Kalau Ke Kebumen, Jangan Lupa Cobain 6 Makanan Khas Berikut ini !

Makanan Khas Kebumen – Kebumen Beriman, slogan ini kayaknya sudah melekat dengan kota yang dijuluki dengan kotanya para kyai. Mirip dengan Jombang yang juga memiliki slogan Jombang Beriman. Kabupaten di Jawa Tengah ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik. Membuat para traveller selalu tergoda untuk menjelajahi kota Kebumen yang juga terkenal dengan sebutan Kota Walet. Kekayaan alamnya mulai dari pantai yang indah, goa-goa yang exotis, dan yang tak kalah menarik adalah benteng yang pernah digunakan sebagai tempat syuting film laga ternama Raid : Berandal.

Pemandangan yang menarik sungguh menggoda, dari ujung timur hingga ujung barat. Berasal dari kata Kabuminan, yang berarti tempat tinggal para kyai bumi. Kota ini menawarkan wisata kuliner yang patut untuk dicoba. Apa aja ya? Yuk kita intip!

1. Nasi Penggel Khas Kebumen

Nasi Penggel Khas Kebumen
Nasi Penggel Khas Kebumen

Kuliner yang dibuat dari nasi, lauk pauk seperti; kikil, jeroan sapi, sayur nangka muda(gori). Bentuknya mirip bola pingpong, proses membuatnya dengan mengepal nasi dan dibentuk dengan bulatan sempurna, kemudian disajikan di atas daun pisang. Dalam bahasa Jawa teknik mengepal ini disebut dengan penggel.

Nasi Penggel biasa disajikan dengan kikil sapi yang dimasak dengan bumbu kuning dan dipotong besar-besar, kira-kira sebesar kikil di restoran Padang. Anda tak perlu khawatir kikil alot, sebab kikil dimasak hingga lunak. Endess pokoknya mah!

Sekilas memang mirip dengan gudeg ya? Namun jangan salah, sayur nangka muda yang dimasak dengan santan dan daun singkong ini bakal disajikan dengan kuah yang banyak(kimplah-kimplah) namun bisa disesuaikan dengan selera Anda. Satu porsi nasi Penggel ini berisi 7-8 penggel(kepalan nasi) ditambah lauk pauk istimewa dalam pincuk daun pisang. Hanya dengan harga 8-10 ribu saja, Anda sudah dapat menikmatinya. Lebih enak lagi disantap dengan tempe mendoan yang hangat.

Di Kebumen sendiri sekarang sudah jarang tempat-tempat yang menjual nasi Penggel ini. Sangat eman-eman(sayang) padahal merupakan kuliner asli khas kota Kebumen. Biasanya dijual hanya di pusat kota, itupun hanya sekitar lima orang penjual dan yang endeus mungkin hanya dua orang, hehe. Nasi Penggel dijual dari habis Subuh sampai habis, bagi Anda yang ingin mencoba, jangan sampai terlewat dari jam delapan pagi yah! Ok, sempatkan untuk mencicipi kuliner ini, saat berada di kota Kebumen.

2. Sate Ambal Khas Kebumen

Sate Ambal Khas Kebumen
Sate Ambal Khas Kebumen

Hanya dengan 10-15 ribu saja, Anda sudah dapat menikmati kuliner yang satu ini lho. Sate Ambal merupakan sate legendaris di kota Kebumen, terbuat dari ayam yang sebelum dibakar, daging dimasak dahulu, jadi menciptakan rasa yang lembut dan gurih, mesi belum dibakar sekalipun. Dalam penyajiannya, sate ambal yang telah dibakar disajikan dalam piring yang bumbunya disajikan secara terpisah. Biasa disantap dengan potongan ketupat yang disesuaikan selera pembeli.

Bagi Anda penggemar sate, mungkin sudah tidak asing mendengar sate Ambal. Menu makanan yang melegenda dari desa Ambalresmi, Ambal, Kebumen. Nama diambil dari nama tempat yang terletak di sekitar pesisir pantai selatan Kebumen. Sekilas mirip sate Madura namun jangan salah, bumbu siramnya berupa sambal tempe yang dipadukan dengan jahe dan rempah pilihan. Sudah kebayang kan enaknya?

3. Yutuk Goreng Khas Kebumen

Yutuk Goreng Khas Kebumen
Yutuk Goreng Khas Kebumen

Yutuk adalah sejenis hewan laut yang hidup di sekitaran pesisir pantai Kebumen. Oleh warga sekitar hewan bercangkang yang sekilas mirip dengan undur-undur ini diolah menjadi sajian seperti rempeyek. Jangan lupa memasukkan Yutuk kedalam daftar kuliner buruan Anda, karena kuliner ini hanya ada di Kebumen. Dijual di sekitaran pantai Petanahan. Penduduk setempat biasanya meyantap yutuk sebagai pelengkap saat makan nasi pecel. Hemm… yummy!

4. Soto Taman Winangun

Soto Taman Winangun
Soto Taman Winangun

Kuliner yang populer di sekitar pantai Kebumen. Jangan lupa untuk mencobanya ketika Anda berjelajah di sekitar pantai Kebumen. Salah satu warung yang menjajakan soto ini adalah SotoPak Kored, warungya sudah sangat terkenal lho. Dinamai Soto Tamanwinangun karena sebagian besar penjualnya berasal dari Tamanwinangun, Kebumen. Berbeda dengan soto pada umumnya, karena soto Tamanwinangun menggunakan daging entok(itik) sebagai bahan bakunya. Menciptakan rasa kuah  lebih gurih yang dihasilkan dari rempah pilihan dan kaldu hasil perebusan daging entog. Disajikan dengan suwiran daging entog yang tebal dan potongan ketupat pasti akan membuat perut cukup kenyang. Tertarik mencoba?

5. Lanting Khas Kebumen

Lanting Khas Kebumen
Lanting Khas Kebumen

Panganan ringan khas Kebumen, jadi tak heran Kebumen juga terkenal dengan sebutan kota Lanting. Cemilan renyah berbentuk angka delapan ini terbuat dari singkong yang telah diproses dengan cara pengolahan yang cukup panjang. Kini banyak varian rasa lanting. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang terkasih. Jangan lupa memasukkan lanting ke dalam daftar buruan Anda ketika Anda berada di kota Kebumen.

Baca juga : Makanan Khas Klaten

6. Ayam Es Bening Khas Kebumen

Apa yang Anda pikirkan ketika mendengar nama kuliner ini? Ayam atau es?

Ayam Es Bening ini merupakan kuliner khas Kebumen yang sangat kental dengan nilai sejarah lho.

Ayam Es Bening sudah mulai dirintis sejak zaman sebelum kemerdekaan. Wah, hebat ya? Berarti kuliner ini amat legendaris. Dirintis oleh mbah Khalimah atau lebih dikenal dengan sebutan mbah Sendur, saat itu beliau mulai berkeliling untuk berjualan daging ayam mentah dari rumah ke rumah. Disebut sebagai Es Bening sebenarnya karena lokasi rumah mbah Sendur yang berada di dukuh Es Bening,  Panjer Kulon. Dahulunya di dukuh Panjer Kulon ini terdapat pabrik es yang didirikan pada masa kolonial Belanda. Saat ini pabrik masih berdiri kokoh meskipun telah beralih fungsinya.

Hingga kini hanya ayam kampung dengan kualitas premium yang diproduksi oleh generasi dari mbah Sendur. Home industry ini menawarkan kuliner ayam bening yang mampu bertahan hingga 5 bulan ketika berada di frezer, satu minggu ketika diletakkan di kulkas, dan tiga hari untuk kuliner keringnya. Istimewa karena saat digoreng akan muncul sensasi kremes keemasan yang bikin ngiler, hehe. Jika Anda berminat untuk membeli makanan ini, Anda dapat mencarinya di sekitaran Tugu Lawet Kebumen ke selatan hingga Gereja Jawa. Sebelah utara gereja ada gang, masuk dan lurus saja, di perempatan jalan lurus sedikit, sebelah kiri ada banner bertulis Ayam Es Bening. Nah di situlah tempatnya.

Lebih tepatnya di Jln. Es Bening no 33 Panjer, Kebumen. Kode pos 54312

Anda juga dapat menghubungi salah satu informasi di bawah ini :

  • HP : 0877-1509-7888
  • FB  : Kurnia Dwi Yulistyorini
  • IG  :  Ayam Es Bening

Berarti bisa pesan lewat media sosial. Makin memudahkan konsumen tentunya.

Nah, itu tadi enam makanan khas dan oleh-oleh khas kota Kebumen. Sebenarnya lumayan banyak juga kuliner yang patut dicoba dan bikin nagih di kota yang dijuluki atau terkenal dengan sarang burung waletnya ini. Sempatkanlah waktu untuk melakukan berburu kuliner di sana. Hehe, selamat mencoba!

1 thought on “Kalau Ke Kebumen, Jangan Lupa Cobain 6 Makanan Khas Berikut ini !

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat