Makanan Khas Gresik yang Unik dan Memiliki Taste Baru di Lidah

Makanan Khas Gresik – Gresik merupakan salah satu kota di jawa timur yang memndapat julukan sebagai kota santri. Selain terkenal dengan wisata religinya (makam Sunan Giri), banyak sekali kuliner unik dank has yang hanya bisa dijumpai di Gresik seperti jubung, bonggolan, dan pudak. Camilan tersebut biasa di jual di pusat dan toko oleh oleh-oleh di Gresik.

Untuk lebih jelasnya simak aja langsung ulasan di bawah ini :

1. Nasi Krawu Khas Gresik

Nasi Krawu Khas Gresik
Nasi Krawu Khas Gresik                

Nasi Krawu adalah makanan khas Gresik yang menjadi andalan dan disukai banyak kalangan sampai saat ini. Resep yang dibawa oleh pendatang asal Madura lalu diwariskan secara turun temurun dan berhasil menjadi buah bibir di mana-mana.

Hangatnya nasi putih nan pulen disandingkan dengan lauk daging suwir, babat usus, lengkap dengan serundeng dua warna serta sambal petis yang juara.

Nasi Krawu lazim disajikan dalam pincuk daun pisang agar nikmatnya tetap terjaga. Meski rumah makan yang menjual nasi krawu sudah menjamur di kota-kota besar, tentu tak ada yang senikmat nasi krawu racikan koki handal keturunan asli Madura.

2. Sego Rumo Khas Gresik

Sego Rumo Khas Gresik
Sego Rumo Khas Gresik

Sego rumo terbuat dari nasi putih yang disajikan dengan pincuk dari daun pisang. Kemudian dicampurkan dengan toping daun singkong, api-api rebus dan remahan kerupuk ataupun rempeyek.

Setelahnya disiram menggunakan kuah kental dan terakhir ditaburi serundeng (terbuat dari kelapa). Kuah kental yang dijadikan selimut sego rumo mirip dengan bubur sumsum tetapi berwarna merah kecoklatan rasanya pun berbeda, gurih dan tentunya sangat lezat.

3. Sego Karak ?? Khas Gresik

Sego Karak Khas Gresik
Sego Karak Khas Gresik

Sego karak atau dalam bahasa indonesia berarti Nasi Karak, sejarahnya dahulu nasi ini dibuat dengan nasi sisa-sisa. Tetapi sekarang tidak lagi.

Sego karak sudah dibuat dengan nasi yang samasekali baru masak. Nasi itu kemudian dikeringkan dan dimasak kembali bersama ketan hitam. Rasa dari sego karak ini sangat enak dan khas. Apalagi jika disajikan dengan lauk lain seperti tempe goreng, remeyek, krupuk dan sejenisnya.

Baca juga : Makanan Khas Tuban

 4. Jubung

 Jubung
Jubung

Jubung ini merupakan jajanan khas gresik yang di masak dengan bahan dasar ketan hitam yang di atasnya di taburi dengan Wijen. Jubung ini juga terdapat di beberapa derah di Indonesia seperti jember namun terdapat perbedaan di bentuknya.

Nama jajanan jubung ini di ambil karena ketan hitam dan wijen yang sebagi bahan dasarnya dibungkus dengan menggunakan jubungyang terbuat dari Kulit Pohon pinang.

Untuk mengolah kue jubung ini harus mengeluarkan tenaga ekstra karena harus diaduk secara terus menerus, jadi jangan heran jika kebanyakan yang membuat dan terjun langsung untuk pembuatan kue Jubung ini adalah kaum laki-laki.

5. Bonggolan

Bonggolan
Bonggolan

Untuk makanan yang satu ini mungkin namanya masih asing di telinga kalian, tetapi yang pastinya makanan ini sangat populer dan sangat di minati di Gresik.

Makanan ini merupakan jajanan yang terbuat dari daging ikan yang di balut dengan tepung kanji yang sudah di campur bawang putih, garam dan bumbu lainnya.

Bongolan ini memiliki cita rasa yang enak, gurih dan juga sangat lembut saat dimakan. Makanan ini di bungkus dengan menggunakan daun pisang berbentuk bulat memanjang dan sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh khas Gresik. Untuk membeli Bongolan ini banyak di temukan di beberapa toko dan juga pasar tradisional di Gresik.

6. Pudak – Makanan Khas Gresik

Pudak - Makanan Khas Gresik
Pudak – Makanan Khas Gresik

Pudak merupakan makanan ringan berupa kue yang terbuat dari gula jawa atau gula pasir, tepung beras dan santan kelapa yang dibungkus dengan pelepah daun pinang. Masyarakat sekitar menyebutnya ‘ope’. Banyak warga lokal maupun luar daerah yang menyukai makanan ini.

7. Martabak Usus

Martabak Usus
Martabak Usus

Untuk makanan yang satu ini juga sangat populer di gresik dan tidak kalah enaknya dengan makanan lain di Gresik, namanya adalah martabak usus. makanan Martabak ini memang banyak juga di beberapa daerah di luar gresik, namun martabak di gresik ini menggunakan usus sebagai bahan dasarnya.

Martabak usus ini terbuat dari usus ayam sebagai isian, Bihun, Telur, yang di bungkus dengan kulit yang terbuat dari terigu. untuk rasa dari martabak usus ini sangat enak dengan cita rasa yang gurih.

Untuk mencoba dan membeli martabak usus ini, anda bisa dapatkan di beberapa toko atau pun penjual martabak di sepanjang jalan menuju makam sunan giri di Gresik.

 8. Bongko Kopyor

Bongko Kopyor
Bongko Kopyor

Kuliner satu ini hanya dapat dijumpai saat bulan Ramadhan. Biasanya dibuat oleh warga Mengare, Manyar, dan Sidayu yang dijual pedagang kaki lima di pasar takjil sekitar Gresik Kota Baru.

Bongko Kopyor berisi potongan roti tawar berkualitas, pisang raja, serutan daging kelapa muda, mutiara, kemudian dibungkus daun pisang. Cita rasa yang manis, legit, dan segar pasti bisa menghapus dahaga dan lapar saat puasa.

9. Keropok Bandeng

Keropok Bandeng
Keropok Bandeng

Gresik yang terkenal sebagai penghasil bandeng pastinya juga memiliki kuliner berbahan dasar bandeng yaitu keropok bandeng. Sebetulnya makanan ini tidak berbeda jauh dari bandeng yang dibakar lalu disantap bersama dengan sambal.

Menjadi berbeda karena komposisi sambalnya yang terbuat dari petis ikan asli Gresik dicampur kecap manis serta jeruk limau membuat bandeng ini menjadi istimewa.

10. Ndog Bader

Ndog Bader
Ndog Bader

Warga Gresik telah berhasil menyulap telur ikan menjadi kuliner yang mempunyai banyak penggemar salah satunya yakni telur ikan bader atau lebih sering disebut ndog bader.

Terbuat dari telur ikan bader yang banyak dibudidayakan oleh penambak Gresik, kemudian dihaluskan lalu digoreng setelah dicampur bawang, cabai, dan kocokan telur ayam.

Setelah adonan dicampur jadi satu, lalu dibungkus dengan daun pisang ala-ala lontong lalu dikukus. Ndog bader ini sangat enak dimakan dengan nasi hangat saja.

11. Wedaran

Wedaran
Wedaran

Wedaran merupakan jenis kue kering yang sebenarnya bisa Anda temukan di banyak tempat di pulau Jawa. Ada yang rasanya gurih, ada juga yang manis.

Kue Wedaran Gresik dibuat dari bahan santan kelapa dengan telur ayam, tepung ketan putih dan garam. Sedangkan bagian luar dibuat dari bahan gula pasir.

Adonannya digoreng, lalu dimasukkan ke dalam rebusan gula. Rasanya manis dan untuk Wedaran yang gurih, biasanya tidak dimasukkan lagi ke dalam rebusan gula setelah digoreng.

12. Minuman Legen

Minuman Legen
Minuman Legen

Legen awalnya adalah sirup khusus untuk membuat Dawet Siwalan. Namun, karena semakin banyaknya peminat, akhirnya Legen diproduksi sendiri. Legen juga bermanfaat bagi penderita penyakit batu ginjal. J

adi, banyak yang mengkonsumsi Legen selama 1 bulan untuk mengikis batuan dari kalsium di saluran kencing dan ginjal. Karena Legen agak sulit didapatkan, harganya jadi cukup mahal.

Selain itu, untuk menyimpannya di rumah, juga sedikit beresiko. Salah cara menyimpan, maka Legen akan berfermentasi, berubah menjadi tuak yang memabukkan dan mengandung alkohol.

Baca juga : Makanan Khas Nganjuk

13. Kopi Gresikan

Kopi Gresikan
Kopi Gresikan

Bercerita tentang Gresik tentu tak lengkap bila tanpa menyenggol budaya cangkruk dan ngopi. Secangkir kopi bagi warga Gresik adalah wujud kerukunan, kebersamaan, serta keseimbangan.

Kopi Gresikan banyak dijumpai di warung kopi. Warung kopi ini tak hanya sebagai tempat nongkrong bersama teman, tapi juga ajang bertukar pikiran, informasi, serta transaksi bisnis. Sayang, hanya para laki-laki yang dominan terlihat cangkruk di warung kopi di pinggir-pinggir jalan di Kota Gresik.

Itulah informasi mengenai makanan khas Gresik yang sangat sayang jika anda lewatkan begitu saja jika berkunjung ke kota Gresik. Semoga ulasan kami ini bisa menambah informasi tentang makanan khas dari Gresik.

Terima Kasih…….

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Tahu Lontong Khas Trenggalek
Read More

Makanan Khas Trenggalek yang Melegenda Hingga Saat Ini

Makanan Khas Trenggalek – Kabupaten Trenggalek adalah salah satu kota yang berada di pesisir Jawa Timur. Selain terkenal dengan pantai pasir putihnya kota ini juga wisata unik lainya yaitu makanan khasnya. Berbagai macam makanan bisa dijumpai, mulai dari resep makanan tradisional, minuman dan jajanan atau cemilan yang biasa dijadikan oleh-oleh. Berikut list dari makanan khas ... Read more
Gethuk Lindri
Read More

Rekomendasi Makanan Khas Magetan yang Unik dan Lezat !!

Makanan Khas Magetan – Magetan, sebuah kabupaten yang terletak di sisi barat Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan provinsi Jawa Tengah. Selain terkenal dengan telaga sarangannya, di Magetan terdapat banyak daftar makanan, oleh-oleh dan camilan dengan resep khas magetan. Ini dia rekomendasi makanan khas magetan yang bisa kalian nikmati atau di jadikan buah tangan. 1. ... Read more
Serabi Khas Bojonegoro
Read More

Makanan Khas Bojonegoro yang Tidak Boleh Dilewatkan

Makanan Khas Bojonegoro – Bojonegoro adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang masyarakatnya masih teguh menjaga dan merawat adat budaya dan warisan nenek moyangnya. Selain terkenal dengan budayanya yang masih terjaga, kabupaten Bojonegoro memiliki sejumlah makanan dan minuman khas yang sulit untuk dilewatkan. Wisatawan yang berkunjung biasanya langsung menyerbu pusat dan toko oleh-oleh di ... Read more
Makanan Khas Tulungagung Sompil
Read More

10+ Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Dicicipi Wisatawan

Makanan khas Tulungagung – Berkunjung dan berwisata ke suatu daerah tak lengkap jika tidak mengunjungi pusat atau toko yang menyediakan oleh-oleh dan makanan khas dari kota dikunjungi. Membahas makanan, kali ini kami akan memberikan daftar referensi makanan khas dari kota Tulungagung, Jawa Timur. 1. Ayam Lodho Makanan Khas Tulungagung yang pertama adalah Ayam Lodho Bakar. ... Read more