11 Makanan Khas Bondowoso Yang Sayang Dilewatkan Kalau Liburan Kesana

Makanan Khas Bondowoso – Masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khas sendiri, mulai dari tempat wisata, budayanya, adat, bahasa hingga makanan. Membawa makanan khas yang terkenal sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman adalah sebuah tanda bahwa Anda mengunjungi daerah penjaja makanan khas tersebut.

Kali ini kami akan memerikan rekomendasi makanan khas dari Bondowoso, bagi kalian yang akan melakukan perjalanan ke Bondowoso atau sedang berada di Bondowoso, sebaiknya sebaiknya simak baik-baik daftar makanan khas bondowoso beriku ini.

1. Bakso Gulung Bondowoso

Bakso Gulung Bondowoso
Bakso Gulung Bondowoso

Bakso merupakan makanan Indonesia yang banyak digemari oleh orang-orang, bahkan anda bisa dengan mudah menemukan kios bakso di pinggir-pinggir jalan di Indonesia.

Bagi Anda penggemar kuliner bakso anda harus dan wajib untuk mencicipi bakso khas Bondowowo. Bakso ini berbeda dengan bakso-bakso lain yang berada di berbagai daerah di Indonesia, karena bakso khas Bondowoso dibuat dengan cara digulung.

Di dalam gulungan bakso terdapat telor goreng dadar dan daging sapi yang dicincang. Bakso Bondowoso memiliki tekstur yang sangat lembut dan mempunyai cita rasa yang susah untuk dilupakan.

Anda dapat membeli bakso gulung khas Bondowoso di Jl. Raya Situbondo dengan harga hanya Rp.15.000 per porsinya. Bakso gulung khas Bondowoso memang tidak akan cocok untuk dijadikan oleh-oleh keluarga di rumah, namun akan sangat cocok untuk dimakan di tempat sembari menikmati suasana kabupaten Bondowoso.

2. Nasi mamong

Nasi mamong
Nasi mamong

Makanan khas bondowoso ini memiliki nama yang unik, Nasi mamong. Kata mamong berasal dari bahasa Madura yang artinya bingung. Nasi mamong merupakan kuliner yang cukup unik dan terinspirasi dari orang-orang zaman dulu, masyarakat bondowoso zaman dulu gemar sekali membawa bekal nasi ketika bepergian jauh, maka nasi dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dikukus, supaya tidak basi.Nasi ini biasa disajikan dengan lauk pauk seperti sayu daun singkong, teri, ayam dan sambal yang sangat pedas. Harga nasi mamong tergolong murah dan hemat dikantong, yaitu berkisar Rp. 10.000 saja, Anda dapat menemukan nasi mamong di warung-warung ataupun restoran.

3. Surma

Surma
Surma

Surma ini merupakan makanan yang nampak seperti kebab yang terbuat dari daging cincang di tambah dengan irisan sayur segar, mentimun, tomat dan saus di bungkus dengan kulit tepung dan di goreng.

Anda bisa membeli makanan ini di Jl. Raya Situbondo depan indomaret kampung arab Bondowoso. Anda juga bisa membawa pulang makanan ini untuk di jadikan oleh-oleh, namun makanan ini tidak cocok untuk di bawah berpergian jauh karena tidak tahan lama.

4. Boneless Chicken

Boneless Chicken
Boneless Chicken

Untuk anda penggemar ayam goreng yang kebetulan berada di Bondowoso jangan lupa untuk mencoba makanan khas Bondowoso yang satu ini yaitu Boneless Chicken. Boneless Chicken ini di masak dengan takaran bumbu rempah-rempah yang khas sehingga rasanya begitu enak dan sangat menggiurkan.

Anda bisa membeli makanan khas Bondowoso ini di Jl.Tirta Asri Bondowoso. Untuk harga satu porsi Boneless Chiken ini di hargai Rp. 10.000. Anda juga bisa membungkus makanan ini untuk di jadikan oleh-oleh saat pulang dari Bondowoso.

5. Nasi Macan Bu Banjir

Nasi Macan Bu Banjir
Nasi Macan Bu Banjir

Enak dan murah, dua kata yang cocok untuk menggambarkan kuliner Nasi Macan Bu Banjir. Nasi macan Bu Banjir merupakan salah satu tempat kuliner di Bondowoso yang sangat terkenal. Dinamai Nasi Macan karena porsi nasi yang banyak dan harga murah, serta rasa pedasnya yang luar biasa.

Jika kamu berkunjung kesini, maka kamu akan menemukan ulekan super besar untuk membuat sambal. Sepiring Nasi Macan  biasanya berisi nasi putih dengan serundeng, lalapan sayuran, dan ayam yang menjadi pelangkap nasi tersebut. Kamu juga bebas memilih lauk sesuai selera kalian, jangan bilang pernah datang ke Bondowoso jika belum pernah mengunjungi nasi macan Bu Banjir ini.

6. Tape Manis

Tape Manis
Tape Manis

Kalau ditanya apa oleh-oleh dari Bondowoso ?, jawabanya ya tape manis ini. Makanan yang satu ini yang sudah terkenal di setiap daerah. Namun tape yang berbahan dasar dari singkong asal Bondowoso ini berbeda dengan tape pada umumnya.

Tape khas Bondowo ini memiliki rasa dominan manis dan juga lembut saat di makan. salah satu merk tape yang terkenal di Bondowoso yaitu Tape handayani, Tape Tjap Enak, Tape Manis 82, Tape Manis 31 yang bisa anda dapatkan di Tape Handayani 82 beralamat di Jl. Sudirman, Blindungan, Kecamatan Bondowoso, kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

7. Pia Tape

Pia Tape
Pia Tape

Buah tangan berikutnya yang banyak dibeli para wisatawan saat berkunjung ke Bondowoso adalah Pia Tape. Masih dari olahan fermentasi singkong, makanan ini menjadi salah satu primadona bagi pecinta kuliner tape.

Untuk mendapatkannya sangat mudah karena di daerah Jalan Jenderal Sudirman dan Teuku Umar atau lebih dikenal dengan daerah Pecinan terdapat banyak toko oleh-oleh penjual Pia Tape.

8. Tape Bakar

Tape Bakar
Tape Bakar

Tape di Bondowoso ini juga bisa di sajikan dengan cara berbeda seperti di bakar, yang tentunya memberikan cita rasa yang berbeda dengan tape yang biasa kita makan.

Rasa tape bakar ini cukup unik yaitu perpaduan manis, dan juga terdapat aroma singkong bakar. Tape bakar ini juga tersedia dengan berbagai rasa seperti rasa Coklat, Nanas, Pisang, Gula Jawa, Keju dan banyak lagi.

Untuk kemasan dari Tape bakar ini juga cukup rapi dan sangat cocok untuk di jadikan oleh-oleh khas bondowoso saat pulang nantinya.

Kalian bisa mendapatkan Tape bakar ini dengan cukup mudah karena banyak di jual di toko dan pusat oleh-oleh yang ada di Bondowoso.

9. Rujak Gobet

Rujak Gobet
Rujak Gobet

Sebagai daerah yang terkenal sebagai daerah penghasil singkong, masyarakat Bondowoso membuat singkong menjadi banyak varian makanan, salah satunya adalah menjadikan singkong sebagai bahan dasar rujak.

Rujak Gobet merupakan rujak khas Bondowoso yang berbahan dasar singkong. Rujak gobet terdiri dari bahaban dasar singkong kemudian dikombinasikan dengan timun, kemudian ditambahkan bumbu rujak yang dibuat dengan petid Madura.

Jika biasanya rujak dicocol dengan bumbu, hal ini berbeda dengan rujak gobet, dimana singkong, timun dan bumbu rujak disiram kuah yang melimpah di mangkok.

10. Tapai ngambeng

Tapai ngambeng
Tapai ngambeng

Bicara soal makan kalau tak diakhiri dengan minuman bisa seret ya gan. Bondowoso juga memiliki minuman khas yaitu tapai ngambeng. Tapai ngambeng merupakan minuman yang terbuat dari bahan tape, gula, air kapur, bahan-bahan tersebut dicampur menjadi satu.

Air kapur berfungsi supaya tapai tidak hancur karena terurau air gula. Soal rasa jangan ditanya, karena tapai ngambeng memiliki rasa unik yang khas.

11. Kopi Blankon

Kopi Blankon
Kopi Blankon

Buat anda para pecinta kopi dan sedang berada di Bondowoso, anda harus mencoba kopi yang satu ini yaitu kopi Blankon.

Komposisi kopi ini sangat unik dengan bahan tambahan seperti serai, kunyit, jahe, kayu manis dan jeruk puruk sebagai penyedap Kopi. Proses Pembuatan Kopi yang satu ini sama seperti pembuatan kopi pada umunya.

Salah satu tempat yang menjual kopi blankon ini adalah di Nine Coffee Roastery di Jalan Brigol Sudarlan Nomor 266, Bondowoso, Jawa Timur.

Itulah 11 makanan khas Bondowoso yang kami rekomendasikan untuk anda. Jika penasaran dengan rasa dari makanan-makanan di atas kalian bisa datang langsung ke Bondowoso. Semoga ulasan kami ini bisa bermanfaat untuk kalian semua.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat