Enak dan Lezat, Inilah 11 Makanan Khas Jambi yang Wajib Dicoba

Makanan Khas Jambi | Terletak di sebelah tengah Pulau Sumatra, Jambi masih bersaudara dengan adat Melayu. Tak heran jika adat Melayu selalu hadir pada beberapa kebudayaan masyarakat Jambi. Ternyata, bukan hanya kebudayaannya saja yang jadi buah bibir, tetapi makanan khas Jambi juga menyita perhatian banyak wisatawan.

Bahan bakunya mayoritas berbahan ikan karena lokasinya yang berdekatan dengan daerah pesisir. Aromanya mantap dan dikemas secara menarik. Bagi kalian yang ingin ke Jambi, sempatkanlah mencicipi daftar menu khas “Kota Bertuah” berikut ini.

1. Nasi Gemuk

Nasi Gemuk

Sebagai menu sarapan, Jambi punya masakan yang terkenal, yaitu Nasi Gemuk. Di Singapura dan Malaysia, hidangan satu ini lazim dikenal dengan nasi lemak. Porsinya pun bisa mengenyangkan perut, terdiri dari nasi putih, daun salam, santan, daun pandan, serta daun jeruk.

Aromanya yang wangi dari kombinasi daun akan menggugah selera kamu. Apalagi lauk pauk berupa tempe orek dan telur balado akan bikin kamu jadi ketagihan. Makanan khas Jambi ini bisa mudah diperoleh di berbagai warung maupun rumah makan.

2. Rambutan Goreng

Rambutan Goreng

Rasanya sudah tidak asing lagi jika buah rambutan bisa disantap secara langsung atau digunakan sebagai bahan tambahan es dan sirup. Bedanya, Jambi punya cara tersendiri dalam mengolah rambutan, yaitu digoreng.

Tenang saja, untuk rasa dijamin lezat. Proses pengolahannya dilakukan dengan cara terbaik. Pertama-tama, buah ini didiamkan hingga teksturnya benar-benar kering. Setelah itu, baru digoreng bersama campuran aneka bumbu, seperti garam, gula, vanili, dan tepung terigu. Makanan khas Jambi ini wajib kamu coba karena belum tentu ada di daerah lain.

3. Dodol Nanas

Dodol Nanas

Olahan kuliner berbentuk dodol pastinya identik dengan Kota Garut. Iya, kota ini memang terkenal sebagai penghasil dodol yang lezat, tapi jangan salah Jambi ternyata punya kue dodol dengan bahan baku yang tak biasa.  Bahan baku tersebut terbuat dari nanas.

Nanas memang sengaja dipilih karena mudah diperoleh. Masyarakat Jambi mengembangkan dodol nanas ini tidak hanya sebagai camilan, namun sebagai oleh-oleh yang cocok untuk diberikan kepada keluarga. Kamu pun bisa memperolehnya dengan berbagai macam ukuran kemasan.

Baca juga : Makanan Khas Kepulauan Riau

4. Mie Celor

Mie Celor

Olahan kuliner berbahan dasar mie pasti kerap ditemukan hampir di seluruh provinsi Indonesia. Pasalnya, bahan baku tersebut memang mudah diolah dengan berbagai macam cara. Bisa digoreng, direbus, atau dijadikan bahan camilan, seperti mie kering.

Di Jambi sendiri, menu tersebut bernama mie celor. Jika dilihat sekilas akan mirip dengan mie telur. Bedanya terletak pada bahan tambahan yang digunakan. Makanan khas Jambi ini menggunakan daun sop dan tauge sebagai bahan pelengkap, tak lupa dengan irisan telur dan daging ayam yang mantap.

5. Kerutup Ikan

Kerutup Ikan

Olahan kuliner yang berbahan dasar ikan pasti akan sering kamu temui, salah satunya kerutup ikan. Menu ini diolah dari beberapa jenis ikan air tawar, seperti ikan nila, ikan gurame, dan ikan mas. Cara masak menu ini, yaitu dengan digoreng bersama campuran bumbu rempah-rempah yang lezat.

Istimewanya, makanan khas Jambi ini digoreng bersama daun kunyit. Daun tersebutlah yang menjadikan menu ini berbeda dari menu lainnya. Aromanya dijamin wangi, apalagi sambalnya yang gurih bikin kamu lahap menyantapnya.

6. Gulai Terjun

Gulai Terjun

Gulai dengan kuah kental merupakan hal yang lumrah bagi pencinta kuliner. Pasalnya, gulai memang kerap disajikan dengan kuah yang kental bersama bahan baku dari daging. Bedanya, di Jambi kamu akan menemukan menu gulai dengan kuahnya yang encer. Maka dari itu, menu tersebut disebut gulai terjun.

Meskipun kuahnya tidak kental, soal rasa tidak akan mengecewakan. Makanan khas Jambi tang satu ini sengaja menggunakan beraneka daging untuk dimasak. Daging itu terdiri dari: daging sapi, daging kerbau, dan daging kambing yang kemudian saling berkombinasi. Untuk menambah cita rasa, masyarakat Jambi sering menambahkan umbut kelapa.

7. Gulai Tepek Ikan

Gulai Tepek Ikan

Masih menu berbahan dasar ikan, makanan khas Jambi berikutnya bernama gulai tepek ikan. Pemberian tepek pada hidangan ini dikarenakan ikannya memang sengaja dipipihkan atau dipadatkan saat memasak. Ikan yang digunakan, yaitu ikan gabus. Ikan tersebut akan dilumuri bawang putih dan tepung sagu.

Hidangan ini hadir dengan sajian kuah kental yang menyatu dengan beraneka macam rempah-rempah. Rasanya gurih dan nikmat. Dijamin mampu menambah selera makan kamu. Menu ini wajib kamu coba dan tidak boleh sampai terlewat.

8. Kue Srikaya

Kue Srikaya

Di Jawa, buah srikaya lebih sering dimakan langsung. Bedanya di Jambi buah ini justru diolah menjadi kue yang lezat. Kue srikaya tersebut kemudian dimasak dengan campuran santan dan tape. Warnanya hijau sehingga segar di mata. Warna tersebut berasal dari daun pandan yang kabarnya mampu memberikan aroma segar di masakan.

Tekstur kuenya lembut dan nikmat. Rasa manis akan berbaur di lidah ketika disantap. Irisan daun pandan yang diletakkan di atasnya akan mempercantik tampilan makanan khas Jambi ini. Kamu bisa mencicipinya dengan berkunjung di warung-warung terdekat atau toko kue.

9. Kue Padamaran

Kue Padamaran

Di Jambi, ternyata tidak hanya kue srikaya saja yang terkenal, melainkan kue padamaran juga ikut naik daun dalam daftar incaran produk kuliner. Menu ini menggunakan bahan baku utama yang terbuat dari campuran santan dan tepung beras. Warnanya hijau alami berkat daun pandan yang kemudian dihaluskan.

Untuk menambah cita rasa, kue padamaran juga menambahkan air gula merah yang sarat dengan rasa manis. Kamu pun bisa memperolehnya dengan harga terjangkau. Sangat cocok dijadikan makanan ringan saat menjelajah Kota Jambi.

10. Kue Gandus

Kue Gandus

Masih menu pilihan berupa kue, kali ini namanya kue gandus. Bahan baku utamanya terbuat dari tepung beras, santan, garam, dan tepung sagu. Uniknya, makanan ini juga dicampur berbagai bumbu yang berasal dari rempah-rempah ternama, yaitu bawang putih, bawang merah, dan cabai.

Untuk menambah kelezatan rasa, kue ini juga diberi abon ikan, irisan cabai, daun seledri, dan bawang goreng. Rasanya gurih dan nikmat, bisa digunakan sebagai pengganjal perut lapar untuk sementara waktu. Kamu harus mencoba makanan khas Jambi satu ini.

Baca juga : Makanan Khas Padang

11. Jus Pinang

Jus Pinang

Mau badan sehat? Cobalah cari minuman segar yang namanya jus pinang. Minuman ini terbuat dari pinang yang kemudian ditambah aneka rempah-rempah yang dipercaya baik untuk kesehatan. Rempah-rempah tersebut terdiri dari: jahe merah, pandan, cengkeh, serai, kulit manis, dan gula merah.

Saat diminum, kandungan jus pinang dipercaya mampu menambah imunitas, meningkatkan tenaga, serta mengobati masuk angin. Biasanya, minuman ini juga ditambah dengan telur ayam kampung. Dijamin khasiatnya lebih banyak. Sangat cocok diminum ketika badan kelelahan.

Demikian informasi tentang daftar makanan khas Jambi yang menggugah selera. Semoga bisa menambah wawasan kalian tentang olahan kuliner Indonesia. Ketika berlibur ke Jambi, sempatkanlah untuk mencoba berbagai menu spesialnya tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat