Makanan Khas Karawang yang Wajib Dicoba dan Dijadikan Sebagai Oleh-oleh

Makanan Khas Karawang | Berlokasi di pesisir utara Jawa Barat yang sering dilewati, Karawang ternyata memiliki kuliner yang luar biasa. Makanan khas Karawang terbilang unik karena memiliki kaitan yang erat dengan resep turun-temurun yang legendaris.

Beberapa makanan khas lainnya berupa jajanan yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk memberikan cita rasa unik dan selalu membuat penasaran. Bahkan ada juga makanan yang sudah masuk ke dalam daftar UNESCO.

Berikut kami sajikan daftar makanan dan jajanan khas Karawang sebagai referensi Anda jika berkunjung ke sana.

1. Soto Gempol

Soto Gempol

Di urutan pertama adalah soto gempol. Tidak seperti kebanyakan soto yang dijual di pasaran, soto gempol disajikan dengan kuah kuning kental karena santan yang dicampurkan. Lengkap dengan taburan berupa emping daun bawang, acar, dan jeruk nipis. Soto gempol sendiri menjadi makanan khas yang paling ionik dan paling banyak dicari oleh para wisatawan saat berkunjung ke Karawang.

Salah satu hal yang membuat soto gempol wajib Anda cicipi adalah karena resepnya merupakan resep legendaris turun-menurun. Tercatat, makanan khas Karawang ini mulai dijual sejak tahun 1980-an. Pasangan H. Abdul Syukur dan Hj. Fatimah adalah orang dibalik resep soto gempol yang saat ini melegenda tersebut.

2. Ikan Gabus Bumbu Pucung

Ikan Gabus Bumbu Pucung

Makanan khas Karawang yang selanjutnya adalah ikan gabus bumbu pucung. Pucung sendiri sering disebut juga sebagai keluak, yaitu buah berwarna hitam dan banyak digunakan untuk beberapa resep makanan seperti rawon.

Nah, pada olahan khas Karawang ini, pucung atau keluak dijadikan sebagai bahan dasar bumbu memasaknya. Jadi nantinya, setelah ikan gabus digoreng, selanjutnya ditumis bersama bumbu pucung yang wangi hingga bumbunya meresap.

Sebenarnya resep ikan gabus bumbu pucung ini berasal dari Betawi. Namun dengan produksi ikan gabus yang melimpah di pantai utara, Karawang akhirnya mengadopsi menu ini dan menjadikannya makanan khas sesuai dengan cita rasa dan lidah Karawang.

3. Pepes Jambal Walahar

Pepes Jambal Walahar

Salah satu ikon dari kabupaten Karawang adalah Bendungan Walahar. Jika Anda sempat berkunjung ke bendungan tersebut, jangan lupa untuk mampir mencicipi makanan khas Karawang pepes Walahar.

Benar sekali, seperti namanya, rumah makan Walahar H. Dirja yang menyediakan pepes legendaris khas Karawang ini beraeda dekat dengan Bendungan Walahar, atau lebih tepatnya Jalan Bendungan Walahar, Walahar, Kutapohaci, Ciampel, Karawang.

Di pepes Walahar, Anda bisa memesan berbagai jenis pepes, seperti pepes jamur, pepes oncom, dan yang paling terkenal adalah pepes jambalnya. Pepes jambal yang disajikan di Walahar berbeda dengan pepes kebanyakan, ikan yang dibalut bumbu pepes kuning tidak memiliki bau amis sama sekali sehingga rasa bumbu yang meresap ke dalam daging ikan bisa benar-benar keluar. Pepes Walahar akan disajikan dengan sambal khas Sunda lengkap dengan nasi timbalnya.

Baca juga : Makanan Khas Kuningan

4. Opak Ketan Rawagede

Opak Ketan Rawagede

Mungkin Anda sudah sangat akrab dengan jenis jajanan yang satu ini. Opak sering juga dikenal sebagai kerupuk khas Sunda. Perbedaan opak dengan kerupuk adalah, jika kerupuk dibuat dari tepung tapioka, maka opak dibuat dari tepung beras yang sudah diuleni dengan berbagai macam bumbu.

Nah, makanan khas Karawang yang satu ini lebih unik lagi. Tidak seperti kebanyakan opak yang berukuran besar, opak ketan Rawagede selain dibuat dari tepung beras ketan juga memiliki ukuran yang relatif kecil. Jadi sangat cocok untuk dijadikan camilan dan tidak membosankan.

5. Tahu Bumbu Sari Rasa

tahu bumbu sari rasa

Seperti soto gempol di atas, makanan khas Karawang yang satu ini juga sudah sangat melegenda. Berdiri semenjak tahun 1980-an, tahu bumbu sari rasa saat ini sudah menjadi salah satu ikon kuliner dari Karawang.

Jika dilihat sekilas, tidak ada yang spesial dari tahu bumbu ini, hampir sama seperti nasi tahu dari kudus, atau kuat tahu Bandung. Paduan tahu lontong dengan guyuran bumbu kacang akan Anda jumpai dari kuliner yang satu ini. Namun jangan salah, bumbu kacang sari rasa terkenal memiliki rasa yang luar biasa lezat.

Teksturnya yang kental dengan rasa sedikit pedas dipadukan dengan siraman kecap hitam manis. Untuk harga, Anda bisa menebus satu porsi tahu bumbu sari rasa seharga Rp 6,000 saja.

6. Serabi Hijau

Serabi Hijau

Makanan khas Karawang selanjutnya berupa jajanan, yaitu serabi hijau. Benar sekali, tidak seperti serabi pada umumnya, serabi khas Karawang ini memiliki warna hijau cerah yang sangat menggoda. Warna hijau tersebut diperoleh bukan dari zat pewarna makanan, melainkan dari sari daun suji yang membuat cita rasanya semakin unik.

Serambi hijau biasanya disajikan demam ditemani saus cocol berupa santan, atau gula. Tergantung permintaan Anda.

7. Gegeplak Karawang

Gegeplak Karawang

Mungkin Anda pernah mendengar makanan khas Yogyakarta, geplak yang berwarna-warni. Nah, makanan khas Karawang ini hampir sama dengan geplak tersebut. Adalah gegeplak Karawang, kudapan khas kota Karawang yang terbuat dari campuran kelapa muda utuh, gula pasir, dan sedikit garam. Sama halnya dengan geplak dari Yogyakarta, gegeplak Karawang juga disajikan dalam bentuk berwarna-warni.

Hanya saja, gegeplak Karawang biasanya berbentuk jajar genjang kecil, dan tidak bulat seperti geplak khas Yogyakarta. Gegeplak Karawang ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang suka dengan kudapan manis.

8. Dodong Hideung

Di urutan selanjutnya adalah dodong hideung. Kudapan yang satu ini termasuk salah satu makanan khas Karawang yang paling populer karena telah resmi masuk ke dalam daftar makanan khas daerah di UNESCO pada 2018. Kepopuleran dodong hideung sendiri menanjak naik setelah dijadikan makanan pembuka pada pekan olah raga provinsi Jawa Barat tahun lalu.

Dodong Hideung adalah makanan manis yang terbuat dari beras ketan yang sudah memalui proses panjang. Jika Anda akrab dengan dodol, maka kurang lebih seperti itulah cita rasa dodong hideung. Hanya saja, dodong hideung biasnya disajikan dengan berbagai toping yang bisa menggugah selera Anda.

9. Kue Ali Agrem

Kue Ali Agrem

Masih dari jenis makanan kudapan, makanan khas Karawang yang satu ini berbentuk seperti donat dengan bolong di bagian tengahnya. Konon, penamaan kue ali adalah karena kue tersebut berbentuk mungil dan bolong di tengahnya layaknya sebuah cincin yang dalam bahasa Sunda adalah ali.

Kue ini terbuat dari adonan tepung beras dan gula merah yang digoreng. Dari situlah warna keemasan pada kue ali muncul. Kue ini sudah sangat jamak ditemukan di Karawang dan biasanya disuguhkan salam acara-acara besar seperti pernikahan, khitanan, dan selamatan.

Baca juga : Makanan Khas Majalengka

10. Kue Gonjing

Kue Gonjing

Yang terakhir adalah kue gonjing. Kuliner satu ini mungkin bisa Anda dapatkan juga di beberapa daerah lain dengan nama berbeda seperti kue pamong,atau kue surabi. Rasanya gurih, dan biasanya dimakan bersama dengan taburan kelapa muda atau gula.

Makanan khas Karawang ini juga tergolong unik. Karena rasanya yang netral yaitu gurih, maka Anda bisa berkreasi dengan menambahkan beberapa cabai jika kebetulan penggemar pedas. Atau Anda juga bisa memakannya bersama dengan air gula merah jika termasuk penyuka kudapan manis.

Itulah beberapa daftar makanan khas Karawang yang bisa Anda ketahui. Mungkin satu waktu Anda bisa mampir di Karawang saat kebetulan melintasi daerah tersebut dan berkesempatan mencicipi kuliner-kuliner khasnya tersebut. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment

WhatsApp Chat