Makanan Khas Cilacap : Belum Ke Cilacap Kalau Belum Mencicipi Kuliner Ini ↓ ↓

Makanan Khas Cilacap – Cilacap merupakan sebuah kabupaten di provinsi Jawa Tengah. Di daerah ini terdapat per-campuran budaya Banyumasan dengan Sunda. Cilacap memiliki sejarah kuliner yang beragam, kebanyakan merupakan olahan seafood mengingat kabupaten ini sebagian wilayahnya terdapat pesisir pantai. Makanan khas Cilacap ada yang menggunakan resep asli ada juga yang merupakan hasil adopsi dari daerah sekitarnya, namun tetap memiliki kekhasan tersendiri sebagai makanan khas Cilacap.

Bahasa yang digunakan oleh warga di daerah Cilacap adalah bahasa Jawa Ngapak. Biasanya setiap tahun sekali akan diadakan ritual sedekah laut yang diikuti oleh ribuan nelayan di kabupaten Cilacap dan dihadiri oleh ratusan ribu orang yang merupakan wisatawan domestik dan mancanegara. Menggunakan dana APBD, kesenian lainnya adalah Calung Banyumas, Ebeg (semacam kuda kepang dari kabupaten Magelang).

Pariwisata di Cilacap juga mulai menggeliat, seperti pegunungan di Cilacap, loka wisata Curug Mandala di desa Mandala, kecamatan Jeruk Legi, Cilacap. Menjadikan kabupaten ini cocok untuk memulai berbisnis. Anda tertarik?

Berikut akan kami paparkan makanan khas Cipacap yang wajib Anda coba.

1. Tahu Masak Khas Cilacap

 Tahu Masak Khas Cilacap
Tahu Masak Khas Cilacap

Makanan khas Cilacap ini cukup digemari dan wajib Anda coba ketika bertandang ke kabupaten ini. Terdiri dari tahu kotak putih yang digoreng dengan sedikit minyak, kemudian dipotong-potong dan disajikan bersama irisan kubis, kupat, kerupuk banggi lalu disiram bumbu khas yang dipadukan dengan kacang giling. Hemm… Yummy!

Tahu Masak dapat Anda jumpai di pasar-pasar tradisional acara-acara hiburan di Cilacap.

2. Brekecek

Brekecek
Brekecek

Makanan khas Cilacap ini berupa semur. Biasanya isinya beberupa kepala ikan Jahan (Pathak Jahan). Cara menikmati brekecek adalah dengan menyeruput pathak Jahan tersebut. Brekecek dimasak seperti rica-rica namun berbeda karena rasanya yang mantap.

3. Sate Martawi

Sate Martawi Khas Cilacap
Sate Martawi Khas Cilacap

Kuliner khas Cilacap ini terbilang unik, karena menggunakan dua tusuk sate per batangnya. Selain itu ayam disajikan dengan potongan yang cukup besar. Biasanya disantap bersama lontong atau nasi putih.

4. Lothek Khas Cilacap

Lothek Khas Cilacap
Lothek Khas Cilacap

Kuliner ini terbuat dari sayuran yang direbus dan disiram bumbu kacang berupa sambal. Sejenis pecel di daerah lain.

5. Mie Ayam Putih

Mie Ayam Putih
Mie Ayam Putih

Makanan khas Cilacap ini berupa mie putih yang direbus dengan sawi lalu ditaburi ayam sedang kuahnya dipisah. Kuliner ini sangat dipengaruhi oleh masakan Cina lho. Oh ya, Anda boleh menambahkan, saos tomat, kecap, dan sambal pun kerupuk pangsit supaya tercipta rasa yang enak, nikmat, dan gurih.

6. Mie Goreng dan Nasi Goreng Cilacap

Mie Goreng dan Nasi Goreng Cilacap
Mie Goreng dan Nasi Goreng Cilacap

Mie goreng dan Nasi goreng Cilacap terkenal karena bumbunya yang berani. Rasa yang gurih dan enak ditawarkan oleh kedua kuliner ini. Mienya terbuat dari mie keriting berukuran kecil sehingga tidak eneg. Anda dapat menjumpai kuliner ini di setiap sudut kota Cilacap.

7. Soto Sokaraja

Soto Sokaraja
Soto Sokaraja

Sebenarnya merupakan soto khas wilayah Banyumas dan sekitarnya, oleh warga Cilacap mengadopsimya menjadi makanan khas daerah yang menggunakan moto ‘Jala Bumi Wijaya Kusuma Cakti.

Soto Sokaraja memiliki beberapa varian, di antaranya adalah; soto babat, soto daging sapi, dan soto ayam. Disajikan bersama soun, tauge, kubis, ayam, babat, daging, dan krupuk banggi sebagai pelengkap. Untuk mengenyangkan perut biasa diberikan nasi atau lontong. Menggunakan kuah yang kental berwarna kecokelatan dan sambal kacang atau sambal cabe untuk menciptakan sensasi pedas. Hemm.. Yummy!

8. Sea Food Pantai Teluk Penyu

Sea Food Pantai Teluk Penyu
Sea Food Pantai Teluk Penyu

Anda bisa mencicipi aneka kuliner sea food berupa ikan bakar, kepiting, rajungan, udang, dan berbagai hidangan lezat lainnya sembari menikmati semilir angin laut sore atau terang bulan purnama saat berada di Pantai Teluk Penyu. Beraneka masakan sea food diracik dengan bumbu khusus dengan rasa lezat dan harga terjangkau di pinggiran Pantai Teluk Penyu, Cilacap. Variannya bermacam-macam, ada yang dimasak dengan saus padang, ada yang digoreng, dibakar juga ada. Coba yuk!

9. Abon Tuna

Abon Tuna
Abon Tuna

Makanan khas Cilacap ini berbahan dasar ikan tuna. Biasa disantap dengan nasi, kuliner ini cukup awet dan cocok dijadikan oleh-oleh.

10. Karedok

Karedok
Karedok

Di adopsi dari daerah Banjarsari Jawa Barat. Karedok di Cilacap sudah menjadi tradisi, mungkin karena daerah ini berbatasan langsung dengan Jawa Barat di sebelah barat.

Terbuat dari sayuran mentah seperti wortel, kubis, mentimun, kacang panjang, dan kecambah. Sayuran tersebut dicampur dengan bumbu sambal kacang lalu ditaburi kerupuk banggi. Anda boleh menambahkan tahu pun ketupat pada kuliner ini lho.

11. Mendoan Cilacap

Mendoan Cilacap
Mendoan Cilacap

Di daerah Ngapak seperti Banyumas, Cilacap, Kebumen, Purbalingga, dan Banjarnegara memang terkenal dengan tempe mendoan. Kuliner ini terbuat dari tempe yang diiris tipis dan lebar yang dilumuri adonan tepung yang disertai irisan daun bawang, kemudian digoreng setengah matang atau mendo. Sangat enak dinikmati saat hangat bersama cabe rawit segar, alias ‘Nyingit’

Baca juga : Makanan Khas Boyolali

12. Thempleng (Rempeyek)

Thempleng (Rempeyek)
Thempleng (Rempeyek)

Jajanan khas Cilacap yang terkenal adalah Rempeyek Yutuk. Yutuk adalah hewan laut seperti kepiting atau udang. Warna orange kemerahan merupakan hasil yutuk yang telah digoreng dengan adonan tepung beras dan bumbu-bumbu.

Warga Cilacap sering menyebut rempeyek dengan sebutan Thempleng. Varuan rempeyek lain, seperti rempeyek kacang, kedelai, teri rebon, dan rempeyek kacang hijau.

13. Lanthing

Lanthing
Lanthing

Jajanan dengan bahan utama singkong yang dibentuk seperti angka delapan dan bolong di tengah. Dijul dengan warna yang bervariasi dan putih. Rasanya yang gurih, renyah dengan tekstur agak keras banyak diminati. Cocok untuk cemilan dan Oleh-oleh.

14. Mangleng Singkong

Mangleng Singkong
Mangleng Singkong

Terbuat dari singkong yang dipotong  seperti balok kecil kemudian diberi bumbu garam serta ketumbar dan diolah dengan cara goreng. Setelah matang warnanya akan menjadi kekuningan dengan rasa yang gurih.

15. Keripik dan Stik Sukun

Keripik dan Stik Sukun
Keripik dan Stik Sukun

Keripik Sukun berupa irisan tipis buah sukun yang digoreng sedangkan stik sukun berbentuk batangan persegi panjang.

16. Tahu Berontak

 Tahu Berontak
Tahu Berontak

Sejenis tahu goreng dengan isian sayuran yang dilumuri dengan adonan tepung encer. Dinamai tahu berontak karena di dalam tahu terlihat sayuran yang berontak hendak keluar.

17. Tempe Dages/Dage

Tempe Dages
Tempe Dages

Berbahan dasar dari ampas tahu, berbentuk kotak dan padat. Pengolahan sama seperti tempe mendoan. Biasanya dijual bersama mendoan, tahu berontak, dan pisang goreng.

18. Lepet, Lopis, dan Cenil

Lepet, Lopis, dan Cenil
Lepet, Lopis, dan Cenil

Jajanan pasar yang berbahan dasar beras ketan. Untuk cenil ketan sudah berupa tepung. Jajanan ini dapat dijumpai di pasar-pasar tradisional.

Nah, itulah beberapa makanan khas dari kabupaten Cilacap yang wajib Anda coba. Biasanya juga sangat dikangenin (menjadi klangenan) oleh sedulur-sedulur Ngapak lho. Kabupaten dengan semboyan Cilacap Bercahaya (Bersih, Elok, Rapi, Ceria, Hijau, Aman, dan Jaya) atau biasa menggunakan salam ngapak. Ora Ngapak Ora kepenak. Ayeei…!

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like