12 Pilihan Makanan Khas Jember Yang Terkenal Enak Beraneka Ragam Pastinya

Makanan Khas Jember – Setiap melancong ke suatu daerah pasti yang terpikirkan pertama adalah makanan, oleh-oleh, dan souvenir. Kali ini yang akan kami ulas adalah makanan khas dari Jember. Camilan dengan nama unik seperti suwar-suwir, es domino pasti membuat kalian penasaran akan bentuknya.

Kami sudah buat daftar makanan khas Jember yang kami rekomendasikan untuk kalian semua, berikut listnya.

1. Pecel Gudeg

Pecel Gudeg Khas Jember
Pecel Gudeg Khas Jember

Makanan khas Jember yang ini adalah gabungab dari dua menu menjadi satu. Pecel adalah makanan khas dari jawa timur dan gudeg dari jogja memiliki rasa yang kontras, namun di Kota jember keduanya dikolaborasikan sehingga menjadi satu jenis makanan yaitu pecel gudeg.

Selain pecel dan gudeg sendiri, di dalamnya juga terdapat lauk berupa potongan daging, cecek, rempeyek, dan tentunya dilengkapi dengan sambal pecel khas Kota Jember.

Dalam satu porsi pecel gudeg tersebut biasa sajikan dengan lauk yang beragam, dan itu tergantung selera anda maul auk yang mana. Semakin banyak lauk yang dipilih, maka semakin mahal.

Namun anda tidak perlu khawatir karena harga masih dalam taraf terjangkau. Untuk dapat mencicipi pecel gudeg ini, anda bisa mendapatkannya dengan mudah karena di jual di setiap warung makan di Jember.

2. Nasi Langgi

Nasi Langgi
Nasi Langgi

Makanan khas Kota Jember selanjutnya adalah nasi langgi. Nasi langgi ini disajikan dengan nasi putih, daging sapi bumbu bali, sambal goreng teme, sambal goreng kentang, petis, telur asin, abon sapi, mentimun, dan ditambah dengan sambal.

Jika penasara ingin mencoba bagaimana cita rasa dari nasi langgi kalian bisa dengan mudah menemukannya di seluruh penjuru Kota Jember.

3. Pecel Pincuk Garahan

Pecel Pincuk Garahan
Pecel Pincuk Garahan

Pecel pincuk garahan adalah salah satu kuliner lezat asli Daerah Jember. Sesuai dengan namanya, masakan ini dibungkus dengan pincuk daun pisang. Pengguna bungkus daun pisang membuat pecel khas Jember itu terasa lebih nikmat.

Selain itu rasa yang disajikan juga berbeda dengan pecel pada umumnya, pecel pincuk memiliki rasa pedas yang berasal dari sambal kacangnya. Selain rasa pedas yang dihasilkan dari pecel pincuk garahan adalah rasa asam.

Bumbu sambal kacangnyapun tidak begitu halus nah disini lah ciri khas lainnya, karena pada bumbu kacang masih sangat berasa kacangnya, tambahan lainnya adalah tauge dan sayur gundo. Kamu pasti bisa bedain deh mana pecel pincuk dan mana pecel biasa.

Baca juga : Makanan Khas Kediri

4. Martabak Malabar

Martabak Malabar
Martabak Malabar

Martabak adalah makanan biasa yang dapat dengan mudah kalian temukan di daerah manapun. Sisi unik dari Martabak Malabar jember ini adalah isinya yaitu dari daging kambing dan rempah khas.

Kulit martabak tipis, dagingnya tidak amis dan terasa sangat empuk. Mencium aroma martabak jenis ini saja akan membuat anda menelan air liur. Untuk bisa mencicipi martabak Malabar ini, anda bisa datang ke pertigaan Jl. Trunojoyo Jember

5. Soto Ayam Dahlok

Soto Ayam Dahlok
Soto Ayam Dahlok

Soto ayam dahlok merupakan sajian kuliner legendaris di kabupaten Jember karena sudah terkenal dan berdiri sejak tahun 1958. Nama dahlok diambil dari lokasi kedai soto ini yang persis berada di belakang apotek Dahlok, namun sekarang apotek tersebut sudah tutup.

Soto dahlok disajikan dalam tiga macam varian, yaitu soto biasa, soto istimewa, dan soto jeroan. Satu porsi soto ayam dahlok hanya dibanderol dengan harga 10 ribu rupiah saja. Jika kalian ada di jember dan ingin mencicipi menu soto ini, lokasinya ada di Jalan Fatahillah Nomor 1, Jember.

6. Suwar-Suwir

Suwar-Suwir
Suwar-Suwir

Suwar-suwir adalah makanan yang terbuat dari tape yang sudah melalui proses pengolahan dan hasil akhirnya seperti dodol tapi teksturnya lebih keras. Bahan dasar yang digunakan untuk pembuatan suwar-suwir adalah tape singkong dan gula.

Pada awal munculnya suwar-suwir hanya memiliki satu rasa yaitu rasa buah sirsak, seiring dengan perkembangan teknologi dan banyaknya permintaan konsumen untuk menambah cita rasa, sekarang sudah ada rasa coklat, kacang, susu, strawberry dan masih banyak lainnya.

7. Prol Tape

Prol Tape
Prol Tape

Makanan khas lainnya dari Kota Jember yaitu Prol Tape. Lagi-lagi makanan ini juga terbuat dari tape yang sudah dikembangkan oleh masyarakat jember. Prol tape ini cocok disajikan saat anda berkumpul dengan keluarga ataupun teman.

Adapun bahan dari Prol Tape ini antara lain adalah tape singkong, tepung terigu, margarine, susu, dan telur. Rasa dari Prol tape ini yaitu perpaduan antara manis, asam/kecut, serta gurih. Prol tape juga memiliki beragam rasa seperti kismis, cokelat, keju, dan rasa original.

8. Pia Tape

Pia Tape
Pia Tape

Lagi lagi berbahan dasar tape yang menjadi ciri khas sajian kuliner Jember. Pia tape mempunyai berbagai varian rasa mulai dari rasa keju, rasa coklat, rasa pisang, rasa strawberry, sampai dengan rasa blueberry.

Pia ini mempunyai tekstur sedikit keras pada bagian kulitnya, namun lembut didalam. Warnanya coklat kekuningan dengan rasa manis dari tape keluar saat digigit.

Pia tape sangat cocok dijadikan buah tangan khas Jember setelah kamu puas berkeliling dan menjelajah wilayah Jember. Produk ini sudah di kemas dengan modern, simpel, dan mudah dibawa, serta pia tape ini mampu bertahan selama beberapa hari sehingga tidak mudah busuk.

9. Browies Tape

Browies Tape
Browies Tape

Brownies merupakan salah satu jenis cake yang sangat terkenal di Indonesia. Banyak orang yang menggemari kue tersebut. Ternyata di daerah Jember pun juga mempunyai jenis kue brownies yang menjadi makanan khas.

Kue dari Jember itu dikenal dengan nama brownies tape. Makanan ini terbuat dari adonan telur, tepung terigu, coklat dan gula. Selain itu, terdapat pula campuran tape singkong. Adanya campuran itulah yang membuat brownies tape terasa begitu berbeda.

10. Jenang Waluh

Jenang Waluh
Jenang Waluh

Makanan khas Jember berikutnya ada jenang waluh. Sudah bisa di tebak kan makanan ini terbuat dari apa ? Jenang waluh memakai daging buah labu kuning atau disebut juga dengan waluh dalam bahasa jawa.

Makanan ini biasa disajikan bersama dengan olahan dari ketan yang dicampur dengan kelapa tua yang diolah menjadi uli. Rasanya sangat enak dan recommended untuk dicicipi.

Paduan antara aroma dan rasanya sangat pas dan mantap. Rugi jika kamu berkunjung ke Jember dan tidak sempat mencicipi sajian kuliner jenang waluh ini.

Baca juga : Makanan Khas Sidoarjo

11. Edamame Jember

Edamame Jember
Edamame Jember

Edamame termasuk dalam daftar makanan kuliner yang perlu dicoba pada waktu berkunjung ke Daerah Jember. Pada dasarnya, edamame merupakan jenis kedelai yang berasal dari Negara Jepang.

Ternyata di Jember sendiri terdapat begitu banyak dijumpai kedelai edamame. Jenis makanan olahan dari kedelai ini dapat dengan mudah ditemui pada wilayah Jember. Kudapan ini bisa kalian beli di banyak toko oleh-oleh yang yang ada di sekitar daerah jember.

12. Es Krim Domino

Es Krim Domino
Es Krim Domino

Masakan khas Jember yang terakhir dari kami yaitu es krim domino. Olahan khas Jember ini memiliki tampilan yang sangat menarik. Selain tampilannya yang menarik, jenis kuliner Jember ini juga memiliki lebih dari 40 jenis rasa.

Oleh sebab itulah sangat disayangkan jika tidak mencoba makanan yang lezat tersebut.

Itulah 12 daftar makanan khas jember yang patut kalian coba rasakan kenikmatannya. Dari daftar diatas masih banyak makanan yang belum bisa kami ulas. Semoga tulisan kami ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

2 thoughts on “12 Pilihan Makanan Khas Jember Yang Terkenal Enak Beraneka Ragam Pastinya

Leave a Comment

WhatsApp Chat