15+ Makanan Khas Klaten yang Bikin Nagih, Berani Coba?

Makanan Khas Klaten – Klaten adalah sebuah kabupaten yang cukup unik, karena diimpit oleh dua buah kerajaan dan dua buah keraton. Di sebuah barat kota Klaten ada sebuah keraton Kasunanan Yogyakarta, dan di sebelah timur merupakan keraton Kasunanan Surakarta.

Aneka kulinernya mampu memanjakan lidah, mulai dari kudapan, menu utama, hingga oleh-oleh. Anak Klabers(Keraton Bersinar) pasti bangga memiliki kuliner yang bikin nagih. Kabupaten yang terletak di antara kota Solo dan Yogyakarta ini juga memiliki spot wisata yang cukup terkenal dibarengi dengan keramahan penduduk yang tak perlu diragukan lagi. Jadi Anda tak perlu ragu berwisata ke Klaten. Yuk kita intip apa saja sih kuliner Kota Bersinar ini!

1. Sego Wiwit (Nasi Wiwit)

Sego Wiwit (Nasi Wiwit)
Sego Wiwit (Nasi Wiwit)

Makanan ini sebenarnya hanya diolah dalam tradisi Selamatan (Sedekah Bumi) yang dilakukan oleh para petani di daerah Klaten, sebagai bentuk suka cita dan rasa syukur akan hasil panen padi. Seiring perkembangan zaman, kuliner ini mulai dijajakan di warung-warung tradisional maupun restoran, diklaim untuk melestarikan kuliner tradisional.

Biasanya dalam satu porsi terdapat; nasi, sayur, dan lauk-pauk yang bakal bikin Anda ketagihan. Berani coba?

2. Sego Gudangan (Nasi Gudangan)

Sego Gudangan (Nasi Gudangan)
Sego Gudangan (Nasi Gudangan)

Makanan yang biasa ditemukan saat pagi hari ini, merupakan makanan sejenis acar yang terdiri dari aneka sayuran segar yang ditambah dengan parutan kelapa, bubuk kacang, lalu disiram saus terbuat dari tempe.

Dalam satu porsi terdapat; nasi, gudangan, dan lauk-pauk. Kuliner yang murah dan bisa dengan mudah kita jumpai di tempat yang ramai di kota Klaten.

3. Sego Tumpang Lethok (Nasi Tumpang Lethok)

Sego Tumpang Lethok (Nasi Tumpang Lethok)
Sego Tumpang Lethok (Nasi Tumpang Lethok)

Makanan ini juga ditambahkan sayuran segar dengan parutan kelapa di atasnya. Biasa ditemukan saat pagi hari dan dihidangkan dengan kurapan daun pepaya, bayam, nangka muda, daun jeruk, telur rebus, krecek, serta tak lupa koyor. Selanjutnya barulah disiram dengan kuah sambal tumpang (lethok) yang terbuat dari campuran tempe, cabai, sandan, dan lain-lain.

Harganya yang murah dengan rasa yang bikin nagih. Makanan khas Klaten ini dapat Anda jumpai di Jln. Mayor Kusmanto hingga daerah Perlimaan Bramen saat pagi hari.

4. Nasi Terancam Khas Klaten

Nasi Terancam Khas Klaten
Nasi Terancam Khas Klaten

Terdiri dari nasi dan berbagai sayuran mentah, bumbu, serta campurannya rempah sehingga menciptakan aroma yang kuat. Hemm..

5. Bakmi Miroso Khas Klaten

Bakmi Miroso Khas Klaten
Bakmi Miroso Khas Klaten

Chinese Food yang sangat populer di kalangan masyarakat Klaten. Makanan legendaris ini dibuat oleh rumah makan dengan bumbu rahasia secara turun-temurun. Menu utamanya berupa; nasi goreng, ayam koloke, hingga mie ayam pangsit khas Klaten.

Letak rumah makan Bakmi Miroso berada di dekat alun-alun namun agak masuk ke dalam kampung, sehingga agak susah dicari oleh orang yang baru pertama kali datang ke Kota Bersinar ini.

6. Soto Bebek dan Bebek Bacem

Soto Bebek dan Bebek Bacem
Soto Bebek dan Bebek Bacem

Makanan yang sangat legendaris dan banyak peminatnya ini, menyajikan perpaduan daging bebek goreng empuk dengan kuah segar bebek bacemnya. Anda dapat mencobanya di warung Bu Siswo yang berdiri sejak 1953(merupakan pembuat bebek bavem pertama di Klaten) terletak di desa Karanglo, Gondang, Klaten.

7. Swike Kodok Bu Reso

Swike Kodok Bu Reso
Swike Kodok Bu Reso

Berbahan baku kodok montok dengan rempah khusus menjadikan makanan ini mampu menggoyang lidah siapa saja yang memakannya.

Warung Swike Bu Reso terletak di belakang Plaza Matahari atau belakang BRI pasar Klaten, tepatnya di desa Karang Duwet, Mejayan, Klaten. Makanan yang tersedia adalah; Swike goreng tepung, Swike Nyemek, Swike Kuah, dan telur swike goreng.

8. Ayam Bakar Khas Klaten

Ayam Bakar Khas Klaten
Ayam Bakar Khas Klaten

Sebelum dibakar daging ayam terlebih dahulu diungkep dengan rempah pilihan dan santan sehingga mampu menghasilkan rasa gurih dan manis yang bakal memanjakan lidah. Jika Anda berminat mencoba datanglah ke alun-alun kota Klaten. Warung Ayam Bakar Pak Widodo yang terkenal dan legendaris menyajikan menu ini.

9. Sop Ayam Pecok Pak Min

Sop Ayam Pecok Pak Min
Sop Ayam Pecok Pak Min

Hampir di setiap sudut kota Klaten Anda bakal menemukan warung sop ayam pak Min. Rasanya yang enak dan bikin nagih memiliki kemampuan menjadikan kuliner ini primadona di kota Klaten. Cara memasaknya unik, pecok sendiri berarti memotong daging ayam beserta tulang-tulangnya secara acak. Sop Ayam Pecok ini luar biasa enak karena sumsum tulang ikut menjafi kaldunya. Hemm… Yummy!

10. Keripik Belut, Keripik Cakar, dan Keripik Paru

Keripik Belut, Keripik Cakar, dan Keripik Paru
Keripik Belut, Keripik Cakar, dan Keripik Paru

Aneka keripik ini bisa jadi oleh-oleh ketika Anda melewati atau sekedar berkunjung ke kota Klaten. Keripik Belut, terbuat dari belut yang kaya protein dengan bumbu pilihan, menjadikannya lezat dan enak. Keripik Cakar, terbuat dari ceker ayam yang telah dibersihkan dan dibuang kulit luarnya. Gurih dan renyah dapat Anda dapatkan dalam makanan ringan ini.

Keripik Paru, jangan Anda bayangkan paru adalah mulut ayam ya! Hihi. Keripik ini terbuat dati paru sapi pilihan. Proses pengolahannya terbilang panjang. Setelah paru dibersihkan paru harus dimasukkan ke dalam frezer(lemari pendingin beku) guna mensterilkan si paru. Sebelumnya harus dicek benar-benar paru yang fresh. Ini berpengaruh pada rasa keripik paru.

Setelah paru beku, barulah didapat tekstur paru yang kaku, selanjutnya proses pemotongan dan pembubuan paru lalu masuk tahap selanjutnya adalah penggorengan. Setelah digoreng barulah keripik paru siap disajikan.

Baca juga : Makanan Khas Jepara

11. Kepelan Khas Klaten

Kepelan Khas Klaten
Kepelan Khas Klaten

Makanan berupa kudapan ini berbentuk seperti kepalan tangan meskipun sedikit bulat. Itulah mengapa diberi nama kepelan. Cemilan ini terbuat dari tepung gandum, bawang merah, bawang putih, merica, dan garam. Kepelan lebih enak dinikmati saat hangat. Bisa juga dicocol dengan saus sambal. Hemm.. Yummy!

Anda bisa membeli kepelan di pusat kota, dekat alun-alun. Sejarah pembuatan kepelan pertama dari desa Keden, kecamatan Pedan, kabupaten Klaten.

12. Slondok Khas Klaten

Slondok Khas Klaten
Slondok Khas Klaten

Makanan ringan yang terbuat dari singkong yang telah digiling, lalu direbus dengan bumbu-bumbu spesial. Setelah tercampur maka Slondok akan dibentuk seperti gelang-gelang dan akan dijemur hingga kering. Tahap selanjutnya adalah penggorengan dan pengemasan Slondok.

Dulunya Slondok hanya memiliki satu rasa namun sekarang Anda dapat menjumpai Slondok dengan berbagai varian rasa tetapi jangan khawatir karena tetap ada produsen yang mempertahankan rasa originalnya.

13. Geplak Khas Klaten

Geplak Khas Klaten
Geplak Khas Klaten

Cemilan dari parutan kelapa (tekstur sedikit kasar) yang dimasak dengan menambahkan gula, guna mendapatkan rasa yang manis. Kebanyakan masakan Jawa Tengah memang terkenal dengan manis dan legitnya. Berbentuk seperti bola-bola serta memiliki warna yang menggugah selera.

14. Wajik Khas Klaten

Wajik Khas Klaten
Wajik Khas Klaten

Sama seperti geplak, makanan ini juga ditambahkan parutan kelapa, bedanya untuk wajik akan ditambah dengan beras ketan dan gula merah. Rasa manis dan legitnya begitu kentara.

15. Angkringan (HIK) Khas Klaten

Angkringan (HIK) Khas Klaten
Angkringan (HIK) Khas Klaten

Anda pasti pernah menjumpai warung-warung tenda penjual nasi kucing di pinggir jalan. Nah, Klaten adalah pelopor HIK-nya. Makanan sederhana berporsi kecil. Sudah pernah mencoba?

Demikian ulasan tentang makanan khas Klaten. Kota Bersinar yang ramah.

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like