Makanan Khas Kepulauan Riau yang Menggoyang Lidah, Jangan Sampai Kelewatan!

Makann Khas Kepulauan Riau | Kepulauan Riau merupakan wilayah Indonesia yang terkenal dengan pusat elektroniknya. Disamping murah, elektronik di Kepulauan Riau memiliki harga yang cukup terjangkau. Namun, selain elektronik disana juga memiliki makanan khas Kepulauan Riau yang patut Anda coba ketika kesana.

Kepulauan Riau ini terkenal dengan sebutan Kepri agar masyarakat lebih mudah untuk menyebutkannya. Makanan khas disana memiliki nama yang cukup unik yang mungkin belum banyak didengar oleh masyarakat pada umumnya. Untuk itu mari simak ulasan beberapa makanan yang akan menggoyangkan lidah Anda.

1. Luti Gendang

Luti Gendang

Luti gendang merupakan bahasa melayu yang memiliki arti roti. Luti gendang ini seperti roti goreng yang terdapat isian didalamnya. Tekstur luti gendang akan renyah diluar namun lembut didalam. Biasanya luti gendang ini diisi dengan olahan ikan tuna yang dicampur dengan bumbu olahan khas Kepri.

Isian ikan tuna diolah menjadi seperti abon. Luti gendang disajikan setelah digoreng. Luti gendang menjadi makanan khas Kepulauan Riau yang cocok disajikan dengan teh.

2. Mie Lendir

Mie Lendir

Ketika mendengar mie lendir yang pertama terpikirkan adalah kuah dari mie yang kental. Disebut mie lendir karena kuah dari mie ini sangat kental. Kekentalan dari kuah mie ini dihasilkan dari olahan kacang tanah serta ubi sehingga menghasilkan kue yang kental seperti lendir dan berwarna kecoklatan.

Mie lendir ini sangat unik sehingga menjadi makanan khas Kepulauan Riau yang banyak dicari oleh para pengunjung. Mie yang digunakan dalam olahan ini adalah mie kuning yang dilengkapi dengan telur rebus.

3. Gong-Gong

Siput Gong-Gong

Gong-gong merupakan olahan makanan khas Kepulauan Riau yang terbuat dari siput laut. Hidangan laut yang satu ini merupakan salah satu primadona di Kepulauan Riau. Siput laut dibersihkan dan diolah dengan cara direbus.

Gong-gong dapat Anda konsumsi secara langsung dengan mengeluarkan daging yang terdapat didalam cangkangnya. Tambah lezat jika Anda makan dengan campuran sambal khas Kepulauan Riau. Jika dilihat dari bentuknya mungkin terlihat biasa saja. Namun, memiliki rasa laut yang sedap.

Baca juga : Makanan Khas Padang

4. Mie Tarempa

Mie Tarempa

Dinamakan mie Tarempa karena olahan mie ini berasal dari Tarempa. Mie ini dibuat dari bahan utama tepung serta telur yang diolah menjadi bentuk mie. Rasa pedas yang terdapat di mie Tarempa ini merupakan rasa dari olahan rempah yang digunakan.

Mie Tarempa ini tersedia dalam beberapa jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Ada yang tidak menggunakan kuah dan ada juga yang menggunakan kuah.

5. Lendot

Lendot

Lendot merupakan sayuran dari bahan dasar kangkung dan bayam. Lendot ini memiliki kuah yang berbeda. Jika biasanya sayur memiliki kuah yang bening namun berbeda dengan lendot yang memiliki kuah yang kental.

Kuah kental ini didapatkan dari olahan sagu yang telah dihaluskan dengan air. Lendot ini juga diberikan beberapa campuran bumbu khas Kepulauan Riau. Tentu akan memiliki cita rasa tersendiri ketika Anda menyantap sayuran dengan kuah yang kental.

6. Selais Asap

Ikan Selais Asap

Ikan selais ini merupakan ikan khas yang biasanya ditemukan di Kepulauan Riau. Ikan selais ini menjadi makanan yang banyak dicari oleh para pengunjung karena memiliki rasa ikan yang gurih dan juga renyah. Yang tentunya akan berbeda ketika Anda menyantap jenis ikan lain.

Ikan selais ini dibakar dengan bumbu khusus khas Kepulauan Riau. Ikan salais ini biasanya disajikan dengan sambal merah yang tentunya sangat lezat untuk Anda konsumsi dengan nasi hangat.

7. Cencaluk

Cencaluk

Cencaluk adalah makanan khas Kepulauan Riau yang diolah dari bahan dasar udang-udang yang berukuran kecil yang telah dimasak dengan menggunakan metode fermentasi. Cencaluk biasanya dijadikan sebagai lauk tradisional yang disajikan dalam sebuah acara.

Udang rebung juga bisa digunakan sebagai olahan cencaluk ini. Cencaluk dimasak dengan bahan rempah khas Kepulauan Riau yang melezatkan masakan ini. Yang khasnya adalah penggunaan perasan jeruk limo diatas masakan ini.

8. Sop Tunjang

Sop Tunjang

Sop Tunjang ini menjadi makanan khas Kepulauan Riau yang paling direkomendasikan. Karena banyak pengunjung yang ke Kepulauan Riau untuk mencoba masakan yang satu ini. Yang unik dari sajian ini adalah bau masakan yang sangat menggoda.

Sop Tunjang terdiri dari daging sapi yang memiliki daging di sekitar tulangnya. Daging sapi ini dimasak hingga empuk sehingga daging akan mudah disantap meski menempel di tulang. Rasa empuk daging dan perpaduan bumbu sopnya membuat makanan ini paling banyak dicari oleh pengunjung.

9. Lakse

Lakse

Lakse jika diartikan menurut bahasa sansekerta memiliki arti banyak. Memang mie lakse ini disajikan dengan porsi yang cukup banyak. Sehingga satu piring bisa dikonsumsi oleh dua orang atau lebih. Dalam pembuatannya lakse menggunakan mie tebal bakmi yang berwarna kuning.

Lakse diolah seperti mie goreng pada umumnya yaitu dengan cara ditumis. Namun yang membedakannya adalah bumbu yang digunakan. Karena rempah yang digunakan sebagai bumbu sangat khas dan memiliki rasa yang berbeda.

10. Lopek Bugi

Lopek Bugi

Tidak heran jika makanan khas Kepulauan Riau sangat beragam dan banyak dicari. Karena makanannya begitu unik dan memiliki rasa yang khas. Loper bugi ini merupakan kue yang terbuat dari ketan yang menggunakan kelapa sebagai isiannya.

Lopek bugi ini dibungkus dengan menggunakan daun pisang dan kemudian dikukus. Lopek bugi memiliki rasa yang manis dan juga gurih yang dihasilkan dari kelapa didalam ketan tersebut. Kue ini diproduksi langsung secara tradisional oleh Kepulauan Riau.

11. Asam Pedas Baung

Asam Pedas Baung

Makanan khas Kepulauan Riau banyak yang diolah dengan menggunakan bahan dasar hewan laut. Asam pedas baung ini diolah dari ikan air tawar yang biasanya hidup di Kepulauan Riau.

Ikan baung ini terkenal dengan jenis ikan yang lezat karena kaya akan proteinnya. Selain itu ikan baung banyak dikonsumsi karena memiliki lemak yang rendah sehingga banyak pengunjung yang menyukainya. Ikan baung diolah dengan menggunakan bumbu rempah khas.

12. Kerupuk Atom

Kerupuk Atom

Kerupuk atom dijadikan sebagai makanan khas Kepulauan Riau yang biasanya dijadikan sebagai oleh-oleh karena awet dan mudah dibawa.  Kerupuk atom ini diolah dari bahan ikan tongkol yang sudah dibersihkan.

Banyak pengunjung yang menyukai kerupuk atom ini karena tidak memiliki bau yang amis. Kerupuk atom ini sangat enak dijadikan sebagai lauk ataupun cemilan. Rasa ikan dalam kerupuk atom ini sangat berasa dan enak.

Itulah beberapa makanan khas Kepulauan Riau yang bisa coba ataupun Anda jadikan sebagai oleh-oleh. Makanan ini tentu akan lebih spesial jika Anda mencobanya bersama keluarga atau kerabat Anda. Rasa rempah yang akan menggoyangkan lidah Anda ini akan menjadi salah satu pengalaman yang tidak terlupakan bagi Anda. Setelah mengetahui beberapa referensi makanan ini maka Anda tidak lagi perlu bingung dan bisa langsung mencoba makanan yang telah diulas. Dijamin ketika Anda mencobanya maka Anda akan ketagihan dan menginginkannya lagi.

Leave a Comment

WhatsApp Chat