Makanan Khas Batu Malang yang HARUS KUDU WAJIB Kalian Coba !!

Makanan Khas Batu Malang – Berwisata ke malang pasti tidak lengkap jika tidak mengunjungi juga kota Batu, daerah pegunungan yang sejuk dan subur. Tak hanya menawarkan wisata alamnya yang indah, di kota Batu juga banyak terdapat warung dan tempat makan yang menjajakan kuliner khas malang yang murah dan pastinya enak.

Untuk kalian yang belum tahu makanan khas apa saja yang ada di kota Batu, Malang. Berikut adalah list makanan khas dari Batu yang patut kalian coba.

1. Sate Kelinci

Sate Kelinci Khas Batu Malang
Sate Kelinci Khas Batu Malang

Kuliner ini yang merupakan olahan sate biasa yang mana masih menggunakan bumbu saus kacang sebagai pelengkapnya. Akan tetapi yang menjadi pembeda adalah bahan dasarnya yang menggunakan daging kelinci bukan daging ayam atau kambing. Menarik bukan!

Jadi pada dasarnya daging kelinci apabila diolah dengan benar akan terasa empuk dan enak untuk dimakan, apalagi di tambah dengan guyuran bumbu saus kacang di atasnya tentu akan menjadi santapan yang tepat bagi para pecinta kuliner yang berburu kuliner khas Kota Batu.

2. Sate Landak

Sate Landak
Sate Landak Khas Batu Malang

Masih seputar sate nih…!! Kuliner ini adalah salah satu makanan yang wajib kamu santap saat berkunjung ke Kota Batu, Malang. Sate ini menggunakan daging landak yang biasa ditemukan di hutan. Uniknya, sate landak ini memiliki tekstur yang empuk dan gurih sehingga menjadi hidangan yang cocok sambil menikmati suasana liburan.

3. Pecel Kawi

Pecel Kawi Khas Batu Malang
Pecel Kawi Khas Batu Malang

Banyak daerah yang memiliki makanan khas berupa pecel dan tentunya memiliki ciri dan rasa yang berbeda tiap daerahnya.

Pecel ini memang khas Kota Batu di Malang. Dimana dijual di Jalan Kawi sehingga namanya dinamakan sebagai Pecel Kawi khas Kota Batu.

Pecel Kawi ini berbeda dengan pecel kebanyakan dalam hal rasa, karena guyuran bumbu kacangnya yang menjadikan pecel ini lebih manis, gurih, dan asin sehingga bumbu kacang yang digunakan terasa sangat spesial.

4. Serabi Kota Batu

Serabi Kota Batu
Serabi Kota Batu

Serabi di daerah Kota Batu di Malang ini berbeda dengan serabi yang ada di Kota Solo, baik bentuk, komposisi atau cara makannya.

Kue serabi di daerah Kota Batu ini lebih tebal teksturnya dan disajikan dengan kuah yang sangat manis dan cara memakannya pun wajib mencelupkan ke dalam kuahnya.

Rasa manis yang begitu menggoda selera menjadi rasa yang dominan dari Serabi Kota Batu ini.

5. Pia Mangkok

Pia Mangkok Kota Batu
Pia Mangkok Kota Batu

Anda juga bisa menemukan oleh-oleh lainnya dengan ragam yang bervariasi seperti yang ditawarkan oleh pia mangkok ini. Kue pia yang ternyata tidak hanya populer di kota Jogja tetapi juga di kota Batu ini wajib menjadi oleh-oleh yang tidak boleh Anda lewatkan dari kota Batu adalah.

Di sini kue pia sendiri memiliki varian yang sedikit berbeda yang disebut dengan pia mangkok. Untuk jenis pia ini sendiri adalah pia yang memiliki bentuk seperti mangkok dan dengan tekstur yang sedikit berbeda.

Baca juga : Makanan Khas pProbolinggo

6. Jajan Pluntiran

Jajan Pluntiran
Jajan Pluntiran

Makanan khas yang berbentuk pelintiran panjang ini dan memiliki rasa gurih, manis dan renyah ini membuta banyak orang yang datang ke batu sangat menggemarinya.

Bahkan bisa dibilang, camilan ini menjadi oleh-oleh wajib yang harus anda beli saat melancong ke kota Batu.

7. Putu

Kue Putu Khas Batu
Kue Putu Khas Batu

Putu adalah kue tradisional yang ada di Indonesia. Kue putu ini juga menjadi kuliner yang bisa ditemukan di daerah Kota Batu di Malang. Putu dimasak dengan menggunakan bambu sehingga terdengar begitu melengking di telinga suara yang ditimbulkan dari bambu ini.

Kue ini sangat cocok disajikan dengan isian gula merah dan taburan dari parutan kelapa yang gurih.

Kue putu ini bisa menjadi penghangat badan selama kita berada di Kota Batu. Sebuah sajian kue yang memiliki rasa legit dan manis yang mampu menggoyang lidah kita.

8. Angsle

Angsle Malang
Angsle Malang

Selanjutnya masuk dalam kategori minuman yaitu angsle yang mempunyai rasa manis dan enak. Makanan khas Malang ini semacam minuman yang mirip dengan sekoteng. Dan makanan ini enak jika dalam keadaan panas, jadi cocok untuk malam hari dan ketika cuaca dingin.

Makanan khas Malang ini terbuat dari irisan roti, kacang tanah yang disangrai, dan kacang hijau rebus, dan tambahan petulo atau putu mayang, tape singkong, bubur mutiara dan ketan putih kukus.

9. Bakpao Boldy

Bakpao Boldy
Bakpao Boldy

Bakpao Boldy adalah sajian kuliner khas masyarakat daerah Kota Batu di Malang yang merupakan variasi dari olahan kue Bakpao.

Kue Bakpao merupakan olahan kue tradisional China yang legendaris, di Kota Batu Malang kue Bakpao ini diberik nama Bakpao Boldy.

Asal usul penamaan ini memang berasal dari tempat dijualnya kue Bakpao yang sangat enak di Kota Batu yaitu Jalan Boldy atau sekarang dikenal sebagai Jalan Mangun Sarkoro.

10. Buah Apel Dan Olahanya

Buah Apel Dan Olahanya
Buah Apel Dan Olahanya

Memang tak bisa dipungkiri lagi, apel merupakan buah yang banyak dihasilkan di kota Batu. Selain buah apel itu sendiri, masyarakat sekitar juga menciptakan berbagai variasi atau modifikasi dari buah apel.

Sebut saja cuka apel, sari apel, keripik apel, dan dodol apel. Pada umumnya, semua produk di kemas dengan wadah dengan packaging yang menarik. Bahkan sekarang ini juga dihasilkan keripik dengan bahan buah lainnya, seperti nangka, nanas, durian, dan salak.

11. Keripik Ceker

Keripik Ceker Khas Kota Batu
Keripik Ceker Khas Kota Batu

Selain berbagai olahan yang terbuat dari hasil bumi seperti apel dan buah lainnya, Anda juga bisa menemukan berbagai olahan kreatif lainnya yang ditawarkan oleh beberapa toko oleh oleh di Batu Malang.

Keripik ceker adalah salah satu jenis oleh oleh khas batu Malang yang menawarkan cita rasa yang berbeda dari beberapa jenis keripik lainnya. di sini Anda akan menemukan ceker ayam sebagai olahan keripik yang memiliki rasa yang tak kalah nikmat dengan keripik buah dan juga keripik tempe.

Selain kenikmatan yang ditawarkan oleh keripik ceker ini, Anda juga bisa mendapatkan beberapa manfaat yang ditawarkan oleh keripik ceker seperti kandungan kolagen, asam amino, dan juga kalsium.

12. Madu Klenceng

Madu Klenceng
Madu Klenceng

Anda mungkin sudah cukup familiar dengan berbagai macam jenis madu dan mungkin sudah mengetahui bahwa di Batu, Malang juga dikenal salah satu jenis madu yang terkenal.

Madu klenceng adalah jenis madu yang cukup murah dan juga memiliki banyak manfaat seperti obat anti kanker dan juga untuk memperkuat imun Anda. Madu alami klenceng sudah cukup terkenal akan manfaat yang ditawarkan.

Baca juga : Makanan Khas Situbondo

13. Ketan Susu

Ketan Susu Batu Malang
Ketan Susu Batu Malang

Makanan yang terbuat dari beras ketan putih atau hitam ini merupakan makanan khas kota Batu. Uniknya, di kota ini ketan dipadukan dengan berbagai rasa lainnya, seperti coklat, keju, susu, durian dan lainnya.

Keistimewaan lain dari ketan ini adalah rasanya yang manis dan bentuknya yang sangat lengket namun tetap nikmat untuk disantap. Anda bisa dengan mudah menemukan kuliner ini di sekitar alun-alun kota Batu, Malang.

Itulah daftar makanan khas Batu, Malang yang sayang jika anda tidak mencobanya. Tidak semua makanan khas Batu kami ulas dalam artikel ini, masih banyak makanan lainya yang bisa anda temukan jika berkunjung ke kota Batu.

Semoga ulasan kuliner diatas bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua. Terima Kasih…..

1 thought on “Makanan Khas Batu Malang yang HARUS KUDU WAJIB Kalian Coba !!

Leave a Comment

WhatsApp Chat