10 Daftar Makanan Khas Gorontalo yang Belum Banyak DiKetahui

Makanan Khas Gorontalo | Gorontalo adalah Ibukota dari provinsi Gorontalo yang terletak di pulau Sulawesi Utara. Kota yang mempunyai julukan sebagi Kota Hulontalo dan Kota Serambi Madinah sangat terkenal akan keindahan dan eksotisnya alam disana. Namun asalkan Anda tahu, kekayaan dari dari Gorontalo tidak hanya tentang keindahan alam saja.

Dari segi kuliner, Gorontalo juga mempunyai berbagai makan khas yang kenikmatannya tidak kalah dibandingkan dengan kuliner khas di daerah lain. Oleh karena itu, berikut beberapa makanan khas Gorontalo yang perlu Anda ketahui.

1. Sate Tuna Gorontalo

Sate Tuna Gorontalo

Sate merupakan salah satu kuliner yang sudah mendunia. Sate yang sangat terkenal di Indonesia adalah sate madura. Namun, beberapa daerah lain juga memiliki kuliner khas berupa sate, hanya saja penggunaan racikan bumbu serta bahan dasarnya saja yang membedakannya. Ternyata di Gorontalo juga mempunyai sebuah kuliner khas berbentuk sate, yaitu sate tuna.

Tidak seperti di restoran seafood kebanyakan, yang hanya mengolah ikan tuna dengan cara di goreng tepung atau dibakar dalam bentuk utuh. Untuk makanan khas Gorontalo yang satu ini, ikan tuna akan dipotong dadu untuk ditusuk menyerupai sate dan kemudian dibakar.

2. Bilenthango

Bilenthango

Masih membahas mengenai makanan khas Gorontalo berbahan dasar ikan, Bolenthango merupakan kuliner khas Gorontalo yang berbahan dasar ikan mujahir. Tentunya olahan dari ikan mujahir ini juga tidak kalah lezat dari ikan tuna.

Untuk proses pengolahan dari bilenthango memang terbilang unik, ikan mujahir ini akan dimasak dengan cara setengah digoreng dan kemudian dipanggang. Dari keunikan pengolahannya tersebut akan menciptakan cita rasa yang  nikmat dan siap untuk menggoyang lidah Anda.

3. Binte Biluhuta

Binte Biluhuta

Gorontalo memang sudah terkenal sebagai penghasil jagung terbesar di Indonesia. Hasil bumi berupa jagung tersebut, banyak dimanfaatkan untuk membuat makanan khas Gorontalo yang bernama binte biluhuta oleh masyarakat pribumi. Nama binte dapat diartikan sebagai jagung, sedang bilunta berarti disiram. Jadi dapat diartikan bahwa binte biluhuta ini adalah jagung yang disiram.

Binte biluhunta sangat cocok disantap ketika siang hari dengan cuaca panas. Racikan dari makanan ini berupa jagung putih ketan dan dicampur dengan suwiran ikan cakalang, udang serta parutan kelapa. Beberapa racikan tersebut kemudian disiram dengan kuah yang telah diberi bumbu rempah-rempah khas Gorontalo. Kenikmatan dari makanan ini akan bertambah jika diberi bahan tambahan seperti tomat, kemangi, cabai, dan daun bawang.

Baca juga : Makanana Khas Toraja

4. Ayam Iloni

Ayam Iloni

Jika dilihat sekilas, tampilan dari makanan khas Gorontalo bernama ayam iloni ini hampir sama dengan ayam panggang atau ayam bakar lainnya. Namun tentunya yang membedakannya adalah racikan bumbu yang digunakan. Racikan bumbu yang digunakan untuk membuat makanan ini menjadi lebih sedap merupakan beberapa rempah-rempah seperti kunyit, kemiri, bawang merah, jahe, dan rempah-rempah khas Indonesia lainnya.

Dari campuran dari berbagai rempah-rempah diatas akan menghasilkan racikan bumbu yang lezat dan nikmat khas Gorontalo. Dengan penambahan santan, akan membuat cita rasa pedas dan gurih pada ayam iloni ini menjadi lebih sempurna.

5. Tili Aya

Tili Aya

Penyajian dari makanan khas Gorontalo berupa tili aya ini sangatlah sederhana. Biasanya, tili aya sering dijadikan sebagai pelengkap nasi atau lauk. Namun, makanan ini juga sering menjadi makanan yang wajib ada dalam setiap acara-acara adat di Gorontalo.

Pembuatan dari tili aya dapat dibilang mudah. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat tili aya ini adalah gula merah dicampur dengan telur dan kemudian ditambahkan santan kelapa kental. Ketika semua bahan telah tercampur dengan sempurna, adonan tersebut kemudian dikukus selama beberapa saat hingga padat dan matang.

6. Ilabulo

Ilabulo

Mungkin bagi Anda yang belum pernah mengetahui tentang ilabulo, pasti akan mengira bahwa makanan yang satu ini adalah pepes. Makanan khas Gorontalo bernama ilabulo ini memang terlihat seperti pepes secara sekilas. Namun rasa nikmat yang dihasilkan dari bahan dan bumbu untuk membuat ilabulo, akan membuat perbedaan rasa yang signifikan dari pepes pada umumnya.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat ilabulo adalah ati ayam dan sagu. Proses pengolahannya yaitu dengan dimasak menggunakan santan. Makanan satu ini sangat cocok dijadikan sebagai hidangan makan siang di Gorontalo.

7. Duduli (Dodol Khas Gorontalo)

Dodol Khas Gorontalo

Nama duduli memang sedikit familiar, nama tersebut diambil dari nama kuliner khas Garut yaitu dodol. Duduli ini merupakan makanan tradisional khas Gorontalo. Cara pembuatannya juga masih menggunakan cara-cara tradisional.

Duduli atau dapat juga disebut dengan dodol unik khas Gorontalo ini dibuat dari berbagai bahan dasar seperti gula merah, ketan, dan santan. Jika kebanyakan dodol dari Garut pembungkusannya menggunakan plastik kecil-kecil, sedangkan untuk duduli akan dibungkus memakai daun woka dan ukurannya agak lebih besar dari dodol Garut.

8. Lalampa

Lalampa

Makanan khas Gorontalo yang bernama lalampa ini, juga hampir mirip dengan salah satu makanan khas dari Jawa yaitu lemper. Tidak dapat dipungkiri lagi, kemiripan tersebut terjadi karena lalampa merupakan makan yang masih satu jenis dengan lemper. Lalampa ini dimasak dengan cara dibakar, berbeda dengan lemper dari Jawa yang pengolahannya dengan cara dikukus.

Selain pengolahannya, isian dari kedua makanan ini juga berbeda. Isian dari lalampa berupa ikan cakalang dan sebelum dilakukan proses pematangan dengan dibakar, lalampa akan diolesi terlebih dahulu dengan minyak sayur. Itulah yang membuat kuliner khas Gorontalo satu ini menjadi istimewa. Aromanya yang menembus sampai kedalam akan menambah kenikmatan dari cita rasanya.

9. Sayur Putungo

Sayur Putungo

Sayur Putungo adalah makanan khas Gorontalo yang menggunakan jantung pisang sebagai bahan dasarnya. Makanan ini juga masih tergolong dalam jenis makanan tradisional. Di daerah lain, mungkin juga terdapat kuliner khas dari olahan jantung pisang. Namun, racikan bumbu dan cara pengolahan yang membedakan masing-masing olahan jantung pisang.

Sayur Putungo ini diolah dengan berbagai cara beragam yang menyesuaikan dengan menu pendampingnya. Biasanya pengolahan dari makanan ini dibuat dengan cara ditumis atau diberi santan. Selain itu putungo juga sangat nikmat dijadikan sebagai lalapan mentah, yang diiris kecil-kecil serta dicampur dengan sambal pedas, dan kemudian disantap dengan jagung sebagai pendampingnya.

Baca juga : Makanan Khas Makasar

10. Kue Sabongi

Kue Sabongi

Kue sabongi adalah salah satu makanan favorit bagi masyarakat di Gorontalo. Dapat dibilang bahwa kue sabongi ini merupakan warisan kuliner dari nenek moyang masyarakat Gorontalo sejak dulu. Walaupun kue ini hanya terbuat dari bahan dasar berupa singkong dan pisang, kelezatannya tidak akan kalah dengan kue-kue jaman sekarang.

Memang untuk saat ini, akan sulit menemui toko di Gorontalo yang menjual makanan ini. Namun, hampir seluruh masyarakat asli Gorontalo bisa membuat kue ini karena pembuatannya yang cukup mudah.

Itulah penjelasan mengenai beberapa makanan khas Gorontalo yang perlu Anda ketahui. Berhubung dengan kelezatan dan kenikmatan dari makanan di atas, tentunya harus dilakukan pelestarian agar makanan-makanan tersebut tidak menjadi langka dan kemudian menghilang.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat