12 Makanan Khas Banjarmasin yang Beda Dari Daerah Lain

Makanan Khas Balikpapan | Setiap berkunjung ke suatu daerah tentunya para wisatawan ingin menikmati berbagai objek wisata yang menyenangkan disana. Biasanya para wisatawan akan menyukai objek wisata dengan pemandangan alam dan sejuk. Atau pemandangan laut yang indah dan begitu menyegarkan.

Karena hal tersebut mampu membuat pikirannya menjadi tenang dan fresh. Selain objek wisata para wisata juga tentu akan mencari makanan khas Banjarmasin ketika singgah ke ibukota Kalimantan Selatan ini. Tentunya makanan ini akan menggugah selera Anda. Berikut ulasannya.

1. Soto Banjar

Soto Banjar

Makanan khas Banjarmasin yang satu ini sudah cukup terkenal di Banjarmasin ataupun di berbagai kota besar lainnya. Karena sangat terkenal maka banyak masyarakat yang menjadi penasaran untuk dapat mencoba makanan yang satu ini.

Kuliner berkuah ini memiliki isian seperti soto pada umumnya seperti ayam dan bihun. Namun, soto Banjar memiliki kuah yang bening. Selain itu, kuliner ini biasanya disajikan dengan ketupat khas Banjarmasin dan sngat enak dikonsumsi dengan nasi hangat.

2. Patin Baubar

Patin Baubar

Mungkin sudah banyak masyarakat yang mengetahui tentang sajian yang satu ini. Patin baubar merupakan kuliner yang berbahan dasar ikan patin yang dipadukan dengan bumbu rempah khas kota Banjarmasin.

Ikan patin ini merupakan salah satu jenis ikan yang banyak ditemukan di sekitar sungai di Banjarmasin. Sehingga tidak akan sulit untuk mendapatkan ikan patin. Ikan juga diolah dengan baik sehingga tidak akan amis ketika dimakan.

3. Ketupat kandangan

Ketupat kandangan

Ketupat kandangan merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin yang cukup menarik untuk dicoba. Ketupat kandangan disajikan bersama kuah yang cukup keruh dan terasa seperti santan. Ketupat kandang ini memiliki tekstur yang lebih kering.

Rasa ketupat kandangan ini sangatlah enak dan tentunya akan membuat Anda ketagihan. Biasanya ketupat kandangan ini akan semakin lengkap jika disajikan dengan ikan serta telur. Anda bisa menambahkan sambal untuk mendapatkan rasa pedas.

Baca juga : Makanan Khas Samarinda

4. Amparan Tatak

Amparan Tatak

Apakah pernah mendengar kuliner bernama Amparan tatak? Kulinrt ini merupakan kudapan khas Banjarmasin. Bahan pembuatnya yakni beras ketan dan juga santan. Kue ini cocok sekali untuk meningkatkan mood Anda.

Untuk isiannya, Amparan tatak ini memiliki isian berupa nangka atau pisang yang telah dibubuhi dengan daun pandan. Jenis kue ini hanya akan Anda temukan di Banjarmasin. Ketika Anda singgah ke Banjarmasin maka Anda wajib mencobanya.

5. Mandai

makanan khas banjarmasin - mandai

Makanan khas Banjarmasin yang satu ini belum banyak dikenal karena namanya terasa asing di telinga masyarakat. Nama kuliner ini yakni Manday yang dibuat dari kulit tiwadak atau cempedak. Buah ini memang menjadi buah khas Banjarmasin yang memiliki rasa yang khas dan sangat lezat.

Kulit cimpedak ini diawetkan dalam waktu tertentu. Sebelumnya, kulit cempedak dicampur dengan garam dan kemudian didiamkan dalam waktu tertentu di dalam wadah tertutup. Semakin lama proses pengawetan, maka akan semakin enak rasa dari sajian ini. Untuk mengolahnya cukup dimasakan di penggorengan.

6. Bingka

Bingka

Bingka merupakan makanan khas Banjarmasin yang biasanya dijadikan sebagai cemilan. Bingka memiliki rasa yang manis dan memiliki tekstur yang lembut namun sedikit berlemak. Kuliner ini dibuat dengan bahan seperti tepung, telur, garam, gula pasir, dan santan.

Sajian ini bisa Anda jadikan sebagai cemilan menonton tv atau ketika Anda mengobrol. Kue ini juga bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk kerabat Anda di rumah. Rasa khas yang terdapat pada bingka ini sangat unik. Sehingga hanya bisa Anda dapatkan di Banjarmasin.

7. Sambal Acan

Sambal Acan

Jika membahas tentang makanan khas Banjarmasin tentu tidak lengkap jika tidak membahas tentang sambal khasnya. Sambal acan merupakan sambal khas dari kota Banjarmasin yang sangat cocok jika disajikan bersama makanan lain diatas piring.

Akan tetapi karena terlalu terkenal maka saat ini sambal acan ini sudah dibentuk dengan kemasan botol yang bisa bertahan lama. Anda bisa menjadikan sambal ini sebagai buah tangan yang unik. Sambal ini akan cocok dimakan dengan makanan lain seperti gorengan, ayam, dan lain-lain.

8. Bubur Baayak

Bubur baayak ini merupakan bubur yang hanya bisa Anda temukan di Banjarmasin. Bubur baayak ini memiliki warna yang kecoklatan dengan perpaduan antara rasa gurih dan manis. Bahan utamanya terdiri dari tepung beras, gandum dan campuran.

Tekstur bubur ini berbentuk kental dan memiliki butiran tepung didalamnya. Bubur ini memiliki cita rasa yang khas dan juga menarik untuk dikonsumsi. Anda bisa menjadikan sajian ini sebagai makanan Anda saat sarapan karena ringan namun bisa mengisi tenaga Anda.

9. Apam Barabai

Apam Barabai

Mungkin jenis makanan ini masih asing untuk kebanyakan orang pada umumnya. Apam barabai biasanya dijadikan sebagai kudapan yang cocok untuk camilan. Apam barabai ini merupakan makanan khas Banjarmasin yang banyak disukai.

Apam barabai dibuat dari santan, tepung beras, gula, dan juga tape singkong yang dibentuk bulat atau tipis. Kue inii memiliki rasa yang legit dan cocok dijadikan teman perjalanan Anda.

10. Gangan Humbut

Gangan Humbut

Gangan humbut adalah makanan khas Banjarmasin dengan rasa manis. Meski cukup manis namun sajian ini bisa dikonsumsi dengan menggunakan nasi panas. Makanan ini bisa Anda jadikan lauk.

Gangan humbut memiliki bahan dasar yakni pohon kelapa muda yang disatu menjadi sebuah nyiur. Kuliner ini menjadi hidangan wajib saat acara hajatan. Ini merupakan makanan yang wajib ketika acara besar.

11. Sayur Kambang Tigarun

Sayur Kambang Tigarun

Makanan khas Banjarmasin ini merupakan jenis lalapan khas orang Banjar yang keberadaan yang sudah sulit untuk ditemui. Kuliner berupa sayuran ini merupakan sayur yang tumbuh di musim tertentu saat mulai mekar bunganya.

Sayur Kambang Tigarun memiliki isi berupa batang, daun dan bunga. Rasa dari sayuran ini cukup pahit, jadi tidak semua orang akan cocok dengan jenis makanan ini. Namun bagi Anda yang penasaran bisa mencobanya.

Baca juga : Makanan Khas Balikpapan

12. Hampap

Hampap

Hampap ini merupakan makanan yang berbahan dasar ikan haruan kering. Ikan ini sendiri telah dikeringkan dalam jangka waktu tertentu. Dalam pengolahannya hampap dicampur dengan menggunakan bumbu khas Banjarmasin yang lezat dan enak dikonsumsi.

Kuliner ini biasanya berisikan ikan gabung yang ditambahkan dengan kacang panjang dan pucuk labu kuning. Hampap juga sangat lezat untuk dikonsumsi dengan nasi yang panas dan dijadikan sebagai lauk.

Itulah beberapa makanan khas Banjarmasin yang sangat menarik yang wajib Anda coba ketika singgah kesana. Ketika Anda merasakan sensasi berbeda dari sebuah masakan daerah tentu Anda bisa merasakan cita rasa dan keunikan daerah tersebut. Tanpa disadari Anda juga bisa secara tidak langsung memahami karakteristik masyarakat sekitarnya.

Makanan dengan bumbu asli Pontianak hanya bisa Anda temukan di Pontianaknya. Jika ada masakan yang dijual namun diluar dari daerahnya maka belum tentu rasanya sama. Akan lebih berkesan jika Anda mencobanya di tempat asalnya.

Leave a Comment

WhatsApp Chat