Bagi Anda Pecinta Kuliner, Berarti Wajib Cicipi 7 Makanan Khas Boyolali ini!

Makanan khas Boyolali salah satu wisata kuliner yang wajib dicicipi bagi mereka yang mengaku sebagai pecinta kuliner Nusantara. Kalo belum, berarti masih diragukan statusnya sebagai penyuka kuliner Nusantara. Lho koq bisa? Karena kuliner Boyolali menghadirkan sensasi rasa yang berbeda. Hasrat yang penuh dahaga akan kuliner Nusantara, akan terpenuhi dengan cara mencicipi kuliner Boyolali ini.

Nah, bagi Anda yang telah berencana pergi beriwsata tahun ini. Ketahuilah bahwa waktu liburan akhir tahun telah menunggu di depan mata. Kalau Anda masih bingung dengan pilihan destinasi wisata, maka sudah saatnya Anda berpetualang ke Boyolali sekaligus memenuhi hasrat kuliner Anda denga mencicipi makanan khas Boyolali.

Dimanakah itu Boyolali? Boyolali adalah salah satu kabupaten yang ada dibawah naungan propinsi Jawa Tengah. Boyolali terletak di kaki dua Gunung yaitu sebelah timur kaki Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Kalau Anda pernah menginjakkan kaki di Kota Solo, maka dari kota Solo anda hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 25 km saja. Tidak terlalu jauh bukan?

Kalau Anda pada akhirnya memutuskan untuk berwisata ke Boyolali dan Anda adalah pecinta kuliner Nusantara paling militan, maka anda wajib mencicipi makanan khas Boyolali. Nah, sebelum mencicipi kuliner Boyolali ada baiknya anda tahu daftar kuliner khas Boyolali berikut ini.

1. Susu Sapi Segar Boyolali

Susu Sapi Segar Boyolali
Susu Sapi Segar Boyolali

Boyolali disebut juga sebagai daerah penghasil susu sehingga ada yang menyebutnya dengan kota Susu. Mungkin ini imbas dari banyaknya penjual susu dan peternak sapi perah di daerah ini. Maka, menu paling populer sebagai ciri khas boyolali adalah susu sapi segar. Meminum susu sapi segar berarti anda mencicipi susu murni atau mentah tanpa olahan. Lho? Rasanya gimana yah kalo belum diolah? Nah, untuk hal itu Anda tidak perlu khawatir. Karena pada hakikatnya itu tergantung selera.

Di daerah penghasil susu sapi segar ini juga disediakan susu yang telah diolah atau dimasak terlebih dahulu. Tapi, bagi Anda yang sangat ingin menikmati sensasi minum susu segar Boyolali ini, meminum susu sapi tanpa olahan sangat direkomendasikan. Meninum susu sapi segar dari sisi kesehatan sangat bermanfaat lho. Jadi, kalo Anda ke Boyolali jangan lupa minum susu sapi segar yah, yang mana Anda bisa menemukannya di warung-warung disekitar objek wisata Boyolali.

2. Tahu Susu Khas Boyolali

Tahu Susu Khas Boyolali
Tahu Susu Khas Boyolali

Tahu susu? Mungkin masih sangat asing ya bagi Anda untu nama kuliner jenis ini? Namun, bagi Anda yang ingin sesuatu yang berbeda Tahu susu sangat direkomendasikan untuk dicicipi. Mungkin Anda mengira bahwa Tahu susu berasal dari kombinasi tahu dan susu. Kalau perkiraan Anda demikian, kami perlu mengklarifikasi bahwa tahu susu terbuat dari susu sapi yang memiliki nilai gizi tinggi.

Tahu susu terbuat tanpa menggunakan bahan pengawet apapun sehingga aman untuk dikonsumsi. Susu yang dijadikan sebagai bahan untuk membuat tahu ini berasal dari susu segar sapi yang baru melahirkan dan langsung diambil karena masih kental. Cara membuat makanan khas ini tidak begitu sulit. Susu sapi yang baru melahirkan tersebut diperas untuk diambil susunya lalu diberi bumbu dan rempah tradisional, seperti ketumbar, bawang putih, dan garam.

Bumbu-bumbu tersebut dihaluskan dan dicampur dengan susu sapi. Lalu dikukus hingga matang. Setelah matang, baru dipotong-potong sesuai dengan selera kemudian digoreng. Jadilah makanan khas kuliner yang lezat dan gurih asli Boyolali.

3. Dodol Susu Sapi

Dodol Susu Sapi
Dodol Susu Sapi

Yak lagi-lagi ada hubungannya dengan susu sapi yaitu Dodol Susu Sapi. Bahan dasarnya hampir sama dengan makanan dodol di tempat lain yaitu menggunakan tepung ketan dan gula sebagai bahan utama. Hanya saja di Boyolali ada campuran susu sapi segar di dalamnya membuat tektur dan rasa pada makanan dodol susu ini banyak dicintai oleh para penikmat kuliner.

Jika Anda mencicipi makanan ini pada kali pertama, tak lama Anda akan ketagihan untuk bisa mencoba seterusnya. Dodol susu  ini dapat kita jumpai dengan mudah di kawasan sekitar agrowisata alam Selo.

4. Kripik dan Abon Lele

Kripik dan Abon Lele
Kripik dan Abon Lele

Mungkin Anda bertanya? Apa iya di Boyolali hanya ada kuliner kombinasi susu sapi? Jawabannya, tidak juga. Boyolali juga sebagai penghasil serta pemasok Ikan Lele. Bahkan di daerah Boyolali ada Kampung Lele yang dulunya pernah diresmikan oleh Bapak Presiden RI ke 6 yaitu Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ketika masih menjabat sebagai Presiden RI.

Di salah satu kota di Boyolali tepatnya di kecamatan Sawit yang merupakan sentra pengolahan ikan lele, sekaligus penghasil abon lele terbesar di kota ini menjadikan produk tersebut sebagai produk unggulan yang memiliki cita rasa yang berbeda dengan abon-abon lainnya. Ikan lele diolah menjadi beraneka ragam bentuk makanan namun yang paling banyak merupakan olahan dalam bentuk abon dan kripik.

Nah, Anda yang berwisata ke Boyolali kudu coba nih sensasi Abon lele yang gurih dan keripiknya yang renyah.

5. Iga Sapi Bakar

Iga Sapi Bakar
Iga Sapi Bakar

Kembali ke Sapi ya! kuliner dengan nama Iga Sapi Bakar Boyolali ini merupakan kuliner berbahan dasar daging sapi yang diolah dengan menggunakan bumbu dan rempah pilihan sehingga menjadi bentuk makanan yang menggoda kemudian baru di bakar menggunakan api kecil.

Perpaduan rasa daging yang empuk dan lezat serta gurihnya bumbu tradisional yang meresap ke kedalam daging tersebut sehingga membuat lidah kita akan dimanjakan oleh makanan kuliner yang satu ini.

Baca juga : Makanan Khas Blora

6. Jenang Pecel

makanan khas boyolali jenang pecel
makanan khas boyolali jenang pecel

Saatnya move on dari sapi yah. Kali ini menu kulinernya adalah hasil modiifikasi dari berbagai sayuran yang biasanya digunakan untuk pecel sayuran. Anda akan menemukan perbedaan antara jenang pecel Boyolali dengan pecel lainnya. Bumbu Jenang Pecel Boyolali adalah bubur sumsum (jenang putih).

Sayuran segar yang disajikan bersama dengan sambal kacang dengan rasa yang pedas serta gurih sekaligus dipadukan dengan bubur sumsum yang bertekstur lembut ini akan menciptakan cita rasa yang berbeda. Apabila Anda mencoba makanan ini, maka Anda akan mendapatkan sensasi nan berbeda, terutama pada sayuran segar yang bercampur dengan bubur sumsum yang enak dan nikmat.

7. Nasi Tumpang Sambal Lethok

Nasi Tumpang Sambal Lethok
Nasi Tumpang Sambal Lethok

Makanan khas boyolali jenis ini dibuat dengan menggunakan bumbu serta rempah tradisional dengan cara menumbuk tempe busuk terlebih dahulu lalu tambahkan bawang putih, bawang merah, daun salam, daun jeruk, kencur, dan cabai. Kemudian direbus dan diberi bumbu dan ditambahkan sedikit santan hingga matang.

Cita rasa dan aroma tempe inilah yang akan menambahkan lidah anda bergoyang. Nasi Tumpang Sambal Lethok khas Boyolali ini biasanya dipadukan dengan aneka sayuran segar sehingga kandungan gizi dari makanan ini cukup baik dan tentunya menyehatkan bagi siapa saja yang menikmatinya. Apalagi jika disajikan menggunakan alas daun pisang maka akan menambah kenikmatan tersendiri bagi siapa saja yang memakannya.

Demikianlah daftar menu makanan khas Boyolali yang perlu Anda ketahui. BIla akhirnya anda memutuskan untuk berwisata ke Boyolali dalam waktu dekat ini. Beberapa menu diatas wajib Anda cicipi sebagai pecinta kuliner nan militan dan sejati. Selamat mencicipi!

1 thought on “Bagi Anda Pecinta Kuliner, Berarti Wajib Cicipi 7 Makanan Khas Boyolali ini!

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat