15+ Makanan Khas Jepara Yang Jadi Alasan Kamu Wajib Mampir Ke Sini !

Makanan Khas Jepara– Jepara dikenal sebagai kota kelahiran pejuang emansipasi wanita yaitu RA Kartini. Selain menyimpan banyak cerita sejarah, kota ukir ini juga memiliki objek wisata yang menarik. Wisata alamnya berupa pantai yang indah, gunung-gunung yang mampu menciptakan rasa penyatuan dengan alam sampai air terjun yang indah di berbagai titik di Jepara.

Jepara juga memiliki makanan khas yang beragam, meskipun ada beberapa makanan yang bisa kamu dapatkan di daerah lain namun akan jelas terasa nikmatnya ketika Anda menikmatinya di kota dengan pengajasil ukiran seni ini. Apa saja ya kuliner di Jepara? Yuk kita intip!

1. Kuluban Khas Jepara

Kuluban Khas Jepara
Kuluban Khas Jepara

Jika Anda seorang Vegetarian, kuliner ini akan sangat cocok bagi Anda. Kuluban adalah saladnya orang-orang Jepara. Isinya berupa sayuran seperti; kacang panjang, petai tauge, nangka muda, dan kacang panjang. Sayuran tersebut dicampur dan ditaburi bumbu kelapa. Di daerah lain sering disebut dengan urap. Perbedaan hanya terletak pada tambahan nangka mudanya. Tertarik mencoba?

2. Horok-Horok

Horok-Horok
Horok-Horok

Makanan yang dibuat dari tepung yang dihasilkan dari pohon aren dan merupakan bahan utama pembuatan makanan khas kota Jepara yang satu ini. Dalam penyajiannya akan bersatu dengan kikil, bakso, sayur pecel, dan laukan lainnya. Horok-Horok sebenarnya merupakan pengganti nasi.

Di Jepara sendiri sekarang sudah jarang dijual, eman-eman ya?

Selain itu juga dapat disantap dengan diberi santan dan gula pasir, kebayang ma bubur ya? Harga Horok-Horok ini hanya sekitar 1-2 ribu saja lho. Makanan enak dan tidak menguras kantong. Wiiyuuh!

3. Blenyik (Tempong)

Blenyik (Tempong)
Blenyik (Tempong)

Blenyik oleh masyarakat Jepara lebih dikenal dengan Tempong. Blenyik merupakan kumpulan ikan teri mentah yang dibentuk kepalan bulat seperti bakwan. Proses pengolahannya ikan teri ditambah bumbu penyedap dan garam kemudian dibentuk bulat seperti bola dengan diameter kecil kemudian dijemur di bawah terik matahari.

Sejurus kemudian Blenyik siap dimasak dengan cara digoreng maupun dikukus. Sangat cocok untuk oleh-okeh jika Anda berkunjung ke kota Jepara.

4. Rondho Royal

Rondho Royal
Rondho Royal

Makanan ringan berupa tape singkong yang digoreng dengan dibalut tepung beras ini sangat cocok disantap bersama kopi atau teh. Rondho Royal sering disebut dengan Monyos. Anda dapat membelinya di pasar-pasar tradisional kota Jepara. Rasanya manis, asam, dan nikmat. Sudah kebayang? Hehe.

5. Lontong Krubyuk Khas Jepara

Lontong Krubyuk Khas Jepara
Lontong Krubyuk Khas Jepara

Sesuai namanya, makanan ini berbahan dasar lontong. Krubyuk artinya melewati genangan air alias memiliki kuah yang banyak.

Sajian lontong Krubyuk ini terbilang unik, karena menggunakan kuah bakso serta suwiran atau potongan daging ayam semur yang enak. Hemm… Yummy!

6. Opor Panggang Khas Jepara

Opor Panggang Khas Jepara
Opor Panggang Khas Jepara

Bila di daerah Kudus terkenal dengan opor bakarnya, lain halnya dengan opor khas Jepara ini. Sebelum jadi opor, ayam dipanggang lalu digoreng terlebih dahulu. Bumbu yang digunakan; daun salam, serai yang digeprek, daun jeruk, bawang goreng, dan santan. Istimewa bukan?

7. Sup Udang Khas Jepara

Sup Udang Khas Jepara
Sup Udang Khas Jepara

Sup Udang sangat terkenal di Jepara. Berbeda dengan sup pada umumnya yang menggunakan ayam, sup ini terbuat benar-benar dari udang lho. Proses pengolahannya sama seperti sup pada umumnya namun sup udang ini lebih enak karena menggunakan kaldu udang yang berasal dari rebusan udang. Hal ini dipengaruhi juga karena Jepara menghasilkan banyak udang di wilayah pesisirnya.

8. Bakso Ikan Ekor Kuning

Bakso Ikan Ekor Kuning
                                                    Bakso Ikan Ekor Kuning

Berbahan dasar ikan ekor kuning yang dihasilkan di perairan daerah sekitar Karimun Jaya. Rasa yang kenyal, gurih, dan tidak amis ditawarkan oleh kuliner yang satu ini. Disajikan dengan campuran mie kuning, shoun, dan kuah yang lezat. Sangay nikmat ya?

9. Pindang Serani

Pindang Serani
Pindang Serani

Makanan ini sudah diakui kelezatannya oleh para pecinta kuliner dari penjuru negeri karena memiliki rasa yang benar-benar enak. Berbahan utama ikan laut atau ikan yang biasa diolah seperti; ikan kerapu, kakap, patin, mujair, bandeng, nila yang kemudian direbus dalam proses pengolahannya.

Makanan yang biasa disajikan pada siang hari ini, diberi bumbu rahasia serani. Kuah dari aroma pindang serani ini akan menciptakan kesegaran yang merupakan hasil perpaduan rasa manis, asam, dan pedas. Aroma yang sedap membuat tak sabar untuk mencicipinya. Makanan ini biasa disajikan dengan nasi putih hangat, sambal, dan lalapan.

10. Singit Khas Jepara

Singit Khas Jepara
Singit Khas Jepara

Makanan dengan bahan utama daging sapi sengkel, yang diolah dengan tambahan santan dan kecap manis, cabai merah, garam, bawang putih, bawang merah, serta gula merah.

Proses memasaknya menggunakan api sedang supaya matang dengan sempurna. Makanan ini sering diolah saat Hari Raya Idul Fitri juga perayaan lainnya yang ada di kota Jepara.

11. Moto Belong Khas Jepara

Moto Belong Khas Jepara
Moto Belong Khas Jepara

Mata Belong merupakan salah satu jajan pasar yang dapat Anda jumpai di pasar-pasar tradisional kota Jepara. Moto Belong sering juga disebut dengan Boto Blong.

Asal-usul dinamakan Moto Belong adalah bentuknya yang menyerupai mata yang melotot. Moto berarti mata dan Belong  berarti melotot (Bahasa Jawa)

Terbuat dari; singkong, gula pasir, garam, vanili, pisang tanduk, kelapa muda, dan pewarna makanan.

12. Adon-Adon Coro

Adon-Adon Coro
Adon-Adon Coro

Sering disebut Jamu Adon-Adon Coro, yang merupakan minuman khas kota Jepara. Berupa Jamu dan rempah-rempah yang terbuat dari pandan, merica bubuk, kayu manis, cengkeh, lengkuas yang disiram dengan santan, jahe, gula merah, dan air. Rasanya hampir mirip dengan Wedang jahe, pedas dan hangat. Cocok diminum saat udara dingin.

13. Sambal Samtis Khas Jepara

Sambal Samtis Khas Jepara
Sambal Samtis Khas Jepara

Sambal seakan menjadi makanan wajib bagi orang Indonesia. Di Jepara sendiri memilik sambal khas yaitu sambal Samtis. Terbuat dari cumi-cumi, udang, bawang putih, cabai, garam, dan gula merah. Sekarang Sambal Samtis tersedia dalam kemasan botol, sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh saat Anda berkunjung ke Jepara.

14. Bongko Mento

Bongko Mento
Bongko Mento

Makanan ringan khas Jepara yang terbuat dari telur, tepung terigu, jamur kuping, santan, bihun, dada ayam filet, dan lainnya. Campuran bahan tadi dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus selama 30 menit. Sering disajikan pada tamu atau acara arisan.

15. Bontosan Khas Jepara

Bontosan Khas Jepara
Bontosan Khas Jepara

Makanan yang enak disajikan bersama sambal. Berbahan utama kerupuk ikan tengiri yang dihaluskan dan dicampuri tepung beras. Kemudian dibentuk panjang seperti lontong bungkus daun pisang lalu dikukus.

16. Bakso Bambu Runcing

Bakso Bambu Runcing
Bakso Bambu Runcing

Kuliner terbaru dari varian bakso. Dibentuk seperti batang bambu, di dalamnya ada bakso bulat kecil, daging cincang, dan irisan wortel. Selain itu tambahan buah anggur dan acar mentimun sebagai pengganti cuka. Kuliner ini dapat Anda jumpai di Kedai Jegluk, kawasan pasar Ngabul, Jepara.

Demikian ulasan kami tentang 16 makanan dan minuman khas kota Jepara. Keunikannya sangat menggiurkan lidah. Hemmm…. Semoga bermanfaat untuk Anda yang ingin berkunjung ke Jepara.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat