10 Makanan Khas Lamongan yang Menggoda Selera

Makanan Khas Lamongan – Lamongan ini merupakan sebuah kabupaten yang terkenal dengan wisata baharinya, karena berbatasan langsung dengan laut jawa. Karena terkenal dengan wisatanya, biasanya saat akan pulang dari Lamongan, para wisatawan ini akan berburu oleh-oleh dan camilan khas lamongan untuk mereka bawa pulang di pusat dan toko oleh-oleh.

Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh dan makanan Khas Lamongan yang bisa anda simak di bawah ini.

1. Nasi Boranan 

Nasi Boranan Khas Lamongan
Nasi Boranan Khas Lamongan

Kata boranan berasal dari sebutan untuk tempat menyimpan nasinya yaitu  “boran”, itulah mengapa disebut Nasi Boranan.

Nasi Boranan merupakan salah satu makanan khas kota Lamongan yang wajib Anda coba. Makanan khas ini terdiri dari nasi, lauk, bumbu dan rempeyek.

Para penjual nasi ini biasa berjualan secara lesehan di sekitar kawasan pasar-pasar kota dan beberapa pinggir jalanan kabuaten Lamongan.

Lauk yang ditawarkan oleh sang penjual banyak dan bervariasi, seperti ikan bandeng, daging ayam, tahu, tempe, jeroan, telur asin, telur dadar, hingga ikan sili yang harganya sedikit lebih mahal dibandingkan dengan jenis lauk lainnya.

Sedangkan bumbu Nasi Boranan terdiri dari rempah-rempah yang sudah di haluskan. Biasanya dalam penyajian Nasi Boranan menggunakan wadah yang dilapisi daun pisang.

Ada beberapa lauk yang khas dari Nasi Boranan, diantaranya empuk, pletuk, dan ikan sili. Empuk ini terbuat dari tepung terigu yang dibumbui, sedangkan pletuk terbuat dari nasi yang dikeringkan atau kacang, lalu dibumbui dan digoreng.

2. Soto Lamongan

Soto Lamongan
Soto Lamongan

Makanan khas Kota Lamongan yang kedua adalah Soto Lamongan. Siapa sih yang nggak kenal dengan menu makanan yang satu ini. Soto Lamongan merupakan salah satu makanan yang paling terkenal di Kota Lamongan.

Soto Lamongan ini memiliki ciri-ciri yang sangat khas yang membedakan dari soto di daerah lain. Ciri khas yang menonjol dari makanan yang satu ini adalah kuah soto yang berwarna kuning berminyak yang di dalamnya telah diberi tambahan bumbu rempah yang khas.

Cita rasa yang disajikan makanan khas Kota Lamongan yang terkenal ini adalah rasa gurih yang dominan. Soto Lamongan biasanya disajikan dengan tambahan tomat, suwiran daging ayam, irisan kol, mie bihun,daun bawang, serta tak lupa irisan telur ayam.

Sebagai pelengkapnya, Soto Lamongan ini juga biasanya disajikan dengan tambahan kerupuk udang, sambal, jeruk nipis, serta bawang goreng yang akan menambah rasa gurih pada makanan khas yang satu ini.

3. Tahu campur Lamongan

Tahu campur Lamongan
Tahu campur Lamongan

Menu makanan khas yang satu ini merupakan ikon makanan di Jawa, karena menang tak hanya di Lamongan saja kita bisa menemukan makanan yang satu ini.

Tahu Campur khas Lamongan dibuat dengan menggunakan bahan dasar lontong, bihun, perkedel ketela pohon, tahu, dan daging sapi yang telah dicampur dengan sayuran yakni kecambah serta daun selada.

Tahu Campur biasanya dihidangkan dengan tambahan kuah yang telah dicampur dengan petis udang.

Baca juga : Makanan Khas Bojonegoro

4. Wingko Khas Lamongan

Wingko Khas Lamongan
Wingko Khas Lamongan

Wingko atau Wingko Babat juga makanan yang terkenal dari Lamongan. Wingko adalah sejenis kue yang terbuat dari kelapa sebagai bahan utamanya. Wisatawan yang berkunjung ke Lamongan selalu tidak melewatkan Wingko sebagai oleh-oleh khas dari Lamongan.

Tidak sulit mendapatkan makanan yang manis gurih ini, karena di sepanjang jalan di Lamongan pasti ada gerai yang menjual makanan ini. Pusat dari makanan ini berasal dari desa Babat, karena itu banyak orang mengenal makanan ini dengan Wingko Babat.

5. Bandeng Colo

Bandeng Colo
Bandeng Colo

Bandeng Colo merupakan salah satu menu makanan yang sangat terkenal di Kota Lamongan. Makanan ini biasanya dihidangkan bersamaan dengan ikan bandeng, sayuran, serta sup kuning.

Makanan ini memiliki rasa yang pedas dan pastinya sangat cocok untuk kamu para penggila pedas. Makanan ini dijuluki dengan nama colo-colo tak lain dan tak bukan karena sambal pedasnya yang bercampur dengan rasa masam segar dari jeruk nipis.

6. Perkedel Lamongan

Perkedel Lamongan
Perkedel Lamongan

Makanan khas Kota Lamongan yang selanjutnya adalah Perkedel khas Lamongan. Perkedel yang satu ini berbeda dengan perkedel lainnya. Meskipun bahannya sama-sama terbuat dari kentang, tetapi warna dari perkedel yang satu ini berwarna lebih kuning dari pada yang lainnya.

Makanan ini bisa dijadikan sebagai lauk tambahan atau bisa dinikmati langsung dengan cabe rawit atau saus sambal untuk menambah rasa.           

7. Rawon Khas Lamongan

Rawon Khas Lamongan
Rawon Khas Lamongan

Rawon merupakan salah satu menu kuliner khas Kota Lamongan Jawa Timur yang cara memasaknya sama dengan rawon yang ada pada daerah lain, yakni dengan menggunakan kluwek sebagai pemberi warna hitam gelap pada makanan khas yang satu ini.

Perbedaan Rawon khas Lamongan dengan rawon yang ada di daerah lainnya adalah terletak pada bumbu yang digunakan. Jika memasak rawon pada umumnya tidak menggunakan kunyit, lain halnya dengan rawon khas Lamongan ini yang dimasak justru ditambah dengan kunyit.

8. Jumbrek

Jumbrek
Jumbrek

Jajanan lainya di lamongan yang juga populer dan banyak di minati yaitu Jumbrek. Makanan ini berbahan dasar dari tepung beras di campur dengan santan dan gula jawa, di adoni hingga kalis, dibungkus daun siwalan, dibentuk mirip kerucut, kemudian di kukus hingga matang.

Cita rasa yang ditawarkan makanan yang satu ini sangatlah unik. Jumbrek memiliki cita rasa yang manis dan memiliki tekstur lembut sehingga sangat lezat ketika kita meikmati jajanan khas yang satu ini.

untuk bisa mendapatkan jubrek ini anda bisa datang langsung ke tempat jubrek yang terkenal yaitu di rumah Bu Karmini yang berada di Jalan Daendels, Desa Paciran, sekitar 2,5 km sebelah barat WBL.

9. Es Dawet Siwalan

Es Dawet Siwalan
Es Dawet Siwalan

Jika tempat anda pulang tidak terlalu jauh dari Lamongan maka anda wajib membawa oleh-oleh yang satu ini yaitu Dawet siwalan khas Lamongan. Minuman dengan bahan dasar tepung beras ini memiliki rasa yang manis dan juga sangat segar, sangat cocok di nimkati saat gerah dan panas.

untuk bisa menapatkan es dawet siwalan ini sangat mudah di temukan di sepanjang jalan lamongan, atau anda bisa juga datang ke daerah pesisir Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur.

Baca juga : Makanan Khas Mojokerto

10. Marning Khas Lamongan

 

Marning Khas Lamongan
Marning Khas Lamongan

Marning merupakan salah satu makanan khas Kota Lamongan yang sangat recomended sekali buat kamu yang ingin mencari oleh-oleh untuk keluarga, sanak saudara, sahabat, tetangga, dan orang-orang yang kamu sayang.

Camilan ini memiliki rasa yang gurih dan bertekstur renyah, sangat cocok di nikmati saat sedang bersantai bersama keluarga ataupun kerabat. Untuk bisa mendapatkan dan membeli Empeng / Marning ini, anda bisa membelinya di beberapa toko pusat oleh – oleh yang ada di Lamongan.

Nah..!!! demikianlah ulasan kami tentang makanan khas dari kota Lamongan yang memiliki ciri khasnya sendiri dalam hal rasa dan penyajian. Jika kalian berkunjung ke Lamongan jangan lupa membeli oleh-oleh khasnya.

Semoga ulasan kami bisa membant dan bermanfaat untuk anda sekalian.

Terima Kasih…….

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat