15 Makanan Khas Jogja Legendaris yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Jogja | Kota Jogja identik dengan kota pelajarnya. Banyak masyarakat luar kota yang bermukim di kota ini untuk menempuh pendidikan seperti melanjutkan kuliah. Selain biaya hidup di Jogja yang tergolong murah, makanan khas Jogja juga terkenal akan kelezatannya juga harganya yang sangat terjangkau.

Bagi Anda yang sedang berlibur ke Jogja, mari simak beberapa kuliner khas Yogya yang wajib Anda cicip ini.

1. Bakpia Petok Jogja

Bakpia Petok Jogja

Setelah berlibur ke Jogja jangan lupa membeli bakpia. Bakpia memang sudah terkenal sebagai ikon oleh-oleh di Jogjakarta. Oleh karena itu, jangan heran jika Anda sedang berkunjung ke Jogjakarta Anda menemukan banyak sekali toko yang menjual bakpia.

Makanan khas Jogja ini memang tergolong unik dengan tekstur yang krispi di luar namun lembut di dalam.

2. Yangko

Yangko

Bagi Anda yang sering bepergian ke Yogya, pasti tidak asing lagi dengan oleh-oleh khas Jogja yang satu ini. Yangko merupakan makanan khas Jogja yang banyak dijual hampir di setiap toko oleh-oleh yang ada di Jogja.

Yangko memiliki bentuk yang khas kotak dengan tekstur yang lembut serta rasanya yang manis dan gurih. Ciri khas kue ini adalah taburan tepungnya yang melekat. Bagi Anda yang sedang berkunjung ke Jogja, janan sampai melupakan oleh-oleh yang satu ini.

3. Gudeg Khas Jogja

Gudeg Khas Jogja

Belum lengkap ke Jogja kalau belum mencicipi gudeg khasnya. Gudeg sudah banyak dikenal sebagai makanan khas Jogja yang legendaris. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Jogja Anda harus mengenal tiga jenis gudeg yang ditawarkan yaitu Gudeg Basah, Gudeg Manggar dan Gudeg Kering.

Bagi Anda yang ingin membawa gudeg sebagai oleh-oleh maka Anda bisa membeli gudeg kering karena dapat tahan lama.

4. Cilok Gajahan

Cilok Gajahan

Ternyata Anda tidak hanya bisa menemukan cilok di daerah Jawa Barat saja. Di Jogja juga terdapat makanan khas yang unik bernama cilok gajahan. Cilok ini merupakan modifikasi dari cilok yang berasal dari Jawa Barat.

Rasanya yang kenyal dengan tambahan daging cincang didalamnya menjadikan cilok gajahan ini selalu dirindukan siapa saja yang pernah berkunjung ke Jogja. Tertarik mencicipi makanan khas Jogja yang satu ini?

5. Bakmi Jogja

Bakmi Jogja

Makanan khas Jogja yang juga tak kalah populer adalah bakmi Jogja. Bakmi sendiri merupakan makanan populer terutama di daerah Jawa. Di Jogja Anda dapat menemukan makanan ini hampir di setiap sudut kota.

Bakmi Jogja dibuat dengan menggunakan bakmi rebus yang kemudian ditambahkan dengan racikan bumbu-bumbu khas yang dijamin akan menambah kelezatan rasanya.

6. Belalang Goreng

Belalang Goreng

Memakan belalang mungkin masih terasa aneh bagi mayoritas orang. Namun, jangan salah di berbagai penelitian menunjukkan bahwa belalang memiliki kandungan protein yang sangat tinggi bahkan setara dengan ikan maupun daging.

Di Jogja Anda bisa menemukan camilan belalang goreng ini sebagai makanan khas Jogja.Cita rasa gurih yang dihadirkan dijamin akan membuat Anda ketagihan untuk terus mencobanya.

7. Sego Abang Jirak

Sego Abang Jirak

Beralih ke daerah Gunung Kidul, disini Anda dapat menemukan makanan khas Jogja yang terkenal menyehatkan yaitu sego abang jirak. Makanan khas ini berasal dari beras merah.

Beras merah sendiri sudah sangat terkenal memiliki kandungan protein yang tinggi serta kadar gula yang lebih rendah dibandingkan dengan beras putih sehingga sangat cocok dikonsumsi pegiat diet sehat. Tertarik untuk mencoba?

8. Kue Adrem

Kue Adrem

Merupakan makanan khas Jogja lainnya yang berasal dari Kecamatan Saden Kabupaten Bantul. Kue ini dibuat dari campuran tepung beras dan gula jawa yang kemudian digoreng.

Citarasa yang dihadirkan dari kue ini sangatlah manis dan legit. Anda dapat memakan kue ini bersama dengan minuman teh di waktu santai Anda.

9. Sate Klatak

sate klatak

Beralih ke daerah jejeran, Plered. Disini Anda dapat menemukan makanan khas Jogja yaitu sate klatak. Sate ini berbeda dengan sate pada umumnya karena penampiannya yang unik.

Menggunakan jeruji sepeda sebagai alat tusuknya dan menghadirkan kuah gulai dalam penyajiannya menjadikan sate ini mulai terkenal di kalangan para wisatawan yang ingin mencicipi kuliner yang unik.

10. Sambal Krecek

Sambal Krecek

Sambal krecek merupakan salah satu makanan khas Jogja yang tidak boleh Anda lupakan. Sambal krecek ini biasa dihidangkan dengan gudeg Jogja yang memiliki cita rasa yang manis.

Cita rasa yang dihadirkan oleh sambal krecek sendiri sangat gurih dan pedas sehingga sangat cocok dihidangkan bersama dengan gudeg Jogja. Bagi Anda yang penasaran dengan rasanya. Anda bisa berkunjung ke Joga dan mampir ke kedai-kedai yang terletak di sepanjang pinggiran kota Jogja.

11. Bakmi Pentil

Bakmi Pentil

Mayoritas daerah-daerah yang berada di Jogja ini memiliki makanan khas yang berbeda-beda sehingga membuat keanekaragamannya menjadi sangat kaya. Salah satunya adalah makanan khas yang berasal dari daerah Kecamatan Pundong, Bantul ini.

Disini Anda bisa menemukan bakmi unik yang dinamakan bakmi pentil. Disebut mie pentil karena mie ini menghadirkan cita rasa yang sangat kenyal. Selain itu bentuk mie yang dihadirkan juga tergolong unik dengan bentuk yang lebih besar dan panjang serta menghadirkan dua warna khas yaitu kuning dan putih.

12. Nasi Tiwul

Nasi Tiwul

Makanan khas Jogja ini mungkin sudah dikenal oleh orang tua kita. Atau kakek nenek yang hidup pada masa penjajahan. Makanan yang satu ini merupakan makanan fenomenal yang sudah terkenal sejak zaman dulu.

Nasi tiwul merupakan makanan khas dari daerah Gunung Kidul yang terbuat dari singkong yang telah dikeringkan. Saat ini nasi tiwul sudah mulai menunjukkan eksistensinya di mata masyarakat luar sehingga tidak diidentikan lagi dengan kemiskinan.

13. Gatot Gunung Kidul

Gatot Gunung Kidul

Masih menggunakan bahan dasar singkong, ada satu makanan khas Jogja lagi yang tidak boleh dilupakan aitu gatot Gunung Kidul. Proses pembuatannya hampir sama seperti pembuatan tiwul.

Namun, gatot hanya menggunakan singkong kering atau gaplek terbaik sehingga biasa dijadikan makanan ringan atau camilan bagi penduduk setempat.

Baca juga : Makanan Khas Surabaya

14. Cenil

Cenil

Berkunjung ke daerah Jawa baik Jawa Tengah ataupun Jawa Timur pasti tidak luput dengan makanan berwarna-warni ini. Cenil memang diidentikkan sebagai makanan khas daerah Jawa termasuk juga Jogja.

Terbuat dari tepung singkong yang dikukus kemudian ditambahkan dengan parutan kelapa menjadikan cita rasa yang dihadirkan sangat manis dengan teksutr yang kenyal. Anda juga dapat membandingkan rasa cenil sebagai makanan khas Jogja dengan cenil daerah lain karena memiliki cita rasa yang berbeda.

15. Mie Des

Mie Des

Merupakan kepanjangan dari mie pedes. Mie pedes ini merupakan bakmi yang memiliki cita rasa pedas yang mantap. Makanan khas Jogja ini berasal dari daerah Pundong yang biasanya terbuat dari pati singkong.

Rasa mie Des ini lebih kenyal dengan ukurannya yang lebih besar dibanding dengan bakmi pada umumnya.

Itulah 15 makanan khas Jogja yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke kota pelajar ini. Selain terkenal akan wisatanya, Jogja juga dikenal sebagai kota yang memiliki banyak kuliner yang beragam.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat