Terbaik, Inilah Makanan Khas Balikpapan yang Jadi Primadona

Makanan Khas Balikpapan | Sebagai kota maju, Balikpapan tidak hanya terkenal dengan industrinya saja. Namun, objek wisatanya juga memesona. Apalagi ditambah kelezatan makanan khas Balikpapan yang menggoda selera. Biasanya, beragam menu tersebut sudah menjadi favorit banyak orang.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Balikpapan, mencoba menu pilihannya harus wajib kamu agendakan. Kapan lagi bisa mencicipi kuliner mantap asli masyarakat Balikpapan. Supaya kamu bisa memilih, nih daftar kuliner lezat khas Balikpapan yang jadi primadona.

1. Keripik Iron

Keripik Iron

Rekomendasi kuliner pertama dari Balikpapan adalah keripik iron. Camilan ini memang kurang familiar, apalagi bagi masyarakat yang tinggal di luar Kalimantan. Namun, jika kamu mencobanya, dijamin sedapnya bikin rindu. Pasalnya, camilan ini renyah dan gurih.

Bahan baku makanan khas Balikpapan ini terbuat dari singkong pilihan yang teksturnya sangat keras. Jauh berbeda dari singkong lainnya yang ketika diolah akan berubah lunak. Dengan teknik pengolahan yang terampil, makanan ini dijamin mantap, sangat cocok dijadikan oleh-oleh.

2. Roti Mantau

Roti Mantau

Olahan kuliner berbahan roti ternyata tidak hanya ditemukan di luar negeri saja, melainkan juga bisa di Balikpapan. Nama roti tersebut adalah roti mantau, sangat pas jika disajikan ketika sarapan. Roti ini dibuat dengan isian cokelat atau bahan tambahan yang rasanya manis.

Menu ini disajikan dengan cara digoreng. Ketika disantap rasanya gurih dan teksturnya lembut. Agar lebih nikmat, kamu bisa mencocol roti tersebut dengan saus balado atau saus lada hitam. Hidangan ini juga bisa dijadikan pendamping daging kambing atau daging sapi. Harganya terjangkau, bisa dijumpai dengan mudah di Balikpapan.

3. Abon kepiting

Abon kepiting

Balikpapan juga punya produk olahan kuliner dari abon. Bedanya, bahan baku yang digunakan dari kepiting. Hal tersebut tentunya berbeda dari jenis abon lainnya yang ada di Indonesia. Biasanya bahan baku yang digunakan berasal dari daging ayam, daging kambing, dan daging sapi.

Menu pilihan ini sengaja dimasak dengan kepiting segar khas Balikpapan. Rasanya gurih dan nikmat di lidah. Tersedia dalam beberapa ukuran kemasan. Biasanya, kemasan yang digunakan dari plastik transparan. Harganya terjangkau sehingga kamu bisa menghemat pengeluaran.

4. Peyek Kepiting

Peyek Kepiting

Peyek merupakan menu pelengkap yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Biasanya, peyek digoreng dengan menggunakan campuran kacang, teri, dan tepung. Bedanya, di Balikpapan justru memakai kepiting sebagai bahan baku utamanya.

Tekstur makanan khas Balikpapan ini dijamin renyah dan lunak. Cita rasanya gurih dan bikin ketagihan. Sangat direkomendasikan sebagai makanan pendamping nasi hangat atau sebagai camilan sehari-hari. Harganya terjangkau, mudah diperoleh di beberapa warung terdekat.

Baca juga : Makanan Khas Pontianak

5. Amplang

Kerupuk Amplang

Tidak hanya masyarakat Jawa yang punya produk kuliner berupa amplang. Ternyata, Balikpapan juga punya dengan menggunakan bahan baku dari ikan Belida. Ikan tersebut memang jarang dijumpai, tetapi ketika diolah akan menciptakan kelezatan yang menakjubkan.

Tekstur makanan khas Balikpapan ini lembut. Rasanya dijamin gurih karena bercampur dengan bumbu pilihan. Kamu juga bisa mendapatkannya dengan beraneka rasa. Tak heran jika amplang merupakan makanan favorit yang jadi incaran banyak wisatawan.

6. Onde-onde Ubi Ungu

Onde-onde Ubi Ungu

Onde-onde termasuk makanan yang familiar dikenal masyarakat. Biasanya, menu ini dibuat dari adonan tepung dengan isian kacang hijau, serta taburan wijen. Bedanya, di Balikpapan kamu akan mencicipi onde-onde yang terbuat dari ubi ungu.

Ubi ungu memiliki kandungan nutrisi yang baik bagi tubuh. Apalagi vitamin A yang bermanfaat bagi kesehatan mata. Isi dari onde-onde ini juga beraneka ragam, ada kacang hijau, cokelat, keju, hingga rasa original. Supaya lebih mantap, taburan wijen hitam semakin membuat tampilan menjadi cantik.

7. Bingka Kentang

Bingka Kentang

Bingka memang berasal dari Medan, tapi kamu juga bisa menjumpainya di Balikpapan. Menu ini tidak hanya tersedia saat bulan puasa, namun bisa diperoleh setiap hari. Bahan baku utama bingka terbuat dari kentang pilihan yang dijamin bernutrisi.

Makanan khas Balikpapan ini memiliki tekstur lembut. Rasanya lezat dan sehat bagi tubuh. Tersedia dalam berbagai varian rasa, ada rasa keju, original, dan rasa cokelat. Uniknya, makanan ini disajikan dengan bentuk mahkota bunga yang sangat memikat. Ketika disantap, menu ini akan terasa lumer di lidah.

8. Bakpia Balikpapan

Bakpia Balikpapan

Bakpia termasuk salah satu makanan populer yang ada di Indonesia. Dari berbagai olahan bakpia di Indonesia, ada yang paling terkenal, yaitu bakpia Malang dan bakpia Jogja. Bedanya, tekstur bakpia punya Balikpapan lembut dan memiliki aroma khas, meskipun bahan baku utamanya tidak berbeda jauh dengan bakpia lainnya.

Ketika disantap, rasanya legit dan teksturnya lembut. Makanan khas Balikpapan ini bisa dijadikan oleh-oleh yang nikmat. Mampu bertahan lama dan awet ketika disimpan. Kamu bisa mudah memperolehnya di berbagai toko oleh-oleh Balikapapan.

9. Nasi Bakar Seafood

Nasi Bakar Seafood

Karena terkenal dengan hasil lautnya yang luar biasa, tak heran jika olahan kulinernya berbahan seafood. Salah satu menu tersebut adalah nasi bakar seafood. Rasanya dijamin mantap dan bikin ketagihan. Apalagi saat dimasak dibungkus dengan daun pisang.

Bahan baku utamanya terbuat dari olahan ikan, kepiting, dan udang. Berkombinasi secara sempurna dengan bumbu rempah-rempah yang menggoda selera. Saat dibakar, aromanya yang semerbak membuat cita rasa semakin melekat.

10. Pisang Gapit

Gapit Pisang

Pisang memang selalu menjadi menu andalan yang paling bisa diolah dengan beragam cara. Salah satunya dengan dibakar di atas arang, seperti pisang gapit. Makanan khas Balikpapan ini memang dimasak dengan cara digapit dengan kayu, kemudian dibakar hingga matang.

Aromanya wangi, ketika disantap akan lumer di lidah. Untuk menambah kelezatan cita rasa, pisang gapit disiram kuah cokelat yang terbuat dari bahan santan, gula merah, dan potongan nangka. Tak heran jika menu ini termasuk menu wajib yang tak boleh ditinggalkan saat berlibur ke Balikpapan.

Baca juga : Makanan Khas Bali

11. Bubur Gunting

Sagu Gunting

Balikpapan juga punya menu unik, namanya bubur gunting. Diolah dari bahan baku yang berasal dari campuran garam dan tepung ketan. Selain itu, ada juga bahan tambahan yang terdiri dari: garam, air daun suji, dan air kapur sirih. Uniknya, adonan tersebut dibentuk dengan cara digunting.

Setelah adonan digunting memanjang, kemudian direbus ke dalam campuran gula merah, garam, dan santan. Rasanya manis dan mantap. Makanan khas Balikpapan ini sangat cocok disantap selagi hangat.

12. Mie Hijau

Mie Hijau

Balikpapan juga punya olahan kuliner yang berbahan dasar mie. Uniknya, mie tersebut berwarna hijau yang terbuat dari bahan-bahan alami. Makanan khas Balikpapan ini sangat cocok bagi kamu pencinta kuliner mie yang sehat. Apalagi menu ini juga ditambah toping dari daging ayam maupun kepiting.

Bahan-bahan yang digunakan berasal dari adonan mie yang dicampur sayur mayur. Kandungan nutrisinya juga baik bagi tubuh. Bisa direkomendasikan sebagai menu pilihan bagi siapa saja yang memang vegetarian. Rasanya spesial, berbeda dengan rasa bakmi pada umumnya.

Demikian informasi tentang daftar makanan khas Balikpapan yang jadi primadona. Semoga bisa menjadi referensi bagi kamu ketika mampir ke kota yang terkenal dengan kilang minyaknya ini. Selamat mencoba.

Leave a Comment

WhatsApp Chat