12 Makanan Khas Bangka Belitung Terlezat yang Wajib Di Coba

Makanan Bangka Belitung | Provinsi Bangka Belitung memiliki berbagai kepulauan yang eksotis serta produksi Timah terbesar di Indonesia. Bahkan Bangka Belitung pernah menjadi salah satu lokasi syuting film besutan Andrea Hirata Laskar Pelangi. Disini Anda juga dapat menemukan makanan khas Belitung yang terkenal lezat.

Bagi Anda yang sangat penasaran mengenai berbagai macam kuliner khas yang ada di Pulau Laskar Pelangi ini. Berikut adalah beberapa rekomendasi makanan yang wajib Anda cicip ketika berkunjung ke Bangka Belitung.

1. Sup Gangan

Sup Gangan

Sup gangan merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung yang cukup populer disana. Bahan utama pembuatan sup ini adalah ikan tenggiri.

Sup ini memiliki kuah segar dengan racikan rempah-rempah yang kuat seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, dan lengkuas.

Selain perpaduan bumbunya yang sangat pas. Kuah sup ini juga menghadirkan sensasi kekayaan rasa asam pedas dari bumbu dan kegurihan yang dihadirkan dari ikan tenggirinya. Sangat cocok untuk menemani santap siang Anda.

2. Berego

Berego

Makanan khas Bangka Belitung lain yang tak kalah unik adalah berego. Jika dilihat sekilas tampilan berego mirip seperti lontong. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena berego juga biasa dihidangkan sebagai pengganti nasi bersama dengan lauk lainnya.

Namun yang membedakan berego dengan lontong adalah bahan dasar pembuatannya. Berego menggunakan tepung beras yang dicampur dengan tepung sagu. Hal ini membuat tekstur yang dihasilkan menjadi sangat unik.

Bagi Anda yang penasaran dengan rasa berego, Anda bisa berkunjung ke Bangka Belitung atau mencoba meraciknya sendiri di rumah.

3. Suto Belitung

Suto Belitung

Jika tiap daerah memiliki soto khasnya sendiri seperti soto padang, soto lamongan, soto Madura, maka Bangka Belitung juga tidak ketinggalan. Disini Anda bisa menemukan makanan khas Bangka Belitung bernama suto belitong.

Walaupun dinamakan suto belitung, namun penampakan makanan yang satu ini sekilas mirip dengan ketupat sayur. Isi kuliner ini pun beragam mulai dari irisan daging sapi, bihun, dan lontong. Tak lupa juga dengan tambahan emping melinjonya.

Kuah suto belitong ini juga sangat khas karena menggunakan kaldu iga sapi yang ditambah dengan santan sehingga menjadikan cita rasanya semakin kaya dan sensasi gurih akan terus menempel di lidah Anda.

Baca juga : Makanan Khas Riau

4. Mie Koba

Mie Koba

Mie koba merupakan makanan khas Bangka Belitung yang berasal dari kabupaten Belitung Tengah. Anda yang baru pertama kali mencoba mie ini pasti sangat heran. Pasalnya cita rasa mie koba ini berbeda dengan kuliner mie pada umumnya.

Mie koba menggunakan tambahan ikan tenggiri sebagai bahan tambahannya. Sehingga gurihnya ikan tenggiri akan langsung menyeruak didalam mulut begitu Anda mencobanya.

5. Siput Gong-Gong

Siput Gong-Gong

Dari Belitung Tengah kita beralih ke ibukota provinsi Bangka Belitung yaitu Pangkal Pinang. Disini Anda bisa menemukan salah satu makanan khas Bangka Belitung yang wajib dicoba yaitu siput gong-gong.

Siput gong-gong sendiri merupakan salah satu jenis siput laut yang biasa diolah masyarakat Bangka Belitung sebagai makanan.

Pengolahan siput ini dilakukan dengan cara direbus. Setelah matang, siput dihidangkan bersama dengan sambal. Karena perebusan masih menyertakan cangkang, maka cara mengambil dagingnya dilakukan menggunakan tusuk gigi.

Bagi Anda yang tertarik ingin mencoba siput gong-gong ini, Anda menemukannya di rumah makan atau restoran-restoran di Bangka Belitung.

6. Lempah Darat

 Lempah Darat

Lempah merupakan makanan khas Bangka Belitung yang sangat digemari masyarakat disana. Lempah sendiri merupakan makanan sayur yang diolah dari berbagai jenis sayuran seperti papaya muda, akar keladi, pucuk idat yang diracik menggunakan bumbu kuning.

Mencoba lempah dart ini paling nikmat bila disandingkan dengan nasi hangat dan sambal terasi.

7. Sambal Rusip

Sambal Rusip

Bangka Belitung juga terkenal dengan sambal khas daerahnya yaitu sambal rusip. Sambal rusip merupakan makanan khas Bangka Belitung berbahan dasar ikan tenggiri yang sudah difermentasi selama seminggu bersamaan dengan gula merah dan garam.

Ikan fermentasi ini kemudian diracik menggunakan cabai giling, jeruk, bawang merah, dan kunci. Bentuk yang unik dengan cita rasa yang gurih asam pedas menjadikan siapapun yang berkunjung ke Bangka Belitung wajib mencoba makanan ini karena tidak akan bisa ditemukan di daerah lain.

8. Mie Belitung

Mie Belitung

Di Bangka Belitung Anda juga dapat menemukan salah satu olahan mie yang khas yang dikenal dengan sebutan mie Belitung.

Makanan khas Bangka Belitung ini sangat unik karena menggunakan kuah mie yang berasal dari kaldu udang yang diracik dengan berbagai rempah dan bumbu pilihan. Cita rasanya yang sangat unik dank has menjadikan mie Belitung sangat digemari masyarakat lokal disana.

Mie Belitung ini juga biasa dihidangkan dengan tambahan udang, kentang rebus, dan tak lupa emping melinjo. Bagi Anda yang penasaran ingin mencicipi mie Belitung, Anda bisa menemukannya di berbagai kedai yang berada di daerah Bangka Belitung.

9. Ayam Goreng Ketumbar

Ayam Goreng Ketumbar

Ayam goreng ketumbar merupakan salah satu makanan khas Bangka Belitung yang sangat terkenal kelezatannya. Ayam ini biasa diolah menggunakan ayam kampung, namun bisa juga menggunakan ayam broiler.

Hidangan ayam goreng ketumbar ini sangat khas karena menggunakan racikan bumbu ketumbar dalam pengolahannya. Yang tak kalah unik, ayam goreng ketumbar biasa dihidangkan bersama dengan potongan buah nanas yang menambah cita rasanya. Tertarik untuk mencicipinya?

10. Rujak Daun Singkong

Rujak Daun Singkong

Rujak buah sudah biasa. Lalu bagaimana dengan rujak singkong? Anda hanya bisa menemukan kuliner unik ini di daerah Bangka Belitung. Meskipun terdengar aneh, namun menurut pemaparan chef lokal disana, rujak daun singkong ini merupakan salah satu makanan favorit bahkan hingga ke luar negeri.

Makanan khas Bangka Belitung ini tergolong langka karena sudah tidak banyak orang yang mengolahnya. Seperti rujak pada umumnya, rujak daun singkong juga menggunakan bahan sambal seperti gula merah, asam jawa, dan juga cabai untuk meracik sambal rujak.

Baca juga : Makanan Khas Lampung

11. Kecalo

Kecalo

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Bangka Belitung tanpa mencicipi kecalo. Makanan khas Bangka Belitung yang satu ini terbuat dari bahan dasar udang yang telah difermentasi bersama dengan garam. Hal ini menjadikan citarasa kecalo dominan dengan rasa asin dan gurih.

Masyarakat lokal biasa mengkonsumsi kecalo sebagai tambahan bumbu masak untuk menghidangkan berbagai macam lauk. Dengan tambahan kecalo, cita rasa dan aroma lauk menjadi lebih kuat sehingga dapat menambah nafsu makan. Apakah Anda tertarik untuk mencoba kecalo ini?

12. Pantiaw

Pantiaw

Hampir mirip seperti kwetiaw, pantiaw menggunakan tepung beras sebagai bahan dasar pembuatan mienya. Yang membedakannya, pantiaw ini menambahkan suwiran daging pada penyajiannya.

Tidak hanya itu, kuah pantiaw juga sangat khas dan nikmat karena menggunakan berbagai macam racikan bumbu dan rempah pilihan sehingga menjadikan cita rasa yang dihadirkan sangat kaya dan dominan dengan rasa pedas, manis, dan juga gurih.

Makanan khas Belitung memang sangat kaya dan beragam. Oleh karena itu, bagi Anda yang berkesempatan untuk mengunjungi daerah Bangka Belitung sempatkanlah untuk mencicipi berbagai kuliner khas dan nikmat yang pasti akan Anda rindukan ketika sudah meninggalkan Bangka Belitung.

Leave a Comment

WhatsApp Chat