Makanan Khas Bandung Paling Hits dan Terpopuler, Wajib Coba Kalau Maen Kesini

Makanan Khas Bandung | Bandung selain terkenal dengan tempat wisatanya yang unik, ternyata juga memiliki daya tarik kuliner yang tidak biasa. Sekali Anda mencoba beberapa makanan khas Bandung, lidah Anda akan selalu rindu untuk mengecapnya lagi. Bandung memang terkenal dengan surganya tempat makan.

Berbagai jenis makanan yang khas dan unik dapat Anda temui di setiap sudut kota Bandung. Berikut ini beberapa makanan khas yang bisa Anda temui di kota kembang ini.

1. Seblak Bandung

Seblak Bandung
Seblak Bandung

Makanan pedas yang mulai hits di kalangan anak muda ini pada dasarnya adalah semacam sup. Berbahan dasar kerupuk yang direbus ditambah bumbu seperti bawang putih, cabai, garam dan kencur. Seblak biasanya dihidangkan dengan varian topping yang beragam seperti telur, sosis, ceker ayam hingga potongan daging.

Seblak pada dasarnya memang berbahan kerupuk, namun ada juga yang berimprovisasi menggunakan mie atau kwetiau. Bisa dipesan dengan cara basah atau kering tergantung kesukaan penikmatnya. Yang membuat makanan ini khas adalah rasa pedasnya yang bisa direquest sesuai selera. Makin tinggi levelnya, makin pedas pula seblaknya.

2. Mie Kocok Legendaris

mie kocok legendaris di bandung

Seperti halnya mie ayam atau mie pangsit, makanan khas Bandung yang satu ini adalah makanan yang berbahan dasar mie. Hanya saja proses pembuatannya dilakukan dengan cara dikocok untuk mencampur bumbu-bumbunya.

Mie kocok biasanya dihidangkan dengan aneka sayuran seperti taoge, daun bawang, dan juga tidak lupa kikil sapi. Mie ini sangat lezat dinikmati di siang hari yang panas karena aroma wanginya akan membangkitkan selera makan.

Baca juga : Makanan Khas Cianjur

3. Surabi Bandung

Surabi Bandung

Jajanan pasar yang manis dan gurih ini merupakan salah satu Andalan kuliner yang khas di kota Bandung. Tidak ada orang yang tak kenal dan tak pernah mencoba jajanan yang satu ini. Anda akan banyak menemui pedagang surabi di pasar-pasar atau di pinggir jalanan kota Bandung.

Makanan khas Bandung ini berbahan dasar tepung terigu dan parutan kelapa yang dibakar di atas cetakan tanah liat dan menggunakan tungku, surabi biasanya diberi berbagai macam topping seperti coklat, keju, sirup hingga olahan buah seperti nangka atau pisang.

4. Cimol

Cimol bandung

Makanan khas yang satu ini biasanya dinikmati oleh anak-anak kecil di sekolah-sekolah dasar. Menggunakan tepung kanji sebagai bahan dasarnya, cimol menjadi favorit anak-anak hingga orang dewasa.

Tepung kanji dibentuk bulatan-bulatan kemudian digoreng hingga setengah kering. Disajikan dengan saus kacang, saus sambal, dan terkadang menggunakan bubuk keju. Cimol akan lebih nikmat jika dimakan dalam keadaan hangat dan ditemani segelas teh manis.

5. Peuyeum

Peuyeum

Makanan khas Bandung ini pada dasarnya lebih mirip tape singkong hanya saja strukturnya lebih kering dari pada tape. Peuyeum Bandung dibuat dari singkong yang difermentasi menggunakan ragi. Singkong pada mulanya dikukus lalu kemudian didiamkan hingga benar-benar kering sebelum dilakukan proses peragian.

Setelah disimpan beberapa hari, peuyeum yang kesat dan manis akan dihasilkan. Makanan ini bisa dikonsumsi secara langsung ataupun diolah lagi. Bisa disajikan dengan cara digoreng, peuyeum umumnya ditambahkan parutan keju atau coklat diatasnya. Akan lebih nikmat lagi jika ada teh hangat pahit sebagai pelengkapnya.

6. Batagor Bandung

Batagor Bandung

Makanan Khas Bandung yang satu ini terkenal hingga ke seluruh pelosok negeri. Tidak jarang kita jumpai pedagang batagor meskipun tidak sedang berada di kota Bandung. Jajanan yang satu ini memang cocok di lidah bagi mereka penyuka gorengan.

Batagor merupakan singkatan dari bakso dan tahu goreng. Bahan dasarnya merupakan campuran adonan ikan tenggiri, tahu dan tepung tapioca. Adonan batagor langsung digoreng hingga kering namun tetap empuk didalam. Disajikan dengan saus kacang yang akan menambah kenikmatan batagor ini.

7. Cireng

cireng bandung

Cireng merupakan singkatan dari aci (tepung kanji) yang digoreng. Makanan ini sebenarnya sederhana sekali, yaitu campuran tepung kanji dan tepung terigu yang diberi bumbu bawang putih, merica, garam dan daun bawang yang diaduk hingga rata. Dibentuk menjadi adonan hingga kemudian digoreng dengan minyak.

Para pedagang masa kini semakin kreatif dengan menambahkan beberapa bahan ke dalam adonan cireng untuk membuat rasa yang lebih kuat. Terkadang digunakan potongan ayam, sosis atau daging. Makanan khas Bandung yang satu ini akan sangat enak jika dimakan pada saat hangat bersama keluarga.

8. Colenak (Dicocol Enak)

 Colenak (Dicocol Enak)

Pada dasarnya, colenak ini merupakan makanan olahan dari peuyeum. Merupakan singkatan dari “dicocol enak”, colenak bahkan sudah ada dan dikenal sejak tahun 1930. Colenak adalah peuyem yang dibakar kemudian disajikan dengan siraman saus gula jawa cair yang dicampur dengan parutan kelapa.

Colenak ini sendiri juga mengalami perkembangan dalam pembuatannya. Ada kalanya saus gula diberi tambahan nangka atau durian untuk memperkuat rasa manis dan harumnya. Jadi, jika Anda mengunjungi kota Bnadung, jangan lupa untuk mencoba makanan khas Bandung yang unik ini.

Baca juga : Makanan Khas Ciamis

9. Combro

Combro

Satu lagi olahan singkong yang menjadi makanan yang banyak diminati. Combro merupakan jajanan unik yang bahkan sudah terkenal hingga Jakarta dan bogor. Makanan yang satu ini rasanya gurih dan pedas. Seringkali disajikan pada sore hari yang hangat dengan segelas teh manis.

Combro dibuat dengan cara memarut singkong untuk kemudian dibentuk bulatan dan diisi dengan oncom yang sudah dibumbu pedas. Adonan bulat ini kemudian digoreng hingga kering lalu kemudian disajikan dengan cabai hijau.

10. Lotek

Lotek

Makanan khas Bandung yang satu ini sekilas mirip dengan pecel. Akan tetapi rasanya lebih manis dari pada pecel yang terasa gurih. Lotek biasanya disajikan dengan lontong atau nasi yang hangat.

Pedagang lotek banyak ditemui di pagi hari. Berjualan di saat orang-orang membutuhkan menu sarapan pagi yang menyehatkan. Lotek terdiri dari sayuran segar yang kemudian disiram dengan bumbu kacang. Disajikan dengan krupuk dan bawang goreng, lotek sangat cocok sekali untuk menu di pagi hari.

11. Martabak Bandung

Martabak Bandung

Martabak merupakan salah satu makanan khas Bandung yang sering kali dijumpai di malam hari. Rasanya yang manis dan lembut sangat cocok untuk dinikmati di tengah-tengah kehangatan keluarga.

Martabak terbuat dari tepung terigu yang dipanggang di sebuah wajan khusus. Diberi berbagai macam pilihan topping seperti coklat, keju, selai strawberry hingga selai nanas. Makan yang satu ini telah menjadi favorit banyak orang hingga kini

12. Misro

Misro

Jika tadi Anda telah mengenal combro, makanan khas yang satu ini bentuk dan bahan luarnya hampir mirip dengan combro. Jika combro diberi isian oncom, maka misro diisi dengan gula jawa atau gula merah.

Gorengan misro merupakan teman yang cocok untuk dinikmati pada saat udara dingin, apalagi ketika hujan. Ditemani segelas teh hangat, Anda akan merasakan kenikmatan tersendiri dari makanan yang satu ini.

Itulah tadi beberapa makanan khas Bandung yang mungkin bisa jadi pilihan kuliner Anda. Tidak diragukan lagi bahwa kota Bandung ini memang merupakan surga segala hal, dari tempat wisata, kuliner, pusat perbelanjaan hingga wanita cantiknya. Selamat menikmati segala makanan di Bandung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like