Ayok Cicipi Makanan Khas Banjarnegara, Efeknya Bikin Nagih Lho!

Makanan khas Banjarnegara salah satu andalan dalam dunia pariwisata Banjarnegara. Namun, kita harus ekstra hati-hati kalo ingin mencicipi kuliner khas Banjarnegara. Efeknya bisa membuat kita menderita karena ingin mencoba lagi. Dan lagi. Kalau tidak percaya, Silahkan mencoba! Tapi sebelum Anda mencoba makanan khas Banjarnegara. Yuk kita cari tahu dulu dimanakah letak dan posisi Banjarnegara?

Kabupaten Banjarnegara selanjutnya kita sebut dengan Banjarnegara merupakan daerah yang berada di bawah pemerintahan propinsi Jawa Tengah. Banjarnegara merupakan salah satu destinasi wisata yang layak diperhitungkan di Jawa Tengah. Panorama alam nan elok mempesona adalah daya tarik yang tidak bisa diacuhkan begitu saja. Selain itu,

Banjarnegara juga memiliki daya tarik lain yaitu makanan khas Banjarnegara yang sungguh menggoda. Selayaknya berplesir ke daerah wisata, tentu tidaklah patut kalo tidak mencicipi kulinernya bukan? Di Banjarnegara memiliki menu andalan yang sungguh membuat lidah ketagihan. Nah, pada kesempatan ini  akan kita intip apa saja yang menjadi kuliner khas banjarnegara nan menggoda sekaligus membuat ketagihan.

1. Soto Krandengan

Soto Krandengan
Soto Krandengan

Soto Krandengan adalah menu andalan utama yang wajib untuk dicicipi. Biasanya wisatawan yang berkunjung ke daerah ini akan mencicipi Soto Krandengan di pagi hari sebelum menjelajah pesona alam Banjarnegara. Bagi Anda yang belum pernah ke Banjarnegara dan bingung dimana bisa menemukan Soto Krandengan ini?

Jangan khawatir, Soto Krandengan ini bisa Anda temukan di alun-alun Banjarnegara. Nah, di alun-alun Banjarnegara akan banyak ditemukan para penjual Soto Krandengan. Rasanya sangat cocok disantap di pagi hari apalagi kalau ditambahkan dengan jeruk nipis. Soto Krandengan ini memiliki ciri khas dibandingkan dengan soto lainnya yaitu kuahnya yang kental dengan bahan santan parutan kelapa.

Kemudian dikombinasikan dengan ketupat, irisan tauge dan tidak lupa potongan daging sapi. Kombinasi yang pas di lidah tentunya.

2. Combro Kalipalet

Combro Kalipalet
Combro Kalipalet

Combro Kalipalet adalah menu andalan Banjarnegara berikutnya. Setelah mencicipi Soto Krandengan, maka lidah Anda akan sulit menolak hidangan yang satu ini. Combro Kalipalet memiliki manfaat yang bagus untuk memperbaiki perasaan Anda, sehingga lebih ceria menghabiskan hari berwisatara ria di Banjarnegara.

Sebenarnya apakah itu Combro? Combro adalah jenis cemilan atau jajanan khas warga Kalipalet. Kalipalet adalah salah satu daerah yang ada di Banjarnegara. Makanan ini merupakan hasil olahan singkong. Biasanya Combro ini disajikan dengan rasa pedas yaitu cabe rawit dan segelas es teh manis.

Combro Kalipalet ini bisa ditemukan di beberapa tempat di Banjarnegara. Adapun tempat-tempat yang bisa ditemukan Combro adalah Argasoka, Kalipalet dan Karangrengah. Jadi, bagi Anda yang suka makanan ringan ketika beriwisata jangan lupa sempatkan dulu beli Combro Kalipalet sebelum berpergian ya!

3. Bakso Ketupat

bakso ketupat
bakso ketupat

Selanjutnya, yang tidak kalah menggodanya adalah Bakso Ketupat Banjarnegara. Menu kuliner ini sangat cocok mengisi perut yang lapar setelah lelah berwisata di daerah Banjarnegara. Bakso Ketupat yang sangat menggoda ini bisa ditemukan di belakang Polres Banjarnegara.

Untuk rasa jangan ditanya? Sangat gurih, lezat dan terasa ingin terus nambah. Namun, bisa jadi Anda berpikir harga semangkok Bakso ketupat ini mahal bagi anda yang memiliki anggaran untuk berwisata pas-pasan. Untuk hal itu jangan terlalu khawatir! Harga semangkok Bakso ketupat sangat mudah dijangaku kantong.

Untuk semangkok Bakso Ketupat di belakang Polres Banjanegara hanya perlu mengocek kantong sebesar Rp. 10.000 saja. Namun, harus sabar antri ya, karena Bakso Ketupat belakang Polres ini selalu ramai pengunjung.

4. Es Dawet Ayu

Es Dawet Ayu
Es Dawet Ayu

Ini merupakan jenis minuman khas ala Banjarnegara. Bahkan Es Dawet Ayu ini telah beredar di beberapa kota di Pulau Jawa. Misalnya Yogyakarta, Semarang dan kota-kota lainnya.

Hanya hanya mencicipi langsung dari tempat asalnya, sensasinya pastilah berbeda bukan? Kalo Anda pergi ke Banjarnegara maka menikmati secangkir Es Dawet Ayu terhukum Wajib lho ya. Kenapa? Karena rasanya akan berbeda kalau Anda mencicipi bukan di Banjarnegara. Untuk rasa yang dihadirkan oleh Es Dawet Ayu ini sungguh sangat menyegarkan.

Ditambah harga yang sangat terjangkau yaitu dikisaran harga Rp. 3.000,- per porsinya. Es Dawet Ayu ini merupakan minuman khas populer dan merakyat di Banjarnegara. Ketika Anda berwisata ke daerah Banjaengara, maka akan sangat mudah menemukannya.

4. Saung Bu Mansyur

Saung Bu Mansyur
Saung Bu Mansyur

Selanjutnya yang juga merupakan menu kuliner yang paling banyak digemari adalah menu kuliner Saung Bu Mansyur. Lokasinya sangat mendukung untuk anda yang ingin melepas lelah setelah penat seharian berjalan-jalan ria. Dikelilingi oleh persawahan dan konsep tempatnya berada di dalam saung yang berdampingan dengan kolam Ikan.

Menu pilihan yang dihidangkan adalah makanan khas tradisional Jawa. Misalnya Cah Kangkung, Goreng Ikan dan Lalapan sekaligus sambal. Dan beberapa menu lainnya yang sungguh sangat menggiurkan.

Mungkin Anda bertanya-tanya dimanakah persis tempat Saung Bu Mansyur ini? Nah, untuk tempatnya berada pada Jalan Kedasih no. 55 Tretek, Parakancanggah, Banjarnegara.

5. Rumah Kopi 2 Banjarnegara

Rumah Kopi 2 Banjarnegara
Rumah Kopi 2 Banjarnegara

Setelah lelah seharian menikmati panorama dan keelokan alam Banjarnegara, malamnya adalah saat yang tepat untuk menikmati malam dengan secangkir kopi. Kalau Anda kebetulan pencinta Kopi, salah satu yang bisa kami rekemondasikan adalah Rumah Kopi 2 Banjarnegara.

Rumah Kopi 2 Banjarnegara ini didesain sangat elegan dengan ornamen hitam putih yang menghiasi interior warung. Untuk melengkapi malam yang hangat Anda juga bisa sekaligus menikmat performa musik akustik secara live setiap malamnya.

Pemilik Rumah Kopi 2 Banjarnegara ini adalah Kibordis Band Rock lawas yaitu Wiwiex Soedarno. Adapun lokasi Rumah Kopi 2 Banjarnegara ini berada di Jl. Dipayuda 2A Banjarnegara yang menyediakan kopi organik khas Banjarnegara.

Pilihan sajian kopi mengusung kopi tradisional Banjarnegara. Untuk sajian kopi Arabica full wash tersedia jenis kopi kalibening, Balun, Wanayasa, Kasmaran dan Babadan. Selain itu, untuk kopi sajian Robusta terdapat pilihan Pesangkalan, Tlaga dan Kalibening. Bahkan kopi khas Banjarnegara ini memiliki kualitas yang tidak kalah dengan kopi-kopi daerah-daerah lain, misalnya Toraja, Gayo, Kintamani dan kopi-kopi daerah lainnya.

6. Bunthil Khas Banjarnegara

Bunthil Khas Banjarnegara
Bunthil Khas Banjarnegara

Bunthil Banjarnegara adalah satu godaan lain dari jenis makanan khas Banjarnegara. Bunthil sebenarnya juga terdapat di daerah lain, hanya saja rasa yang dihadirkan oleh Bunthil Banjarnegara ini tersa berbeda. Bunthil sebenarnya berbahan dasar daun singkong yang berkuah santan kelapa.

Banyak yang telah mencoba Bunthil Banjarengara yang kemudian ingin terus mengulang untuk menikmati lagi.  Selain daun singkong, Bunthil juga dikombinasikan dengan pete dan ikan teri. Sungguh sangat mantap terasa untuk menemani sepring nasi mengepul dan es teh.

Baca juga : Makanan Khas Purwokerto

7. Mendoan Banjarnegara

Mendoan Banjarnegara
Mendoan Banjarnegara

Jika anda pecinta gorengan, rasanya anda tidak akan asing dengan istilah Mendoan bukan? Yup, Mendowan juga termasuk dalam kateogori gorengan. Hanya hanya Mendowan lebih khusus untuk tempe goreng. untuk malam yang hangat di daerah Banjarnegara akan terasa damai kalau ditemani dengan tempe Mendoan Banjarnegara. Memiliki sisi gurih dan lezat sekaligus.

Kombinasi Mendoan biasanya adalah balutan tepung dan irisan daun bawang. Biasanya cita rasa yang semakin menggoda apabila ditambahkan dengan sambal kecap ekstra pedas. Untuk menemukan tempe Mendowan Banjarnegara Anda bisa menemukan di warung-warung pinggir jalan dan pedagan kaki lima di sepanjang jalan Banjarnegara.

8. Mie Ongklok

Mie Ongklok
Mie Ongklok

Sebagai penutup makanan khas Banjarnegara, Anda juga bisa mencicipi Mie Ongklok. Kenapa kita bilang sebagai penutup. Karena biasanya Mie Ongklok dinikmati dipenghujung malam sebelum tidur. Mie Ongklok Banjarnegara ini ditambahkan dengan sate dan kuah pedas. Rasanya sangat nendang di lidah.

Bahannya adalah campuran daging sapi, ayam, ebi, sawi dan kol. Cara meramunya adalah dengan dikocok dengan bumbu khusus. Sehingga Mie Congklok ini sangat spesial dan harganya agak sedikit lebih tinggi dibanding dengan mie kebanyakan.

Nah, demikian lah beberapa makanan khas Banjarnegara yang menjadi andalan yang mana anda harus hati-hati ya mencicipinya. Karena sekali sudah terlanjur mencicipi anda akan menderita ketagihan. Cukup sekian dari saya, selamat berkuliner ria di Banjarnegara!

1 comment
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like