang ingin Anda coba pertama kali ?

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat