11 Makanan Khas Kendari yang Tidak Boleh Terlewatkan

Makanan Khas Kendari | Indonesia memiliki beragam budaya dengan ciri khasnya tersendiri. Salah satu daerah yang menarik untuk dikunjungi adalah Kendari, ibukota Sulawesi tenggara. Beberapa makanan khas Kendari tersedia dan siap mengisi wisata kuliner para wisatawan. Kekayaan kuliner daerah ini beragam. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan berikut ini:

1. Lapa-lapa

Lapa-lapa

Berbicara mengenai makanan khas Kendari, nama lapa-lapa selalu muncul karena ini adalah makanan khas Kendari sangat terkenal. Rasanya gurih dan biasanya akan banyak dijual di bulan puasa. Lapa-lapa merupakan kuliner asli dan tradisional yang berasa dari Buton.

Untuk menambah citarasa, masyarakat memakan lapa-lapa dengan hidangan lain. Salah satu yang cukup popular adalah ikan asin. Kombinasi kedua menggugah selera dan cocok untuk memenuhi wisata kuliner kamu di Kendari.

2. Kabuto Khas Kendari

Kabuto Khas Kendari

Makanan khas Kendari selanjutnya adalah Kabuto. Kuliner ini berasal dari daerah Buton dan Muna. Apakah kabuto? Secara sederhana, ini adalah ubi yang dikeringkan lalu dimasak hingga memiliki tekstur kenyal. Cara pengolahannya tergantung keinginan, tetapi bahan dasar tetap ubi kering.

Untuk membuat kabuto, ubi dikupas dan dibersihkan lalu dibiarkan mengering hingga berjamur. Setelah itu, ubi dimasak dan dihidangkan dengan ikan atau puran kelapa. Namun, kamu harus melakukan kerja ekstra terlebih dahulu. Penjual kabuto biasanya hanya menjual dalam bentuk ubi kering yang belum dimasak. Jadi, kamulah yang menentukan bagaimana masakah tersebut dihidangkan.

3. Sate Gogos Pokea

Sate Gogos Pokea

Selanjutnya, kamu harus mencoba makanan khas Kendari yang bernama sate pokea. Makanan ini ada di daerah Konawe dan sudah ada sejak tahun 1980an. Sekarang, sate pokea juga telah menyebar, terutama di kota Kendari.

Sate ini unik karena bukan berasal dari daging melainkan kerang. Kamu dapat menghidangkan sate pokea bersama gogos atau dimakan langsung. Rasanya gurih dan lezat serta pembeli juga dapat membawa pulang untuk ditambah olah lain. Sate pokea harus masuk dalam daftar kuliner yang perlu dikunjungi ketika di Kendari.

Baca juga : Makanan Khas Palu

4. Sinonggi

Sinonggi

Makanan khas Kendari juga berasal dari suku Tolaki yang bernama Sinonggi. Makanan ini menggunakan bahan dasar sagu dan rempah yang diolah sebagai kuahnya. Untuk rasa, kamu pasti akan ketagihan dengan citarasa gurih dari rempah dan kenyal tekstur sagu.

Sagu masih menjadi bahan makanan pokok di beberapa daerah di Sulawesi. Pada awalnya, Sinonggi adalah makanan harian. Suku Tolaki punya adat yang disebut mosonggi. Acara ini melibatkan masyarakat dan bersantap sinonggi bersama. Namun, kamu lebih cermat karena pembuat sinonggi tidak sebanyak dulu lagi sejak nasi menggantikannya sebagai makanan pokok.

5. Kasoami

Kasoami

Suka dengan ubi? Kamu harus mencoba makanan khas Kendari yaitu kasoami. Makanan ini menggunakan ubi sebagai bahan dasar dan dimasak hingga bertesktur lezat. Kamu bisa menemukannya mudah di Kendari.

Kasoami dapat dinikmati secara langsung atau dengan pelengkap lain. Masyarakat Kendari dan Sulawesi tenggara umumnya menyantap kasoami bersama dengan lauk ikan asin. Kamu akan merasakan rasa lezat dan gurih. Jadi, jangan lewatkan menyantap kasoami ketika di Kendari.

6. Karasi

Karasi

Namanya mungkin asing bagi warga di luar Sulawesi. Namun, kamu pasti kenal dengan kue rambut atau kue jala. Secara sekilas, Karasi adalah mirip dengan kue-kue tersebut. Rasanya manis dan bertekstur lembut. Menyantap kuliner ini akan lengkap dengan teh atau kopi hangat.

Sebagai salah satu makanan khas Kendari, karasi merupakan kue yang paling mudah dijumpai. Selain kendari, kamu juga dapat membelinya di daerah lain yang masih dalah provinsi Sulawesi tenggara. Yang menarik adalah pembuatan tidak sesederhana namanya. Pembuat karasi membutuhkan waktu dan dedikasi untuk menyajikan karasi yang lezat dan nikmat.

7. Ikan dole

Ikan dole

Sebagai kawasan yang dekat dengan perikanan, Kendari punya makanan khas Kendari berbahan dasar ikan tenggiri. Namanya adalah ikan dole yaitu ikan tenggiri digiling halus lalu dicampur dengan kelapa. Setelah itu, ikan dibentuk dan digoreng hingga kering atau sesuai selera.

Ikan dole merupakan makanan yang berasal dari Buton. Kamu dapat menemukan dengan mudah sepanjang persediaan ikan tenggiri memadai. Untuk menyantapnya, ikan dole akan lengkap bersama lapa-lapa atau sate gogos. Makanan ini juga umum tersedia di hajatan atau acara tradisional di daerah kendari dan sekitarnya.

8. Jus patikala

Jus patikala

Makanan khas Kendari tidak harus sesuai yang langsung dimakan. Kamu juga bisa menikmati jus yang berasal dari buah patikala. Bagi orang luar Kendari, buah patikala sangat asing. Namun, kamu tidak perlu khawatir karen buah ini dapat diolah menjadi jus yang siap diminum. Setelah kenyang dengan makanan ringan dan berat, jus patikala adalah penutuh yang tepat.

Selain rasanya yang nikmat, jus ini juga memiliki kelebihan lain. Kandungannya mampu mengontrol kolesterol dan menjaga berat badan. Bagi yang sedang diet, jus ini cocok untuk minuman tambahan. Kamu tidak perlu khawatir kelebihan berat badan, bahkan tubuh akan menyusut perlahan.

9. Kapusu

Kamu suka dengan sesuatu yang manis dan segar. Di kendari, ada makanan khas yang bernama kapusu. Bahan dasar adalah jagung dan kacang merah. Jagung diolah menjadi bubur lalu ditaburi kacang merah rebus.

Rasanya sangat enak karena campuran tekstur jagung berbentuk bubur yang lembut. Kamu dapat menyantap kapusu untuk hidangan pembuka atau penutup. Bubur ini mudah dibuat sehingga kamu tidak perlu repot mencarinya. Banyak penjual kapusu di kendari dan daerah sekitar, bahkan ada variasi dengan topping berbeda. Tentu saja, rasanya unik dan menantang untuk dicoba.

10. Pisang Epe

Pisang Epe

Kuliner selanjutnya yang khas dari Kendari bernama Pisang Epe. Dari namanya, kamu bisa menebak bahan dasar makanan ini. Pisang epe menggunakan pisang jenis kapok yang dibakar setengah matang lalu dipipihkan. Setelah itu, pisang dibakar lagi dan dihidangkan dengan gula merah yang telah dicairkan.

Rasanya tentu saja manis dan nikmat, namun pembuat pisang epe juga menyediakan variasi. Kamu dapat mencoba pisang dengan berbagai rasa yaitu buah durian dan lainnya. Tentu saja, rasa orisinal yaitu pisang dan gula merah masih menjadi favorit mereka yang ingin mencoba cita rasa khas dari kendari.

Baca juga : Makanan Khas Manado

11. Olahan mete

Olahan mete

Selain makanan, Kendari juga punya oleh-oleh khas berbahan mete. Ada banyak produk yang tersedia seperti bolu kukus, brownies, dan mete goreng. Oleh-oleh ini cocok untuk dibawa sebagai buah tangan atau dicicipi langsung. Kendari dan sekitarnya merupakan penghasil mete jadi tidak heran jika masyarakat menggunakan mete untuk pengembangan produk oleh-oleh khas daerah.

Apa makanan favoritmu dari kendari? Ada banyak pilihan yaitu lapa-lapa, sinonggi, kasoami, sate gogos pokea, kapusu, ikan dole, dan sebagainya. Semuanya terbuat dari bahan tradisional yang khas bahkan sinonggi adalah makanan pokok di salah satu suku di Sulawesi tenggara. Selain makanan khas Kendari, kamu juga dapat membeli oleh-oleh yang hanya ada di Kendari.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat