11 Makanan Khas Blitar yang Membuat Perut Keroncongan

Makanan khas Blitar – Setiap pergi berlibur ke suatu kota atau tempat wisata yang dituju pertama kali pasti pusat oleh-oleh. Kali ini kami akan memahas tentang makanan khas, jajanan tradisional, minuman dan aneka oleh-oleh khas dari kota Blitar, Jawa Timur.

Berikut adalah Makanan dan oleh-oleh khas dari kota Blitar.

1. Nasi Ampok

Nasi Ampok Khas Blitar
Nasi Ampok Khas Blitar

Nasi ampok adalah nasi yang terbuat dari jagung yang di tumbuk halus dan di kukus. Makanan khas ini sangatlah digemari dari zaman dulu hingga sekarang.

Dulu awal mula terbentuknya nasi ampok di karenakan harga beras yang mahal, bersamaan dengan berlimpahnya panen jagung pada masa itu dan tercetuslah sebuah gagasan untuk membuat sebuah makanan pokok pengganti beras yaitu nasi yang terbuat dari jagung ini.

Nasi jagung ini biasa disajikan dengan ikan asin, sayur rebus, dan juga sayur lodeh pedas serta masih banyak lagi lauk yang disajikan. Karena cita rasa yang sangat unik inilah banyak orang yang sangat menyukainya bahkan semua kalangan dari muda hingga yang tua

2. Wajik Kletik

Wajik Kletik Khas Blitar
Wajik Kletik Khas Blitar

Wajik kletik ini merupakan makanan yang biasanya di beli oleh wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata di Blitar. Wajik Kletik ini merupakan salah satu makanan Khas Blitar yang sangat terkenal yang terbuat dari bahan dasar dari Gula Kelapa dan Beras Ketan.

untuk kemasan dari Wajik Kletik ini yaitu di kemas sangat sederhana yaitu di Bungkus dengan menggunakan kulit jagung yang sudah di keringkan.

Tidak hanya di buat untuk oleh-oleh khas Blitar saja, namun biasanya Wajik Kletik ini di sajikan dalam acara-acara seperti hajatan ataupun acara penting lainnya. Untuk Rasa dari Wajik Kletik ini memiliki rasa yang manis dan gurih dan mempunyai tekstur Kletik-kletik saat di makan.

3. Es Pleret

Es Pleret
Es Pleret

Setelah mencoba beberapa makanan khas di Blitar, sudah saatnya untuk mencoba beberapa minuman Khas Blitar yaitu Es Pleret.

Es Pleret ini sendiri merupakan minuman es yang berbahan dasar dari tepung beras dan di sajikan dengan menggunakan sirup dan santan agar rasanya manis, segar dan juga gurih.

Es yang sangat cocok dikonsumsi ketika siang hari yang terik, menghilangkan dahaga dan membasahi tenggorokan yang kering.

Udah kebayang kan betapa nikmatnya es ini, pada dasarnya pembuatan pleret atau isian yang berbentuk bulat itu menggunakan tepung beras jadi tanpa diberi pemanis menjadikan rasa yang disajikan menjadi hambar.

Tapi tenang dalam es ini masih banyak pelengkap yang lain yang menunjang rasa dari pleret itu sendiri.

Baca juga : Makanan Khas Madiun

4. Es Drop

Es Drop
Es Drop

Kalau masih belum puas dengan es pleret silakan anda mencoba minuman es Khas Blitar yang satu ini yang bisa menyegarkan tenggorokan anda yaitu es drop. Es drop ini merupakan minuman es yang rupa dan bentuknya hampir sama dengan es krim.

Minuman es khas Blitar ini juga sangat terkenal dan banyak di cari oleh wisatawan yang berkunjung ke Blitar. Dalam penyajiannya es drop ini di bungkus degan kertas dan simpan di dalam termos.

Untuk mendapatkan Es ini cukup mudah karena dapat anda temukan di sekitar makam bung Karno, Alun-alun Blitar dan tempat wisata lainnya di Blitar.

5. Soto Daging Khas Blitar

Soto Daging Khas Blitar
Soto Daging Khas Blitar                     

Soto Daging ini merupakan khasnya kota Blitar. Kamu bisa menemukan wisata kuliner ini di tempat makan bernama Soto Daging Bok Ireng.

karena ada yang khas dari soto ini, seperti daging yang berwarna hitam dan juga kuah soto special yang berbumbu rempah-rempah yang sangat khas yang sangat membuat air liur serasa ingin terjun bebas ketika masih mencium aroma soto ini.

Di warung bok ireng ini, kamu bisa menyantap soto yang rasanya sangat spesial. Kemudian, kamu bisa datang ke Jalan Cokroaminoto untuk membelinya dengan harga yang tidak terlalu mahal.

6. Uceng Goreng 

Uceng Goreng 
Uceng Goreng

Uceng merupakan ikan air tawar yang hidup di sungai. Bentuk dari ikan ini adalah bulat dan memanjang dan besarnya kira-kira sebesar jari kelingking. Ikan Uceng dapat disajikan dalam beberapa menu seperti Sayur Uceng, Bothok Uceng dan Uceng Goreng.

Kamu juga bisa memakannya dengan nasi hangat ditemani dengan sambal. Rasanya yang gurih sebagian membuat kamu ketagihan dan ketagihan lagi.

Salah satunya adalah warung Uceng Sukaria yang terletak di Jalan Cokropati Desa Babadan, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar. Selain digoreng, uceng juga sering dijadikan peyek.

7. Peyek Uceng

Peyek Uceng
Peyek Uceng

Setelah diolah dengan cara di goreng ikan uceng juga bisa diolah sebagai peyek dengan tekstur yang lebih renyah. Peyek ini juga sering disajikan sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan.

Cara membuatnya pun mudah yaitu dengan tepung beras, sagu, santan, daun jeruk, dan uceng. Untuk rasanya, makanan ini terasa sangat renyah dan gurih ketika dimakan.

8. Tahu Bumbu Lawu

Tahu Bumbu Lawu
Tahu Bumbu Lawu

Tahu Bumbu Lawu ini merupakan sebuah racikan dari potongan lontong, tahu setengah matang, tauge, kerupuk, sambal dan ditambah dengan bumbu yang dapat menambah selera makan anda.

Walaupun tampilannya cukup sederhana namun rasanya sangat menggugah selera. Tempat yang menjadi rekomendasi untuk mencicipi tahu bumbu lawu terletak di Jalan Lawu Blitar.

9. Geti Khas Blitar

Geti Khas Blitar
Geti Khas Blitar

Jika kamu mencari oleh-oleh manis khas Blitar, maka Geti bisa menjadi pilihanmu yang tepat. Geti adalah kuliner tradisional khas Blitar yang terbuat dari kacang tanah, gula merah, dan wijen.

Jajanan ini sering dijadikan buah tangan bagi para pelancong yang berkunjung. Rasanya yang khas dan enak membuat makanan ini banyak disukai oleh banyak orang.

10. Susu Jahe Khas Blitar

Susu Jahe Khas Blitar
Susu Jahe Khas Blitar

Selain 2 minuman yang menyegarkan di atas, terdapat juga minuman hangat yang akan menghangatkan tubuh anda ketika udara sedang dingin-dinginnya yaitu Susu Jahe Khas.

Susu Jahe di Blitar ini  memiliki rasa yang sangat nikmat dan pas untuk menemani anda bersantai di malam hari yang dingin. Untuk Mendapatkan Susu Jahe ini cukup mudah yaitu anda bisa temukan di tempat para pedagang STMJ yang menggunakan gerobak di pinggir jalan.

Baca juga : Makanan Khas Madura

11. Beras Cerdas

Beras Cerdas
Beras Cerdas

Kali ini bukan makanan jadi ya gan, bahan pokok yang satu ini adalah hasil inovasi anak bangsa.

Beras cerdas adalah beras buatan untuk pengganti beras pada umumnya. Pebisnis muda dari Blitar ini menjadikan beras ini sebagai beras yang bernilai gizi tinggi.

Sebab pembuatanya dari berbagai campuran vitamin, susu, ektrak sayuran, dan masih banyak yang lain jadi banyak manfaat yang dikandung. Karena manfaatnya ini beras cerdas banyak dijual di toko-toko oleh-oleh.

Para pelancong yang mencari beras ini biasanya karena tau bahwa selain enak beras ini juga bisa digunakan untuk makanan balita dan yang lebih mengagumkan lagi adalah beras ini bisa menekan gula darah dalam tubuh.

Jadi salah satu makanan yang menyehatkan khas Blitar ini sangatlah recomended untuk kebutuhan sehari-hari.

Itulah secara singkat kami ulas tentang makanan khas Blitar dan oleh-olehnya. Semoga ulasan ini bisa membantu anda ketika berkunjung ke Blitar dan tidak tahu ingin membeli oleh-oleh apa.

Terima kasih……

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like
Nasi Campur Nyak Nyong
Read More

Makanan Khas Probolinggo yang Uenak Tapi Harganya Murah !

Makanan Khas Probolinggo – Kota Probolinggo, Jawa Timur memang memiliki banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi. Saat dilanda lapar kala berlibur, tentunya kuliner daerah sekitar nggak boleh ketinggalan. Di kota ini sendiri terdapat banyak makanan asli Probolinggo khas dengan cirinya sendiri. Sebagai traveler sejati, tentu selain makanan jangan lupa untuk membeli oleh-oleh dan souvenir ... Read more
Tape Bakar
Read More

11 Makanan Khas Bondowoso Yang Sayang Dilewatkan Kalau Liburan Kesana

Makanan Khas Bondowoso – Masing-masing daerah di Indonesia memiliki ciri khas sendiri, mulai dari tempat wisata, budayanya, adat, bahasa hingga makanan. Membawa makanan khas yang terkenal sebagai oleh-oleh untuk keluarga atau teman adalah sebuah tanda bahwa Anda mengunjungi daerah penjaja makanan khas tersebut. Kali ini kami akan memerikan rekomendasi makanan khas dari Bondowoso, bagi kalian ... Read more
Makanan Khas Tulungagung Sompil
Read More

10+ Makanan Khas Tulungagung yang Wajib Dicicipi Wisatawan

Makanan khas Tulungagung – Berkunjung dan berwisata ke suatu daerah tak lengkap jika tidak mengunjungi pusat atau toko yang menyediakan oleh-oleh dan makanan khas dari kota dikunjungi. Membahas makanan, kali ini kami akan memberikan daftar referensi makanan khas dari kota Tulungagung, Jawa Timur. 1. Ayam Lodho Makanan Khas Tulungagung yang pertama adalah Ayam Lodho Bakar. ... Read more
Read More

12 Pilihan Makanan Khas Jember Yang Terkenal Enak Beraneka Ragam Pastinya

Makanan Khas Jember – Setiap melancong ke suatu daerah pasti yang terpikirkan pertama adalah makanan, oleh-oleh, dan souvenir. Kali ini yang akan kami ulas adalah makanan khas dari Jember. Camilan dengan nama unik seperti suwar-suwir, es domino pasti membuat kalian penasaran akan bentuknya. Kami sudah buat daftar makanan khas Jember yang kami rekomendasikan untuk kalian ... Read more