Makanan Khas Bojonegoro yang Tidak Boleh Dilewatkan

Makanan Khas Bojonegoro – Bojonegoro adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang masyarakatnya masih teguh menjaga dan merawat adat budaya dan warisan nenek moyangnya. Selain terkenal dengan budayanya yang masih terjaga, kabupaten Bojonegoro memiliki sejumlah makanan dan minuman khas yang sulit untuk dilewatkan. Wisatawan yang berkunjung biasanya langsung menyerbu pusat dan toko oleh-oleh di kawasan bojonegoro.

Inilah beberapa makanan khas dan oleh-oleh dari kabupaten Bojonegoro yang bisa anda jadikan buah tangan untuk keluarga dan teman di rumah.

1. Keripik Jahe

Keripik Jahe
Keripik Jahe

Keripik singkong atau pisang mungkin terlihat biasa untuk Anda namun bagaimana kalau itu keripik jahe..?

Di Bojonegoro punya oleh-oleh keripik jahe yang wajib Anda coba. Terbuat dari jahe pilihan, keripik yang satu ini punya rasa yang manis dan sedikit pedas. Anda akan merasakan sensasi hangat ketika memakannya.

Salah satu produsen keripik jahe yang sangat terkenal di Bojonegoro adalah Keripik Jahe Pak Eco. Terbuat dari Jahe pilihan yang diolah dengan resep khusus tanpa bahan pemanis dan pengawet buatan, keripik ini bisa jadi camilan sehat untuk oleh-oleh kerabat di rumah.

Rasa dan renyahnya keripik jahe dari Pak Eco ini bisa menjadi teman ngemil yang nikmat untuk Anda.

2. Keripik Tempe

Keripik Tempe
Keripik Tempe

Selain keripik jahe, ada jenis keripik lain yang saying jika anda lewatkan. Keripik tempe termasuk kedalam makanan khas Bojonegoro yang mempunyai rasa gurih dan kriyuk ketika digigit.

Keripik Bojonegoro tidak hanya digoreng kering tapi juga di goreng menggunakan tepung sebagai pelapis yang pastinya akan menambah rasa krispi itu sendiri. Makanan renyah yang satu ini dapat kamu temui di tempat oleh-oleh khas Bojonegoro harganya masih terjangkau dan dapat bertahan lama.

3. Ender-Ender

Ender ender
Ender ender

Makanan khas Bojonegoro lainya yang sangat cocok di jadikan oleh-oleh yaitu ender-ender. Bentuk dari ender-ender adalah lebar dengan rasa manis dan bertekstur gurih. Ender-ender ini merupakan makanan tempo dulu yang masih banyak di minati hingga sekarang.

Sekarang makanan ini sudah diolah sedemikian rupa serta dikemas dalam kemasan yang lebih modern sehingga bisa bersaing dengan makanan kekinian lainnya. bahan pembuatan ender-ender ini berbahan dasar ubi jalar yang di proses dengan bahan baku lainnya.

Terdapat dua varian rasa dari ender-ender khas Bojonegoro ini yaitu Rasa manis dan Rasa Gurih.

Baca juga : Makanan Khas Mojokerto

 4. Balung Kuwuk

Balung Kuwuk Khas Bojonegoro
Balung Kuwuk Khas Bojonegoro

Camilan lain dari Bojonegoro yang bisa untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh adalah balung kuwuk. Meskipun memiliki nama ‘balung’ tapi tidak menggunakan balung atau tulang sama sekali dalam pembuatannya.

Ini merupakan kuliner yang berbahan dasar ketela pohon. Karena bisa dibilang ketela pohon banyak sekali ditemukan di Bojonegoro.

 5. Gethuk Lindri

Gethuk Lindri
Gethuk Lindri

Makanan khas Bojonegoro berbahan dasar singkong ini tidak kalah populernya dengan jajanan lain. Jajanan Gethuk ini sangat pupuler di indonesia dan sudah menjadi makanan khas di Bojonegoro.

Bahan Dasar pembuatan gethuk ini adalah singkong yang di olah dengan beberapa bahan lain sehingga menjadi Gethuk atau juga bisa di sebut Gethuk lindri khas Bojonegoro.

Gethuk lindri ini terdapat dua warna utama yaitu warna kuning dan warna putih, sebelum disajikan gethuk ditaburi parutan kelapa yang pasti akan membuat gethuk ini sangat nikmat saat di makan.

 6. Ledre Khas Bojonegoro

Ledre Khas Bojonegoro
Ledre Khas Bojonegoro

Ledre adalah salah satu makanan khas Bojonegoro yang populer dan terkenal, tidak hanya terkenal makanan yang satu ini bisa dijadikan oleh-oleh oleh orang yang berkunjung ke Bojonegoro, rasanya yang enak dan gurih menjadikan makanan ini laris dipasaran.

Selain enak dan gurih, ledre juga mempuyai rasa yang manis, bahan untuk pembuatan ledre ini sangat sederhana, yaitu tepung terigu, tepung beras, dan gula. Bahan utama pembuatan ledre adalah pisang raja yang menjadi sumber dari aroma dari ledre.

 7. Serabi Khas Bojonegoro

Serabi Khas Bojonegoro
Serabi Khas Bojonegoro

Siapa yang tidak kenal serabi…? Makanan khas Bojonegoro ini memang ada di beberapa daerah alin selain di Bojonegoro, serabi banyak diterima di masyarakat Indonesia karena rasanya yang manis ada serabi juga bisa di kembangkan dan dijadikan sebagai makanan modern.

Serabi ini dibuat dengan bahan dasar beras dan campuran bahan lainnya, makanan serabi ini mudah dan banyak ditemui di Kabupaten Bojonegoro, serabi biasanya hadir pada saat pagi hari saja, karena serabi biasanya dijadikan makanan untuk sarapan sebelum memulai aktivitas.

 8. Wedang Tape

Wedang Tape
Wedang Tape

Wedang tape ini merupakan minuman khas Bojonegoro yang sangat di gemari oleh masyarakat Bojonegoro. Bahan dasar pembuatan wedang tape ini yaitu tape ketan hitam yang di campur dengan santan yang panas.

Wedang tape ini sangat cocok untuk di nikmati pada malam hari yang dingin saat hutan turun. Bagi kalian yang ingin menikmati enaknya Wedang tape ini, anda bisa datang ke jalan KH Mansyur di Bojonegoro.

Di Tempat tersebut terdapat warung yang khusus menyediakan Wedang Tape khas Bojonegoro. Warung ini sangat ramai di kunjungi dan sudah berdiri sejak tahun 1950.

 9. Salak Wedi

Salak Wedi
Salak Wedi

Tidak seperi salak pada umumnya, salak wedi khas Bojonegoro ini memiliki rasa yang manis dan agak berpasir. Rasa manis yang sedikit berpasir inilah yang menginspirasi nama dari buah salak dari Bojonegoro ini, yaitu salak wedi atau salak pasir.

Salah wedi ini sangat mudah untuk di temui dai kabupaten Bojonegoro. untuk harga dari Salak wedi ini cukup murah, atau bahkan anda bisa membeli salak wedi ini langsung dari petaninya di Desa Wedi, Bojonegoro.

10. Belimbing Ngringinrejo

Belimbing Ngringinrejo
Belimbing Ngringinrejo

Buah khas Bojonegoro yang selanjutnya adalah blimbing Ngringinrejo. Buah ini memiliki rasa yang manis dan segar. Aroma dan bentuknya pun sangat menarik sehingga pas jika dikonsumsi anda yang sedang menjalankan program diet.

Blimbing Ngringinrejo banyak dihasilkan di daerah Desa Ngringin yang masuk dalam wilayah administrasi Kecamatan Kalitidu. Sama halnya dengan salak wedi diatas, anda akan mendapatkan blimbing Ngringinrejo dengan harga murah jika datang langsung ke sentra penghasil buah ini di Desa Ngringin.

11. Dadar Jagung Khas Bojonegoro

Dadar Jagung Khas Bojonegoro
Dadar Jagung Khas Bojonegoro

Makanan khas Bojonegoro selanjutnya adalah dadar jagung yang dibuat dari campuran jagung, tepung tapioka, telur, dan tambahan bumbu berupa daun bawang, cabai, bawang merah, bawang putih, ketumbar, kencur, garam, gula, dan sedikit penyedap rasa.

Cara membuat dadar jagung khas Bojonegoro cukup mudah. Pertama-tama serut jagung terlebih dulu kemudian ditumbuk hingga cukup halus. Tumbukan jagung sisihkan terlebih dulu lalu haluskan semua bahan bumbu, campur dengan tepung tapioka, daun bawang, dan juga jagung yang telah ditumbuk.

Setelah itu aduk hingga rata dan bentuk menjadi bulatan kecil memakai sendok. Goreng dengan api sedang dan dadar jagung khas Bojonegoro siap untuk disajikan.

Baca juga : Makanan Khas Jombang

12. Nasi Flambe

Nasi Flambe Khas Bojonegoro
Nasi Flambe Khas Bojonegoro

Nasi flambe adalah nasi campur yang terdiri dari nasi putih hangat, ayam suwir, telur orak arik, udang goreng, dan juga sambal terasi. Sambal terasi dalam nasi flambe ini sangat pedas sehingga cocok dipadukan dengan lauk pauk dan menjadi menu andalan saat makan siang.

Rumah makan yang menyediakan menu andalan nasi flambe adalah warung Dumi Express yang terletak di Jalan Rajawali, Kelurahan Karang Pacar, dekat SMPN 5 Bojonegoro. Satu porsi nasi flambe dijual dengan harga yang terjangkau dan mampu membuat perut anda yang lapar menjadi kenyang.

13. Wader Kali

Wader Kali
Wader Kali

Makanan khas Bojonegoro yang terakhir adalah wader kali. Wader kali nikmat disantap dengan sambal khas Bojonegoro atau sambal terasi.

Wader merupakan ikan sungai yang banyak ditemukan di sepanjang Sungai Bengawan Solo yang mengalir di wilayah Bojonegoro. Bentuk dari ikan wader ini sangat kecil hanya sebesar ruas jari tangan.

Membeli oleh-oleh saat pergi berlibur akan memberi kepuasan tersendiri, terlebih buah tangan yang anda beli adalah makanan atau barang yang memang unik dan hanya terdapat di daerah yang kita kunjungi.

Demikianlah ulasan kami tentang beberapa makanan khas Bojonegoro. Semoga ulasan ini bisa membanut dan bermanfaat untuk kalian semua.

Thanks…..

2 comments
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Nagasari atau Sumping
Read More

15+ Makanan Khas Banyuwangi Yang Unik, Enak dan Sudah Terkenal!

Makanan Khas Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten yang biasanya di kenal dengan sebutan Bumi Blambangan ini tak hanya terkenal dengan cerita legenda Damarwulan dan Adipati Minak Djinggo nya saja. Terdapat berbagai macam kuliner dari ayng berupa jajanan pasar sampai makanan yang unik seperti rujak soto. Kalian bisa ... Read more
Tahu Lontong Khas Trenggalek
Read More

Makanan Khas Trenggalek yang Melegenda Hingga Saat Ini

Makanan Khas Trenggalek – Kabupaten Trenggalek adalah salah satu kota yang berada di pesisir Jawa Timur. Selain terkenal dengan pantai pasir putihnya kota ini juga wisata unik lainya yaitu makanan khasnya. Berbagai macam makanan bisa dijumpai, mulai dari resep makanan tradisional, minuman dan jajanan atau cemilan yang biasa dijadikan oleh-oleh. Berikut list dari makanan khas ... Read more
makanan khas lumajang
Read More

7 Makanan Khas Lumajang Yang Wajib Dicoba, Tapi Awas Ketagihan !

Makanan Khas Lumajang – kalau kalian sering pergi hiking, maka kabupaten lumajang di jawa timur ini pasti tak asing buat kalian. Kabupaten ini terkenal akan gunung semerunya. Tapi yang kita kali ini bukan alamnya ya gan, tapi makanannya. Di lumajang ini bisa dibilang makanannya unik-unik baik dari segi menu, resep, rasa dan dengan cirri khasnya ... Read more
Sate Landak
Read More

Makanan Khas Batu Malang yang HARUS KUDU WAJIB Kalian Coba !!

Makanan Khas Batu Malang – Berwisata ke malang pasti tidak lengkap jika tidak mengunjungi juga kota Batu, daerah pegunungan yang sejuk dan subur. Tak hanya menawarkan wisata alamnya yang indah, di kota Batu juga banyak terdapat warung dan tempat makan yang menjajakan kuliner khas malang yang murah dan pastinya enak. Untuk kalian yang belum tahu ... Read more