Nikmati Lezatnya 11 Makanan Khas Kota Kediri Yang Tiada Duanya

Makanan Khas Kediri – Kalau sekarang kamu sedang berada di kota yang mendapat julukan sebagai Kota Tahu ini, jangan lupa untuk berwisata kuliner mencicipi sejumlah makanan, minuman dan oleh-oleh khas Kediri sebagai cinderamata yang pastinya enak.

Berikut adalah makanan khas Kediri, Jawa Timur yang harus kamu cicipi kelezatannya.

1. Gethuk Pisang

Gethuk Pisang Khas Kediri
Gethuk Pisang Khas Kediri

Namanya juga gethuk pisang, yang pasti bahan utamanya adalah pisang. Gethuk pisang ini memiliki rasa yang manis, sedikit asam dan rasa legit.

Bentuk jajanan ini seperti lontong yang dibalut dengan daun pisang. Untuk mencari gethuk pisang di Kediri ini cukup mudah, karena di sepanjang jalan Dhoho anda bakal menemukan lapak-lapak yang berjualan gethuk ini.

2. Tahu Takwa

Tahu Takwa Khas Kediri
Tahu Takwa Khas Kediri

Dikenal dengan nama Kota Tahu, tentu kamu bisa menemukan banyak tahu di Kediri. Salah satunya yang terkenal adalah tahu takwa, yang menjadi oleh-oleh khas Kediri sejak tahun 1912.
Tahu takwa ini mempunyai rasanya gurih dan tidak ada rasa masam sama sekali. Inilah yang membuat tahu takwa berbeda dengan tahu lainnya. Saat digoreng, kulit luarnya crispy, tapi bagian dalamnya tetap lembut.

3. Tahu POO

Tahu POO Khas Kediri
Tahu POO Khas Kediri

Untuk tahu yang satu ini sudah pasti termasuk dalam daftar makanan khas Kediri. Tetapi tahu poo ini berbeda dengan Tahu Takwa, karena ketika digoreng, bagian tengah dari Tahu Poo bisa mengembang atau menjadi kosong.

Tahu Poo bisa Anda temui di jalan Yos Sudarso, Anda akan bisa melihat toko Tahu Poo yang penuh dengan orang-orang yang berbelanja oleh-oleh khas Kediri.

Baca juga : Makanan Khas Sidoarjo

4. Nasi Pecel Tumpang (Makanan Khas Kediri)

Nasi Pecel Tumpang - Makanan Khas Kediri
Nasi Pecel Tumpang

Berbicara tentang nasi pecel, sebenarnya makanan satu ini sudah banyak terdapat di berbagai daerah di Indonesia. Namun selalu ada ciri khas tersendiri dari nasi pecel di tiap-tiap daerah, salah satunya Kediri. Di Kediri yang paling terkenal adalah Nasi Pecel Tumpang.

Makanan khas kediri ini biasanya disajikan di atas pincuk daun pisang saat nasi masih mengepul hangat, lalu diatasnya diberi sayuran daun pepaya, daun kenikir, daun ketela pohon, kacang panjang, buah pepaya muda dan kecambah, kemudian disiram diatasnya dengan sambal pecel dan sambal tumpang.

5. Sate Emprit

Sate Emprit
Sate Emprit

Yang satu ini agak sedikit ekstrim ya gan. Biasanya kalau sate bahan dasarnya adalah daging kambing atau daging ayam, namun berbeda dengan makanan khas Kediri ini yang berbahan dasar dari burung emprit atau biasa disebut burung pipit.

Pengolahannya adalah burung emprit dibakar lalu diolah seperti masakan sate biasanya dan di siram bumbu kacang.

6. Sate Bekicot

Sate Bekicot
Sate Bekicot

Sate bekicot adalah menu makanan khas kediri yang bisa kamu coba kenikmatannya. Makanan ini terbuat sari bahan dasar daging bekicot. Pusat dari makanan khas dari Kediri yang satu ini adalah berada di Desa Djengkol, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri, tepatnya 10 kilometer dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul yang terkenal.

Di desa tersebut, kamu bisa juga menemukan makanan olahan bekicot lainnya, seperti oseng-oseng, keripik, dan krengsengan bekicot.

7. Soto Kediri (Tamanan)

Soto Kediri (Tamanan)
Soto Kediri (Tamanan)

Soto Kediri ini juga sama seperti soto ayam pada umumnya, tetapi soto ini mempunyai cita rasa yang lebih gurih, nikmat dan sedap yang cukup berbeda karena kuah soto ini memakai santan sehingga kamu tidak bisa menemukan cita rasa ini pada soto-soto yang lainnya.

8. Stik Tahu Khas Kediri

Stik Tahu Khas Kediri
Stik Tahu Khas Kediri

Masih dari bahan dasar tahu, namanya juga Kota Tahu pasti banyak varian makanan yang terbuat dari tahu. Stik tahu sendiri meruakan makanan ringan dengan tekstur renyah dan lezat.

Stik tahu asal Kediri menggunakan bahan dasar tahu berkualitas tinggi yang terbuat dari kedelai pilihan.
Proses pengolahan stik tahu dilakukan dengan cara tradisional agar bumbu rempah alami yang digunakan bisa terpadu dengan sempurna sehingga menghasilkan makanan ringan yang lezat dan sehat.

Stik tahu sangat cocok di bawa sebagai oleh-oleh untuk dibagikan ke teman-teman dan keluarga.

9. Carang Mas

Carang Mas
Carang Mas

Jika di Ibu Kota ada kerak telor yang menjadi jajanan tempo dulu, maka di Kediri ada carang mas. Makanan tradisional khas Kediri ini dibuat dari bahan utama ubi jalar. Carang mas biasanya disantap sebagai camilan.
Rasa yang dimiliki manis dan gurih. Panganan ini paling disukai oleh anak-anak karena selain harganya yang murah, biasanya penjual carang mas selalu ada di sekolah-sekolah.

Untuk kamu yang penasaran ingin mencobanya, carang mas bisa juga ditemukan di sejumlah toko makanan atau pusat oleh-oleh khas Jawa Timur. Jangan salah dalam memilih, carang mas yang pas mempunyai tekstur yang renyah dan rasanya gurih, dan tidak terlalu manis.

Panganan ini biasanya dikemas dalam stoples kedap udara untuk cemilan keluarga, atau dikemas menggunakan plastik untuk dijual lagi kepada para pembeli.

Baca juga : Makanan Khas Tulungagung

10. Nasi Goreng Arang

Nasi Goreng Arang
Nasi Goreng Arang

Mungkin selama ini lidah kamu sudah terbiasa dengan nasi goreng yang dimasak dengan kompor gas, maka sudah saatnya kamu untuk mencoba nasi goreng arang khas Kediri.
Nasi goreng arang menjadi pilihan kuliner yang banyak disukai orang. Di Kediri, salah satu penjual nasi goreng terkenal adalah nasi goreng Mbah Man. Disini nasi diproses atau di goreng menggunakan bara arang dan tidak diberi bahan penyedap.
Apa yang menjadikan pelanggan jatuh hati dan rela menunggu lama saat memesan adalah karena nasi goreng arang dibuat tanpa bahan penyedap. Sebagai penggantinya, digunakan bumbu yang diracik sendiri dari berbagai rempah, garam, dan kecap.
Satu lagi yang menjadikan makanan khas Kediri ini terasa lebih istimewa adalah penggunaan daging ayam yang berasal dari ayam kampung yang membuat nasi goring ini menjadi lebih gurih.

11. Klepon & Cenil

Klepon & Cenil
Klepon & Cenil

Dari mana asal usul dua makanan ini belum diketahui secara pasti. Namun ada sebagian orang yang menganggap kalau kue klepon ini merupakan kue khas kota Kediri karena penggunaan gula merah, karena Kediri terkenal sebagai produsen gula yang cukup besar.

Kue klepon mempunyai bentuk bulat dengan warna hijau terang. Kue ini menyerupai kelereng berukuran kecil yang yang ditaburi parutan kelapa dan di dalamnya terdapat gula merah. Ketika digigit, gula merah cair yang terperangkap di dalam kue akan meleleh keluar.

Cenil Khas Kediri
Cenil Khas Kediri

Untuk cenil sendiri adalah makanan khas Kediri yang hampir sama dengan klepon. Kue cenil dibuat dari bahan dasar pati ketela pohon yang kemudian dibentuk sesuai selera pembuatnya.

Cenil ini mempunyai bentuk yang tidak beraturan dan cenderung lonjong. Selain itu, cenil atau sering disebut dengan cetil juga mempunyai banyak warna yang dihasilkan dari pewarna makanan.

Kesamaan kue cenil dan klepon terletak pada penyajiannya yang sama-sama diberi taburan kelapa parut. Tidak hanya parutan kelapa, cenil juga disiram dengan cairan gula jawa sebelum terjun ke tenggorokan.

Itulah beberapa daftar makanan khas Kediri yang pastinya enak, populer dan menggugah selera. Jika singgah ke kota ini, jangan lupa untuk mencicipi makanan-makanan khasnya ini ya.

Kalau kamu bingung harus makan yang mana dan tak punya budget yang cukup untuk memanjakan lidah dan memuaskan perut dengan menyantap semuanya, cukup pilih saja yang menurut kamu pas dengan selera kamu. Oya bagi kalian yang ingin ziarah, acara kantor atau berwisata secara rombongan bisa sewa bus pariwisata kediri di Jasa transportasi terbaik kami PUTRA TRAVEL.

Terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like