15+ Makanan Khas Banyuwangi Yang Unik, Enak dan Sudah Terkenal!

Makanan Khas Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kabupaten yang biasanya di kenal dengan sebutan Bumi Blambangan ini tak hanya terkenal dengan cerita legenda Damarwulan dan Adipati Minak Djinggo nya saja. Terdapat berbagai macam kuliner dari ayng berupa jajanan pasar sampai makanan yang unik seperti rujak soto.

Kalian bisa temukan variasi makanan yang beragam di kabupaten ini. Nah,,, untuk kalian yang ingin tahu apa saja makanan khas Banyuwangi, dibawah ini adalah list makanan yang wajib kalian coba jika sedang berkunjung ke Banyuwangi.

1. Rujak Soto Banyuwangi

Rujak Soto Banyuwangi
Rujak Soto Banyuwangi

Masuk ke makanan khas Banyuwangi yang pertama yaitu, rujak soto. Makanan satu ini adalah fusion dari makanan rujak dan soto, pas seperti namannya. Penggabungan keduanya memberi dimensi rasa yang baru, ada kelezatan ganda setiap kali menyantapnya.

Rujak member sensai rasa segar-pedas sedangkan soto kental dengan rasa gurih dan sedap. Rasa rujak yang sangat segar kemudian juga diguyur dengan kuah yang terdiri dari potongan daging babat serta juga telur puyuh. Dijamin Anda akan ketagihan dan juga ingin mencobanya lagi dan lagi.

2. Sego Tempong

Sego Tempong
Sego Tempong

Kalau makanan yang satu ini cocok buat kalian pecinta makanan pedas. Sego adalah sebutan nasi dalam bahasa Jawa dan ”tempong” dalam bahasa setempat berarti tamparan. Nama ini lahir karena saat menikmati makanan ini, Anda akan serasa ditampar karena saking pedasnya.

Sambal yang disajikan di Sego Tempong memang khas, terdiri atas cabai, tomat, terasi yang dibakar, garam, dan gula. Lauknya adalah tempe, tahu, dan jagung.

3. Nasi Cawuk

Nasi Cawuk
Nasi Cawuk

Nasi Cawuk adalah nasi yang diberi campuran kuah khas yang dibuat dari parutan kelapa muda, jagung muda yang dibakar, timun, cabai, bawang merah, dan bawang putih.

Untuk lauknya tinggal pilih, ada telur pindang atau pepes ikan laut. Sebagian orang juga menyebut menu khas sarapan ini dengan nama Sego Janganan.

Sego Cawuk ini cocok untuk sarapan pagi. Tidak susah untuk mencarinya di wilayah kota Banyuwangi.

Baca juga : Makanan Khas Batu Malang

3. Nasi Kalak

Nasi Kalak
Nasi Kalak

Untuk penggemar nasi rames, pasti akan langsung jatuh cinta dengan makanan khas Banyuwangi yang satu ini. Bentuknya hamper mirip dengan nasi rames, Nasi Kalak terdiri atas seporsi nasi putih dengan mi kuning, tumis wortel dan buncis, tumis tahu, daging cincang halus dan serundeng sebagai pelengkapnya.

5. Pindang Koyong

Pindang Koyong
Pindang Koyong

Bagi kalian pecinta menu ikan, makanan ini tak boleh anda lewatkan. Pindang koyong berbahan dasar ikan tenggiri segar yang diperoleh dari laut sekitar Banyuwangi.

Proses pembuatan pindang koyong ini banyak menggunakan rempah-rempah yang membuat cita rasa makanan ini semakin kaya, seperti sereh, lengkuas, cabai rawit, belimbing wuluh, bawang merah dan bawang putih, serta tambahan daun jeruk.

6. Sop Kesrut

Sop Kesrut
Sop Kesrut

Makanan khas Banyuwangi yang satu ini terkenal dengan rasa pedasnya. Saking pedasnya, setiap orang yang menyantap sop kesrut akan menahan ingus yang keluar dari hidung, atau yang biasa disebut dengan kesrut kesrutan dalam bahasa suku Osing.

Sekilas sup yang satu ini tidaklah berebeda dengan sup jenis lainnya yang biasa Anda makan, hanya saja ada beberapa menu pelengkap yang berbeda yaitu berupa sambal tempong yang sangat khas. Sup kesrut ini juga terbuat dari olahan ayam dengan kuah kaldu yang sangat kental dan juga pedas.

7. Botok Tawon

Botok Tawon
Botok Tawon

Kalau di dengar dari namanya, makanan satu ini agak sedikit ekstrim ya gan. Tawon adalah binatang yang bisanya dibudidayakan untuk diambil madunya. Namun, di Banyuwangi bukan cuma madu yang dimanfaatkan, tapi sarang lebahnya juga diambil.

Ada cara khusus untuk mengolah sarang lebah menjadi makanan enak di Banyuwangi. Terdengar ekstrem si, tapi malah bikin penasaran. Menu ini memiliki rasa yang lebih gurih.

8. Pecel Pitik

Pecel Pitik
Pecel Pitik

Tahukah Anda jika pecel pitik ini merupakan makanan yang biasa disajikan pada acara yang khusus seperti acara adat atau upacara adat dari suku Osing. Suku Osing ini merupakan suku asli di Banyuwangi.

Biasanya makanan ini dibuat untuk kepentingan adat yaitu berupa ayam kampung yang diurap dengan bumbu dan parutan kelapa. Daging ayam terlebih dahulu disuwir-suwir kemudian kelapa yang digunakan juga tidak dimasak. Dengan kata lain, diurap mentah-mentah dengan bumbu.

9. Uyah Asam Pitik

Uyah Asam Pitik
Uyah Asam Pitik

Makanan khas Banyuwangi yang terbuat dari ayam kampung dan campuran bongkot kecombrang ini memberikan sensasi rasa segar sekaligus asam, seperti namanya.

Rasa asam muncul dari irisan belimbing wuluh. Selain itu, kuliner tradisional khas Banyuwangi ini juga disajikan lengkap dengan tambahan sayur-mayur termasuk kacang panjang dan irisan bongkot.

10. Bolu Kuwuk / Kelemben

Bolu Kuwuk atau Kelemben
Bolu Kuwuk atau Kelemben

Masuk ke makanan penutup ni gan….

Jajanan khas banyuwangi yang satu ini terbuat dari olahan tepung terigu dengan campuran telur yang menambah rasa gurih dari kue bolunya serta juga dicampur dengan gula.

Uniknya lagi adalah bentuk dari bolu khas Banyuwangi ini karena bentuknya seperti kura-kura. Bagi masyarakat Suku Osing, jajanan ini adalah pendamping wajib saat menikmati kopi. Makanan khas ini bisa didapatkan di banyak toko oleh-oleh di Banyuwangi.

11. Precet

Precet
Precet

Makanan penutup ini merupakan hasil dari olahan pisang. Pisang direbus lalu dicetak menggunakan alat yang membuatnya berbentuk lunak memanjang. Penyajian makanan khas Banyuwangi ini tidak hanya begitu saja, melainkan disiram kuah santan manis.

Biasanya precet juga akan diberikan pewarna makanan seperti warna hijau, putih atau merah sehingga nampak lebih menarik.

12. Pia Glenmore

Pia Glenmore
Pia Glenmore

Jajanan ini disebut Pia Glenmore karena pusat pembuatannya berada di Kecamatan Glenmore yang terletak di selatan Banyuwangi. Kulit Pia Glenmore lebih kuning kecoklatan.

Sebagian dibentuk lonjong dengan isi yang lebih padat. Pia Glenmore mempunyai banyak varian isian, mulai dari kacang merah, keju, coklat, durian, ayam, strawberry, kurma, hingga pisang keju.

13. Dodol Salak

Dodol Salak
Dodol Salak

Yang ini termasuk makanan yang unik lainnya dari Banyuwangi yaitu, dodol salak. Makanan legit ini merupakan salah satu makanan khas banyuwangi yang patut untuk Anda coba dan juga bisa Anda jadikan sebagai oleh- oleh untuk kerabat Anda.

Dodol salak ini dibuat dengan menggunakan bahan baku berupa salak. Teksturnya bisa dikatakan hampir mirip dengan jenis dodol lainnya hanya saja, rasanya sangatlah nikmat dan juga legit dan juga khas salaknya akan membuat Anda ketagihan.

14. Bagiak

Bagiak
Bagiak

Lanjut ke jajanan berikut….

Bagiak ini merupakan kue yang dibuat dengan menggunakan olahan tepung sagu dan juga memiliki begitu banyak varian rasanya, mulai dari rasa pandan, nangka, keju, kacang, vanilla, jahe dan juga untuk Anda pencinta durian maka Anda juga bisa mencicipi bagiak rasa durian.

15. Nagasari / Sumping

Nagasari atau Sumping
Nagasari atau Sumping

Nagasari atau juga dikenal dengan sumping merupakan salah satu jajanan tradisional Banyuwangi. Kue yang satu ini dibuat dengan cara dikukus dan menggukan bungkusan daun pisang.

Adonan tepung beras, gula pasir dan juga santan kelapa, serta juga beberapa daun pandan yang membuat kue ini semakin harum kemudian di beri isian pisang dan dibungkus daun pisang.

Baca juga : Makanan Khas Probolinggo

16. Ladrang Sabrang

Ladrang Sabrang
Ladrang Sabrang

Masuk ke makanan khas banyuwangi yang terakhir…

Jajanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar ubi ungu. Dengan memiliki cita rasa yang sangat lezat dan juga renyah.

Selain nikmat ladrang sabrang ini juga diyakini bisa untuk membantu Anda untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit Anda seperti penyakit kanker, obesitas dan juga diabetes, hal ini dikarenakan berbagai kandungan gizi yang terdapat pada ubi ungu tersebut.

Itulah beberapa list makanan khas Banyuwangi yang kami rekomendasikan untuk kalian. Kabupaten ini juga terkenal dengan event tahunan Banyuwangi Ethno Carnival.

Jadi, kalau berkunjung ke Banyuwangi jangan lupa utuk nonton Banyuwangi Ethno Carnival dan cicipi makanan khas nya. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat