11 Daftar Makanan Khas Bengkulu yang Menggugah Selera

Makanan Khas Bengkulu | Terletak di pesisir pulau Sumatra, Bengkulu dinobatkan sebagai kota yang punya ragam panorama. Keindahan panorama tersebut diwujudkan dalam bingkaian objek wisata yang memanjakan mata. Berwisata ke kota ini, rasanya belum lengkap jika tidak mencicipi makanan khas Bengkulu yang menggoda selera.

Perlu kalian ketahui, Bengkulu punya cita rasa spesial dalam olahan kuliner. Tak heran jika banyak wisatawan mengincar berbagai menu populer tersebut. Penasaran? Berikut disajikan beberapa menu pilihan punya kota Bengkulu yang wajib kalian coba.

1. Tempoyak Ikan Patin

Tempoyak Ikan Patin

Pasti kalian sudah tidak asing lagi jika durian bisa diolah secara beragam. Biasanya, durian digunakan sebagai bahan pelengkap untuk kue maupun minuman. Uniknya, kalian bisa mencicipi buah durian dalam olahan ikan patin yang masuk dalam menu yang namanya Tempoyak.

Tempoyak sendiri merupakan makanan khas Bengkulu yang sudah diakui kelezatannya. Diolah bersama bumbu-bumbu pilihan yang meresap secara sempurna ke daging ikan patin. Dalam proses pengolahannya, ikan patin dicampurkan tempoyak yang merupakan hasil fermentasi. Ikan yang digunakan harus segar untuk menjaga cita rasa masakan.

2. Bagar Hiu

Bagar Hiu

Masakan dengan bahan utama ikan laut tentunya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Pada umumnya, jenis ikan laut yang dimasak pun beragam terdiri dari: ikan salmon, ikan belida, dan ikan tenggiri. Di kota Bengkulu, ternyata ada menu pilihan yang jarang ditemukan, yaitu bagar hiu.

Bahan utama pembuatan makanan ini berasal dari daging ikan hiu. Disajikan dengan nikmat bersama kuah yang kental. Daging yang dipilih bukan daging sembarangan, masyarakat Bengkulu sengaja memilih ikan hiu jenis punai. Tujuannya agar dagingnya tidak terlalu amis ketika diolah.

3. Lema

Bengkulu masih punya produk olahan kuliner dari hasil fermentasi, yaitu Lema. Makanan ini diciptakan oleh Suku Rejang dan resepnya diwariskan secara turun-temurun. Dari segi penyajiannya, hidangan ini sekilas memang mirip dengan tempoyak. Alasannya karena diolah dengan metode fermentasi.

Perbedaan antara menu lema dan tempoyak terletak pada bahan baku yang digunakan. Bahan baku lema berasal dari rebung yang dicampur dengan ikan mujaer. Proses pengolahannya dilakukan dengan mencampur semua bahan.

Ketika sudah selesai, makanan khas Bengkulu ini dibungkus daun pisang, kemudian ditutup selama beberapa hari. Meskipun aromanya kurang sedap saat dimasak, rasanya dijamin lezat saat disantap.

Baca juga : Makanan Khas Bangka Belitung

4. Pendap

Pendap

Menu tradisional yang masih dilestarikan masyarakat Bengkulu sampai saat ini, salah satunya Pendap. Konon, menu ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Bahan baku pembuatannya berasal dari beraneka ragam ikan. Ikan-ikan tersebut kemudian dikombinasikan dengan racikan bumbu rempah-rempah yang terdiri dari: kelapa muda, bawang putih, kencur, dan cabai.

Setelah dimasak, pendap dikemas dengan daun talas. Tujuannya agar menciptakan aroma wangi pada daging ikan. Makanan khas Bengkulu ini harus direbus selama kurang lebih delapan jam. Tentunya proses tunggu yang memakan waktu lama tersebut bisa terbayar tuntas oleh kelezatannya.

5. Kue Lepek Biniti

Kue Lepek Biniti

Kota pemilik julukan “Bumi Raflesia” ini juga punya menu populer, yaitu kue lepek binti. Kue ini dimasak dari beberapa bahan utama, seperti tepung ketan, lengkuas, santan, dan daun salam. Jika dilihat sekilas, penyajiannya mirip dengan kue nagasari karena sama-sama dikemas dengan daun pisang.

Dari segi rasa, tentunya berbeda. Kue lepek binti cenderung lebih manis. Rasa manis tersebut merupakan hal yang harus tetap dijaga sampai sekarang. Harganya bisa dibilang terjangkau, kalian dapat memperolehnya di penjual keliling atau warung-warung terdekat.

6. Bay Tat

Bay Tat

Kue tart merupakan menu yang biasanya ada di perayaan ulang tahun. Di Bengkulu sendiri, menu tersebut diberi nama Bay Tat. Berdasarkan artinya, Bay bermakna induk, sedangkan Tat bermakna kue tart. Bahan baku utama yang digunakan tidak jauh berbeda dengan bahan baku utama kue tart lainnya.

Untuk rasa, bay tat memang terbilang lezat ketika disantap. Bisa kalian gunakan sebagai oleh-oleh untuk kerabat maupun keluarga. Konon, makanan khas Bengkulu ini sering dijadikan jamuan untuk raja. Seiring perkembangan zaman, bay tat juga dikonsumsi masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

7. Manisan Terong

Manisan Terong

Manisan pastinya sudah jadi menu yang familiar bagi masyarakat nusantara. Hampir setiap provinsi di Indonesia menyajikan menu populer ini. Biasanya, bahan baku yang digunakan terbuat dari berbagai jenis buah, yaitu apel, mangga, nanas, nangka, dan lain-lain.

Uniknya, masyarakat Bengkulu mengembangkan menu manisannya dengan bahan baku terong. Mereka mampu menunjukkan bahwa manisan terong memang nikmat, rasanya legit ketika disantap. Soal rasa memang ada yang bilang jika mirip buah kurma. Supaya kalian tidak penasaran? coba cicipi makanan khas Bengkulu satu ini.

8. Kembang Goyang

Kembang Goyang

Kembang goyang merupakan camilan yang kadang-kadang banyak ditemukan di pasaran. Faktanya, makanan ringan tersebut buatan orang Bengkulu dan sampai sekarang masih menjadi makanan favorit. Keunikannya terletak pada bentuknya yang identik dengan bunga.

Cara masaknya juga terbilang unik, yaitu harus digoyang. Maka tak heran jika camilan ini bernama kembang goyang. Rasanya manis dengan tekstur renyah saat dimakan. Harganya terjangkau, bisa dijadikan oleh-oleh yang tepat bagi keluarga. Cocok juga dijadikan sebagai teman perjalanan kalian.

9. Lemang Tapai

Lemang Tapai

Meskipun namanya mirip dengan lema, lemang tapai dipastikan menu andalan yang berbeda. Bahan bakunya saja terbuat dari tapai. Diolah dengan baik bersama campuran beras ketan dan santan. Makanan khas Bengkulu ini juga dibungkus daun pisang untuk menciptakan aroma wangi.

Lemang tapai dimasak dengan cara memasukkannya ke dalam bambu. Kemudian, bambu yang telah berisi lemang tersebut dibakar sampai matang dan beraroma sedap. Soal rasa dijamin mantap, ketika disantap akan lumer di lidah. Menu ini harus kalian coba saat berkunjung ke Bengkulu.

Baca juga : Makanan Khas Riau

10. Rebung Asam Undak Liling

Rebung Asam Undak Liling

Bengkulu juga mengolah kuliner dari bahan baku yang berasal dari rebung atau batang bambu yang masih muda. Nama menu andalan tersebut adalah rebung asam undak liling. Cara pengolahan makanan khas Bengkulu ini memang terbilang lama, tapi soal rasa dijamin gurih dan nikmat di lidah.

Pasalnya, rebung melalui proses perendaman terlebih dahulu. Hal tersebut bertujuan agar rasa asam yang berasal dari rebung bisa hilang. Menu ini dimasak dengan mencampur daging keong. Sebelumnya, rebung asam undak liling dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

11. Kue Perut Punai

Kue Perut Punai

Masyarakat Bengkulu juga mengolah menu yang diberi nama dengan kue perut punai. Alasan pemberian nama tersebut karena menu ini terbuat dari bahan dasar daging burung punai. Bentuknya juga menyerupai perut burung punai sehingga tampilannya juga terbilang menarik.

Makanan khas Bengkulu ini tersedia dalam dua rasa, ada rasa original dan ada rasa manis. Dikemas dalam berbagai ukuran produk, mulai dari kecil hingga yang besar. Sangat cocok dijadikan oleh-oleh. Apalagi harganya juga ramah di kantong.

Demikian informasi tentang daftar makanan khas Bengkulu yang menggugah selera. Semoga bisa menambah wawasan kalian tentang olahan kuliner Indonesia. Ketika berlibur ke Bengkulu, sempatkanlah untuk mencoba berbagai menu spesialnya tersebut. Selamat mencoba.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat