Makanan Khas Ciamis yang Wajib Dicoba dan Cocok Jadi Oleh-Oleh !!

Makanan Khas Ciamis | Ciamis merupakan kabupaten yang terletak di Jawa Barat. Banyaknya wisatawan yang datang dikarenakan tempat ini mempunyai daya tarik wisata tersendiri. Selain itu, kuliner khasnya pun juga tidak kalah menarik.

Jadi jika Anda memiliki keinginan untuk berwisata kuliner tidak perlu bingung, karena Ciamis adalah pilihan yang tepat. Tidak hanya kuliner yang dapat dinikmati di tempatnya, terdapat banyak pula makanan yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh. Untuk itu berikut beberapa makanan khas Ciamis yang wajib Anda ketahui:

1. Pindang Gunung

Makanan khas Ciamis yang pertama berupa hidangan berkuah berbahan utama ikan yaitu pindang gunung. Makanan ini menyuguhkan sensasi rasa asam pedas yang akan memanjakan lidah Anda. Ikan yang digunakan untuk diolah menjadi pindang gunung biasanya berupa ikan tongkol, kakap, kakap merah, dan carwang.

Pindang Gunung

Potongan ikan yang disiram kuah dengan rempah-rempah yang khas akan melengkapi perjalanan Anda. Hidangan ikan segar ini mudah ditemukan di Ciamis, mulai dari restoran, warung makan, hingga kedai kopi menyediakannya. Oleh karena itu, jangan sampai lupa untuk mencobanya ketika berada di Ciamis.

2. Galendo

Galendo

Galendo adalah makanan yang berbahan dasar sari pati kelapa atau dapat bilang santan kelapa yang diolah dengan cara direbut hingga minyak didalamnya keluar. Minyak yang keluar adalah minyak kelapa, sedangkan endapan dari minyak tersebut adalah galendo. Galendo yang masih berupa endapan tadi dipres agar menjadi padat dan minyak di dalamnya keluar.

Di era modern, Makanan khas Ciamis yang satu ini sudah disajikan dengan berbagai variasi rasa. Anda bisa memilh rasa galendo tersebut mulai dari original, apel, strawberry, lemon, susu, dan cokelat. Selain itu, beberapa tempat produksi juga membuat varian rasa lain. Namun pilihan rasa tadi merupakan yang populer dan umum dijual.

3. Mie Golosor

Sesuai dengan namanya, Jenis mie ini mempunyai tekstur yang licin dan mudah untuk diseruput. Sebenarnya makan ini bukan hanya makanan khas Ciamis saja, Anda juga dapat menemuinya di daerah Tasikmalaya dan Bogor. Namun resep asli mie glosor paling populer adalah dari Ciamis.

mie glosor

Jika dibandingkan dengan mie biasa, ukuran mie glosor lebih besar. Kesan licin dan warna kuning pada mie ini dikarenakan bahan dasarnya adalah tepung kanji. Banyak yang mengatakan bahwa mie glosor ini merupakan gabungan antara pasta spagetti dan potongan panjang rumput laut.

Mie glosor bisa disajikan sebagai mie kuah maupun mie goreng. Namun di Ciamis, mie ini terkenal dengan penyajiannya sebagai mie bakso. Sensasi licin pada mie disertai dengan potongan daging dan bakso serta kuah yang menyekarkan akan menggoyangkan lidah Anda.

Baca juga : Makanan Khas Cianjur

4. Sale Pisang

sale pisang

Makanan ini berbentuk keripik panjang dan terbuat dari buah pisang. Di Kabupaten Ciamis terdapat banyak tempat pembuatan sale pisang. Namun, pusat dari industri pembuatannya berada di daerah Padaherang, Banjarsari. Industri sale pisang di Ciamis memang sangat populer.

Di era pemerintahan Bapak Susilo Bambang Yodhoyono pada tahun 2009, sale pisang dapat menjadi salah satu produk ekspor yang mampu menembus banyak pasar di luar negeri. Kualitas ekpor inilah yang membuat sale pisang dari Ciamis banyak dicari dan diminati sebagai oleh-oleh.

5. Abon Sapi

Abon Sapi

Makanan ini merupakan olah daging sapi yang berasal dari Ciamis. Tentunya, bahan dasari abon sapi adalah daging sapi. Daging sapi tersebut kemudian di suwir-suwir hingga lembut dan dicampur dengan bumbu rempah-rempah. Dengan tekstur yang lembut dan bumbu lebih terasa, makanan khas Ciamis ini biasa dijadikan lauk favorit bagi masyarakat.

Abon Sapi dari Ciamis memiliki ukuran yang panjang. Selain itu, makanan ini dapat tahan lama tanpa harus dimasukan kedalam mesin pendingin. Jadi jika Anda mencari lauk yang dapat tahan lama, abon sapi inilah jawabannya.

6. Dendeng Sapi

Dendeng Sapi

Makanan olahan sapi dari Ciamis yang berikutnya adalah dendeng sapi. Dendeng tersebut memiliki bentuk daging sapi yang dipotong tipis-tipis, dibumbui dengan rempah-rempah, kemudian dikeringkan. Makanan ini juga dapat tahan lama tanpa dimasukan dalam mesin pendingin.

Sebelum disantap, banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengolahnya seperti dibakar atau digoreng. Makanan khas Ciamis berupa dendeng ini sangat cocok dijadikan sebagai  oleh-oleh. Selain keawetannya, rasanya yang nikmat dapat menggugah selera makan Anda.

7. Surabi

Surabi atau lebih sering dikenal sebagai serabi sebenarnya adalah makan khas dari Jawa Barat. Karena kepopuleran dan keenakannya, makanan ini telah diserap oleh Ciamis sehingga Anda dapat menemukannya di kabupaten tersebut.

Surabi Ciamis

Pada awalnya, Makanan khas Ciamis ini hanya dihidangkan dengan rasa manis dari gula aren dan rasa asin menggunakan oncom. Namun sering berjalannya waktu, mulai banyak bermunculan surabi dengan berbagai macam rasa dan toping yang dapat ditemui di Ciamis seperti, serabi keju, serabi sosis, serabi durian, serabi abon, dan masih banyak lagi.

8. Gula Kelapa

Gula Kelapa

Makanan khas Ciamis yang biasa dijadikan oleh-oleh berikutnya adalah gula kelapa. Gula kelapa adalah gula yang berasal dari pengolahan kelapa. Segala jenis kelapa dapat digunakan untuk membuatnya. Akan tetapi perbedaan rasa muncul tergantung dengan bahan dasar kelapa yang digunakan.

Makanan ini dapat dimakan secara langsung, maupun dijadikan sebagai bahan masakan. Anda dapat menemukan gula kelapa tidak hanya di Ciamis. Namun di Ciamis ini masih mempertahankan proses produksi yang tradisional sehingga rasa khas Ciamisnya akan keluar. Jadi jika Anda ingin gula kelapa yang pembuatannya masih otentik, datang saja ke Ciamis.

9. Gula Aren

Gula Aren

Gula aren merupakan bulatan cokelat yang memiliki manis. Makanan khas Ciamis ini terbuat dari cairan nira sadapan dari pohon aren. Cairan nira tersebut dimasak hingga membentuk bubur gula. Ketika sudah menjadi bubur gula, kemudian dicetak menggunakan batok kelapa.

Gula aren ini juga banyak diproduksi di daerah lain. Namun, perbedaannya dengan gula aren dari Ciamis adalah proses produksinya yang masih tradisional. Oleh karena itu jika Anda menginginkan oleh-oleh tradisional dari Ciamis, maka gula aren ini adalah jawaban yang tepat.

Baca juga : Makanan Khas Indramayu

10. Macam-Macam Aneka Kerupuk

Bisa dibilang, kerupuk dapat Anda temui dimana saja. Namun, akan terasa rugi jika berkunjung ke Ciamis tanpa membeli oleh-oleh berupa kerupuk. Ciamis sangat terkenal sebagai daerah dengan produksi kerupuk yang banyak. Produksi kerupuk di Ciamis ini berpusat pada daerah Cikoneng.

Macam-Macam Aneka Kerupuk

Banyak jenis kerupuk yang diproduksi di sini. Dari kerupuk yang mudah ditemui di pasaran hingga suatu kerupuk yang memiliki keunikan rasa. Untuk Anda yang menyukai kerupuk, tentunya Ciamis dapat menjadi suatu surga kerupuk yang indah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai makanan khas Ciamis. Dengan rasa nikmat yang dihasilkan dari pengolahan tradisional, tentunya beberapa makanan tersebut menjadi suatu hal yang wajib dicoba. Akan terasa sangat rugi jika berkunjung ke Ciamis namun melewatkan satu saja makanan diatas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like