11 Makanan Khas Cianjur yang Sangat Enak dan Lezat [Rekomended]

Makanan Khas CIanjur | Keanekaragaman suku bangsa di Indonesia membuat setiap daerah memiliki makanan yang khas. Karena tentunya selera orang akan berbeda beda, begitu juga dengan selera di setiap daerah. Bahkan banyak sekali orang yang mengunjungi tempat tertentu untuk mencoba kuliner khas disana.

Salah satu daerah yang kaya akan makanan khas daerahnya yakni Cianjur. Daerah yang terletak di provinsi Jawa Barat memang memiliki banyak kuliner andalan. Berikut akan diulas beberapa makanan khas Cianjur yang bisa Anda coba ketika mampir ke kota Cianjur.

1. Laksa Cianjur

laksa cianjur

Laksa Cianjur ini merupakan salah satu jenis makanan khas Cianjur yang sangat digemari oleh kebanyakan orang. Ketika berkunjung ke Cianjur tentu orang akan ingin mencoba laksa Cianjur. Namun, laksa Cianjur ini memiliki rasa yang khas dan berbeda dengan laksa di kota lainnya.

Jenis makanan ini banyak digemari karena memiliki harga yang terjangkau. Bagi Anda yang berkunjung ke Cianjur Anda wajib mencobanya. Anda bisa menemukan laksa Cianjur ini di pinggir jalan yang sedang Anda lewati. Karena laksa Cianjur sangat mudah untuk ditemukan.

2. Roti Manis Tan Keng Cu

Roti Manis Tan Keng Cu

Roti manis ini menjadi salah satu makanan khas Cianjur yang sudah lama diproduksi. Pasalnya roti ini pertama kali diproduksi pada tahun 1926. Namun, sampai sekarang roti manis ini masih menjadi makanan khas yang banyak dicari oleh wisatawan.

Roti manis Cianjur ini sangatlah populer dan cara pembuatannya pun masih dengan menggunakan cara yang tradisional. Karena hal tersebutlah maka jenis roti ini memiliki citarasanya tersendiri yang khas dan lezat.

3. Asinan dan Manisan Buah

Asinan dan Manisan Buah

Jenis makanan khas Cianjur ini terdiri dari berbagai buah-buahan yang dicampur dalam satu wadah yang disirami oleh bumbu khas yang agak pedas. Biasanya asinan ini bumbunya berbentuk cair. Asianan buah ini tentu akan segar ketika Anda konsumsi pada siang hari.

Jika Anda mencobanya sekali tentu Anda akan terus ketagihan. Hal tersebut terlihat dari antusias para wisatawan yang berkunjung ke Cianjur pasti akan mencari asinan ini. Selain asinan, terdapat juga manisan yang dikeringkan dan dicampur dengan gula.

Baca juga : Makanan Khas Indramayu

4. Marici Putu Mayang

Marici Putu Mayang

Salah satu makanan khas Cianjur adalah jajanan ringan yang bermerk marici. Marici merupakan sebuah singkatan yang diartikan sebagai makanan ringan Cianjur. Marici ini merupakan kue putu mayang yang terbuat dari tepung beras yang dibentuk mirip mie.

Marici ini biasanya akan dikukus dan disajikan dengan santan dan saus gula. Selain itu ada juga marici rengginang yang merupakan kerupuk tebal yang dibuat dari beras ketan yang telah dikeringkan dengan cara dijemur dan kemudian digoreng.

5. Mie Ayam Mang Memed

Mie Ayam Mang Memed

Jika Anda merupakan salah satu penggemar mie maka Anda haruslah mencoba sajian mia yang satu ini. Pasalnya mie ayam Mang Memed ini disajikan dengan menarik serta rasanya yang khas. Ini merupakan salah satu kuliner legendaris di kota Cianjur.

Letak mie ayam Mang Memed ini sangatlah dekat dengan toko roti manis Tan Keng Cu. Jika Anda sedang di Cianjur maka Anda wajib untuk mencoba kuline khas ini. Rasa mie ayam Mang Memed yang lezat dan gurih tentu akan lumer di lidah Anda. Dijamin Anda akan ketagihan dan ingin memakannya lagi.

6. Geco (Toge Touco)

Geco (Toge Touco)

Geco atau yang biasa dikenal dengan tauge dan tauco merupakan salah satu makanan khas dari kota Cianjur. Dimana perpaduan antara toge dan tauco sangatlah lezat untuk Anda coba. Pasalnya bentuk jenis makanan ini bisa dibilang menyerupai kupat tahu.

Namun, hal yang membedakan geco dengan kupat tahu adalah dari tambahan sajian saus tauconya. Pasalnya geco dijual dengan harga yang terjangkau dan tentunya bisa mengisi perut Anda yang lapar setelah beraktivitas seharian.

7. Bubur Cianjur

Bubur Cianjur

Cianjur memang sudah terkenal dengan buburnya. Pasalnya di Cianjur, bubur disajikan dengan kuah santan berwarna kuning. Namun, yang spesialnya adalah bubur Cianjur menggunakan potongan jeroan ayam, ampela atau usus sebagai bahan pelengkapnya.

Ini merupakan makanan khas Cianjur yang akan menemani menu sarapan Anda. Harga jualnya pun sangat terjangkau dan mampu Anda temukan dengan mudah. Jika Anda mampir ke Cianjur maka Anda wajib mencoba salah satu kuline khas ini.

8. Nasi Pepes

Nasi Pepes

Nasi pepes menjadi salah satu makanan khas Cianjur karena memiliki ciri khasnya sendiri. Pasalnya nasi pepes ini sangatlah lezat dan bisa mengatasi lapar Anda. Tekstur dari nasi pepes ini sangatlah lembut karena nasi dimasak dengan proses dua kali.

Proses yang pertama adalah nasi dimasak setengah matang kemudian dicampurkan dengan bumbu khas serta ayam. Kemudian proses yang kedua nasi dibungkus dengan daun pisang dan dikukus seperti pepes. Aroma ayam dan kemangi dalam nasi pepes ini yang menjadi khasnya.

9. Roti Popon

Roti Popon

Seperti yang diketahui bersama bahwa roti merupakan olahan tepung yang bisa Anda jadikan sebagai asupan karbohidrat. Roti popon merupakan makanan khas Cianjur yang terkenal karena rasanya yang enak. Roti popon ini berbentuk kecil dan memiliki rasa Andalan seperti coklat.

Roti popon ini merupakan olahan roti homemade yang dibuat sendiri dengan tangan dan oven. Pengerjaannya yang secara tradisional membuat roti popon ini memiliki khas dan daya tariknya sendiri. Bahkan roti popon ini tidak kalah jika dibandingkan dengan roti yang lainnya.

10. Sate Maranggi

Sate Maranggi

Sate Maranggi menjadi salah satu makanan khas Cianjur yang banyak dicari oleh para wisatawan. Jika dilihat memang bumbu sate maranggi terlihat biasa saja yaitu bumbu bacem yang dilumurkan pada olahan sate dan kemudian dibakar hingga bumbu meresap.

Namun, yang menjadi khasnya adalah daging dari olahan sate ini sangatlah empuk. Hal tersebutlah yang membuat sate maranggi begitu digemari. Harga satu porsi sate maranggi juga sangatlah terjangkau. Bahkan beberapa tempat sate maranggi buka hingga malam.

Baca juga : Makanan Khas Karawang

11. Ikan Bakar Cianjur

Ikan Bakar Cianjur

Salah satu makanan yang sangat terkenal adalah ikan bakar Cianjur. Pasalnya ikan bakar di Cianjur menggunakan bumbu yang khas dan memiliki rasa yang berbeda. Anda bisa memilih jenis ikan yang Anda sukai. Anda bisa memakannya dengan nasi panas tentu sangat lezat.

Bahkan sekarang sudah ada beberapa resto ikan Cianjur yang tersebar di berbagai daerah. Hal tersebut dilakukan agar pada masyarakat bisa merasakan keenakan ikan bakar khas Cianjur tanpa harus ke Cianjur. Rasa dari ikan bakar ini sangatlah lezat dan tentunya akan menggugah selera Anda.

Itulah beberapa ulasan dari makanan khas Cianjur yang bisa Anda coba. Jika Anda berkunjung ke cianjur maka Anda haruslah mencoba wisata kuliner khas kota ini. Hal tersebut dilakukan agar Anda bisa menikmati berbagai cita rasa makanan khas yang sulit dijumpai di daerah lainnya. Pasalnya, setiap daerah tentu memiliki daya tariknya masing-masing terutama dengan kulinernya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like