Ke Jombang, Kalian Wajib Mencicipi 11 Makanan Khas Berikut Ini !

Makanan Khas Jombang – Jombang merupakan kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya terkenal sebagai kota santri, Jombang juga memiliki banyak makanan yang unik dan berbeda baik dari komposisi atau resep masakannya.

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke Jombang, jangan lupa untuk mencicipi kuliner dan oleh-oleh khas dari Jombang.

Berikut ini adalah beberapa rekomendasi makanan khas Jombang dari kami.

1. Ketan Merdeka

ketan merdeka khas jombang
ketan merdeka khas jombang

Ketan merdeka ini memiliki warna yang banyak sekali jenisnya. Ada ketan hitam, ketan putih dan masih banyak lainnya.

Sehingga apabila Anda berkunjung ke Jombang dan saat pagi hari ingin mendapatkan asupan karbohidrat yang sehat bisa menyantap ketan ini.

Memang ketan merdeka ini adalah kuliner Jombang yang mneyajikan makanan tradisional. Coba dulu aja gan… soalnya hidangan ini sangat popular untuk sarapan. Ketan merdeka buka dari pagi dan jam tujuh pagi sudah habis.

2. Pecel Rengkek

Pecel Rengkek Khas Jombang
Pecel Rengkek Khas Jombang

Hampir sama dengan pecel-pecel yang ada di nusantara, bermacam-macam sayuran yang disiram sambel kacang kemudian di tambahkan rempeyek.

Nama rengkek ini sebenarnya berasal dari nama tempat yang digunakan untuk menjual pecel yang biasanya terbuat dari kayu dan tripleks, yang orang-orang terkadang juga menyebut box ini dengan ronjot, ditaruh di atas sepeda atau sepeda motor.

Untuk para penjualnya kebanyakan adalah para ibu-ibu paruh baya yang membawa semacam boks yang bernama rengkek ini. Bagian unik dari makanan ini ada pada penyajiannya yang menggunakan daun picuk.

3. Sego Sadhukan

Sego Sadhukan
Sego Sadhukan

Mungkin Anda baru saja mendengar jenis sego atau nasi bungkus ini. Sego sadukan adalah sejenis nasi yang dibungkus menggunakan daun pisang.

Untuk bagian lauk biasanya ada mie goreng dan lauk pauk lainya berupa tempe, tahu yang diiris dalam bentuk kecil-kecil.

Terkadang diberikan ikan teri di dalamnya. Apabila di Jogja hampir mirip dengan nasi kucing yang dijual di angkringan.

4. Onde-Onde Kacang Merah

Onde-Onde Kacang Merah
Onde-Onde Kacang Merah

Jenis  makanan yang satu ini mungkin memang banyak dapat kita temui hampir seluruh kota di Indonesia.

Namun berbeda dengan onde-onde lainnya yang biasa di isi dengan kacang hijau, makanan khas Jombang ini berbahan dasar tepung beras ketang yang diberi taburan wijen dan berisikan kacang merah di dalamnya.

Anda bisa menyantapnya dengan ditemani teh manis dan orang yang disayang tentu saja terasa sangat nikmat. Makanan khas ini juga sangat cocok dijadikan oleh-oleh sewaktu kita berkunjung ke jombang.

Baca juga : Makanan Khas Gresik

5. Nasi Kikil

Nasi Kikil
Nasi Kikil

Anda tentu saja sudah tahu apa kikil itu sendiri. Bagi Anda yang belum mengetahuinya, kikil adalah makanan yang berasal dari kulit pada bagian kaki kerbau atau pun sapi.

Untuk mendapatkan rasa yang enak dan khas dari kikil itu sendiri memang membutuhkan waktu memasak yang sangat lama.

Kikil ini sendiri dimasak dengan banyak bumbu dan santan serta banyak bahan pendukung lainnya.

Untuk tambahan nasi kikil ditambah dengan orek tempe atau tahu, diberi sayur bung/bambu yang masih muda dan empal daging atau jeroan sapi yang dimasak bacem. Untuk penyajiannya menggunakan daun pisang yang dibentuk menjadi pincuk.

6. Es Degan Khas Jombang

Es Degan Khas Jombang
Es Degan Khas Jombang

Bagi Anda yang merasa haus saat siang hari minuman es degan ini bisa menjadi pilihan untuk mengembalikan elektrolit tubuh. Tentu saja setelah seharian berkeliling Kota Jombang akan terasa lemas sehingga es ini akan menyegarkan kembali tubuh Anda.

Hampir sama dengan es degan di daerah lainnya, namun yang menjadi perbedaannya adalah beberapa bahan yang digunakan untuk menambah rasa dan kesegaran dari es ini.

Jika biasanya es degan akan diberi tambahan rasa sirup gula merah saja, di Jombang kita akan menemukan es degan dengan campuran buah alpukat serta nata de coco untuk isiannya. Untuk rasanya, tentu saja sangat enak dan menyegarkan.

7. Jenang Kupas

Jenang Kupas
Jenang Kupas

Ada banyak di daerah lain yang memiliki jajanan dengan bahan dasar beras ketan ini, seperti dodo garut, dodol betawi. Dan di jombang juga ada makanan khas yang serupa tapi beda yaitu jenang kupas.

Rasa yang legit, manis dan enak ini membuat Anda tak cukup jika menyantapnya hanya satu kali saja.

Untuk mendapatkan kue ini sangat mudah hanya dengan berkunjung ke pasar tradiional yang ada di sana Anda akan dengan mudah menemukan kue ini.

8. Tahu Pong Gloria

Tahu Pong Gloria
Tahu Pong Gloria

Tahu pong ini menjadi makanan khas Jombang yang bisa menjadi oleh-oleh untuk orang tercinta. Terlihat sama dengan tahu poo dari Kediri bagian tengah dari Tahu Pong juga bisa mengembang atau menjadi kosong.

Untuk mengkonsumsinya bisa ditambahkan dengan saus cabe atau cabe mentah dan juga teh hangat.

Rasa dari tahu ini enak, gurih dan juga memiliki tekstur yang renyah. Sehingga Anda bisa mengkonsumsinya saat hangat. Dengan demikian akan membantu dalam membangkitkan selera makan yang dimiliki.

9. Sop Buntut Bakar

Sop Buntut Bakar
Sop Buntut Bakar

Nama yang unik membuat siapapun yang datang ke Jombang ingin menikmatinya. Jenis sop ini bisa menjadi pilihan menu makan siang Anda selama berada di Jombang.

Salah satu tempat yang menjual sop buntut bakar ini adalah sop buntut bakar Bu Henny. Rasanya cukup berbeda dari sop buntut lain, cita rasa khas dari bumbu rahasia yang digunakan sop buntut Bu Henny ini bisa Anda coba.

Sehingga segera coba dan nikmati karena rasanya sangat lezat. Akan lebih nikmat apabila ditemani dengan nasi hangat. Jika anda tertarik langsung saja dating ke Jl. Jendral Gatot Subroto no.45-46, Jombang.

10. Ayam Panggang Urap

Ayam Panggang Urap
Ayam Panggang Urap

Ayam panggang urap merupakan menu makanan Jawa Timur yang cukup popular dan juga lezat yang berasal dari kota jombang.

Biasanya ayam yang di gunakan adalah jenis ayam kampung, sehingga rasanya lebih nendang dan juga lebih gurih. Ayam panggang urap dibuat dengan mengolesi bumbu khas secara bertahap sehingga bumbu dapat menyerap dengan merata.

Disajikan dengan nasi hangat dan tentu saja dengan tambahan hidangan salad berupa sayuran yang dimasak (direbus) yang dicampur kelapa parut yang dibumbui sebagai pemberi citarasa yang biasa disebut urap untuk menambahkan kenikmatanya.

Baca juga : Makanan Khas Tuban

11. Sate Ringin Contong

Sate Ringin Contong
Sate Ringin Contong

Makanan ini merupakan makanan khas jombang yang dibuat dari bahan dasar daging kambing yang diolah sedemikian rupa dengan bumbu khasnya.

Untuk menambah kelezatan anda bisa menikmati sate ini bersamaan dengan sop kambing panas dan nasi hangat yang sdudah jadi pasangan maut.

Sebagian jenis makanan diatas ini disajikan di pinggir jalan. Jadi untuk lebih berhati-hati dan bijaksana dalam memilih jenis makanan yang disajikan di pinggir jalan agar tidak mengganggu kesehatan anda nantinya.

Itulah beberapa rekomendasi makanan khas Jombang yang bisa anda coba saat pergi berwisata atau sedang singgah di jombang.

Thanks….

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like