12+ Macam Makanan Khas Depok yang Wajib Anda Coba

Makanan Khas Depok | Depok selama ini dikenal sebagai salah satu kota metropolitan karena letak geografisnya  yang berdekatan dengan ibu kota Jakarta. Namun jangan salah, dibalik gemerlap kotanya, Depok menyimpan berbagai makanan khas Depok yang masih jarang diketahui oleh masyarakat luas.

Oleh karena itu bagi anda yang saat ini sedang berkunjung ke Depok berikut akan dijelaskan berbagai makanan khas Depok yang bisa menjadi salah satu rekomendasi, terutama bagi anda para penjelajah kuliner daerah.

1. Bebek Tik Tok Van Depok

Bebek Tik Tok Van Depok

Bagi anda para pecinta kuliner bebek, jangan sampai melewatkan kuliner yang satu ini.  Anda dapat menemukan kuliner ini di Restoran legendaris yang terletak di Jalan Margonda Raya NO.494 C.

Restoran ini merupakan restoran yang sangat legendaris dan terkenal di kalangan warga Depok terutama para pemburu kuliner yang melintasi jalan tersebut.

Bagi anda warga luar kota yang sedang melintasi Jalan Margonda, tidak ada salahnya mampir sejenak untuk mencoba makanan khas Depok yang satu ini

2. Biskuit Temma (Tepung Tempe)

biskuit temma

Tempe yang digoreng sudah biasa. Tempe yang dijadikan keripik juga sudah banyak. Lalu bagaimana jika tempe dijadikan biskuit? Anda hanya bisa menemukan makanan unik ini hanya di Depok.

Biskuit temma ini berbahan dasar tepung kedelai dan kurma. Tepung kedelai mengandung zat antioksidan dan protein, kurma sendiri banyak mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, dan juga kalsium.

3. Sirup Belimbing

Sirup Belimbing

Belimbing merupakan ikon khas kota Depok. Oleh karena itu jangan kaget jika anda menemukan berbagai macam minuman dan makanan khas Depok yang terbuat dari bahan dasar belimbing.

Sirup belimbing merupakan salah satu minuman khas yang sangat digemari oleh masyarakat Depok. Hal ini dikarenakan sirup belimbing menghasilkan cita rasa yang asam manis dan juga sangat menyegarkan. Apalagi cuaca daerah Depok tergolong panas dan juga menyengat.

Sirup belimbing ini juga sangat cocok menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa anda beli ketika sedang berkunjung ke Depok.

Baca juga : Makanan Khas Sukabumi

4. Dodol Belimbing

Dodol Belimbing

Seperti mayoritas daerah Jawa Barat yang lain, Depok juga memiliki makanan  yang terkenal yaitu dodolnya. Dodol depok memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dengan dodol pada umumnya. Ini dikarenakan dodol di Depok menggunakan buah belimbing sebagai bahan utamanya.

Dodol belimbing menghasilkan cita rasa yang asam manis dan juga teksturnya yang kenyal. Selain itu dodol belimbing juga dipercaya memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh karena mampu mengatasi kolestrol dan juga melancarkan pencernaan.

Bagi anda para penggemar setia dodol, wajib sekali mencoba makanan khas Depok yang satu ini.

5. Selai Belimbing

Selai Belimbing

Seakan tidak ada henti-hentinya berinovasi, masyarakat Depok sangat kreatif mengolah belimbing menjadi makanan dan minuman khas yang mampu menjadi ikon daerahnya. Selai belimbing adalah salah satunya.

Selai belimbing menghadirkan cita rasa yang manis dan segar, sehingga sangat cocok anda konsumsi bersama roti maupun buah kegemaran anda. Anda juga dapat menjadikannya oleh-oleh menyehatkan bagi anak-anak di rumah.

6. Dodol Jambu Biji

 

Dodol Jambu Biji Khas Depok

Selain dodol dengan bahan dasar belimbing, di Depok anda juga dapat menemukan makanan khas Depok unik lainnya yaitu dodol jambu biji. Dodol jambu biji diolah seperti kebanyakan dodol pada umumnya.

Rasanya yang unik menjadikan dodol jambu biji saat ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit yang selalu dibeli masyarakat luar kota ketika sedang berkunjung ke Depok.

7. PeChoc (TempeChocolate)

PeChoc (TempeChocolate)

Pechoc merupakan salah satu makanan khas Depok yang sangat unik karena menghadirkan cita rasa tempe yang gurih dipadu dengan manisnya coklat. Camilan ini menjadi salah satu makanan favorit kegemaran masyarakat Depok.

Camilan unik ini dikembangkan oleh UMKM yang berada di Depok, cita rasa yang unik menjadikan banyak wisatawan lokal yang tertarik untuk mencoba. Apakah anda salah satunya?

8. Kue Nastar Belimbing

Kue Nastar Belimbing

Jalan-jalan ke Depok, belum lengkap rasanya kalau belum mencicipi kue keringnya. Disini anda bisa mencoba kue kering yang khas yaitu kue nastar belimbing.

Makanan khas Depok selalu menghadirkan inovasi dari buah tropis yang satu ini. Kue nastar memang memiliki banyak penggemar. Oleh karena itu masyarakat berinovasi dengan menambahkan selai belimbing kedalam kue nastar ini.

Rasanya? Jangan ditanya. Sensasi segar yang dihadirkan dari selai belimbing menjadikan makanan khas Depok yang satu ini sangat direkomendasikan untuk anda coba terutama para penggemar kue kering.

9. Jus Rumput Laut

Jus Rumput Laut

Ingin mencicipi minuman yang menyehatkan? Maka anda tidak boleh melewatkan jus rumput laut yang satu ini. Menghadirkan rasa yang begitu nikmat dan segar di mulut. Jus rumput laut ini dapat anda temui di pusat oleh-oleh yang berada di Kota Depok.

Selain bisa dibawa pulang, anda juga dapat mencicipi jus rumput laut ini secara langsung saat udara sedang terasa panas. Sensasi menyegarkan yang dihadirkan, menjadikan kenangan anda selama berkunjung ke Depok tidak akan pernah terlupakan.

Tertarik untuk mencoba?

10. Emping Melinjo

 Emping Melinjo

Pecinta makanan ringan dan camilan kering pasti tidak pernah melupakan sensasi memakan emping melinjo yang gurih dan lezat.

Di Depok anda dapat menemukan emping melinjo sebagai makanan khas Depok yang wajib dibawa pulang. Variasi rasa yang dihadirkan juga bermacam-macam mulai dari rasa gurih, asin, manis, sampai pahit.

Camilan yang sangat cocok anda bawa pulang sebagai teman bersantai ataupun oleh-oleh bagi keluarga tercinta.

Baca juga : Makanan Khas Tasikmalaya

11. Kopi Herbal

Kopi Herbal

Merupakan salah satu minuman khas yang diproduksi oleh UKM-UKM yang berada di daerah Depok. Kopi herbal ini diracik tanpa menggunakan gula sehingga aman dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

Bagi anda pecinta kopi, tidak ada salahnya untuk mencicipi kopi herbal khas Depok yang satu ini. Anda juga bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh bagi sanak saudara anda penggemar kopi.

12. Manisan Kolang-Kaling Mamih

Manisan Kolang-Kaling Mamih

Pecinta manisan kolang-kaling jangan sampai melewatkan makanan khas Depok yang satu ini. Merupakan salah satu oleh-oleh yang sangat terkenal di Depok. Manisan kolang kaling merek Mamih menghadirkan manisan dengan cita rasa yang lezat tanpa menggunakan bahan pengawet maupun pemanis buatan.

Varian rasa yang dihadirkan juga sangatlah unik karena menghadirkan cita rasa cocopandan dan melon. Walaupun tanpa bahan pengawet manisan ini dapat bertahan lama sehingga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh.

13. Jus Lidah Buaya

Depok selalu menghadirkan berbagai makanan dan minuman menyehatkan sebagai oleh-oleh khasnya. Tidak ketinggalan juga yaitu jus lidah buaya. Jus lidah buaya saat ini menjadi salah satu minuman khas yang paling laris diburu para wisatawan.

Ini dikarenakan jus lidah buaya khas Depok ini menyajikan sensasi unik dengan cita rasa yang manis dan menyegarkan sehingga banyak orang yang tertarik untuk membelinya.

Merupakan salah satu minuman yang menyehatkan, menjadikan jus lidah buaya ini sangat direkomendasikan bagi anda yang ingin memulai hidup sehat.

Demikianlah beberapa macam minuman dan makanan khas Depok yang wajib anda coba. Walaupun Depok tidak sepopuler kota-kota besar yang berada di sekitarnya, namun kekreatifan warga masyarakatnya dalam mengolah bahan alam sekitar menjadi makanan lezat patut diacungi jempol.

Leave a Comment

WhatsApp Chat