Inilah 11 Makanan Khas Bali yang Spesial dan Pasti Bikin Kamu Ketagihan

Makanan Khas Bali | Bali termasuk salah satu destinasi wisata Indonesia yang paling dicari para wisatawan. Keindahan panorama dan kebudayaannya selalu bisa menjadi magnet bagi siapa saja. Tidak hanya itu, makanan khas Bali pun juga termasuk konsumsi spesial yang harus dicoba.

Bagi kamu yang ingin berlibur ke Bali, sempatkanlah mampir sebentar ke restoran maupun warung terdekat di sana. Cobalah untuk menyantap hidangan spesial khas Bali yang pasti terasa legit di lidah.

1. Sate Lilit

Sate Lilit

Sate lilit merupakan salah satu makanan khas Bali yang selalu jadi primadona. Meskipun berbentuk sate, menu ini diolah dengan cara dililit. Daging yang digunakan dicincang terlebih dahulu, kemudian dicampurkan dengan bumbu Bali yang gurih. Pada umumnya, daging yang dipakai bisa dari daging ayam, babi, maupun ikan tenggiri.

Setelah itu, sate dililitkan ke tangkai bambu atau batang daun serai. Tekstur dagingnya lunak, berkombinasi pas dengan bumbu rempah-rempah. Aromanya wangi ketika dihidangkan selagi hangat. Rasanya dijamin mantap dan bikin ketagihan.

2. Rujak Kuah Pindang & Rujak Bulung

Rujak Kuah Pindang & Rujak Bulung

Menu dengan sensasi segar dan langka ada di rujak kuah pindang dan rujak bulung. Pasalnya, menu ini menggunakan kaldu dari ikan tuna. Bahan utamanya sendiri dari rumput laut yang kemudian dijadikan rujak.

Cita rasa menu ini pedas, apalagi ketika kamu memakan irisan mangga dengan siraman kuah pindang. Cabainya juga banyak karena makanan khas Bali satu ini terkenal dengan pedasnya yang super. Isiannya juga bisa kamu ganti dengan beragam jenis buah atau rumput laut.

3. Ayam Betutu

Ayam Betutu

Rasanya sudah tak asing lagi jika ayam betutu selalu jadi menu andalan Pulau Dewata. Makanan khas Bali satu ini memang gurih dengan kombinasi rempah-rempahnya yang spesial. Bumbunya yang dimasukkan ke perut ayam bakalan meresap secara sempurna. Apalagi ayam betutu dibungkus daun pisang yang kemudian dipanggang selama 24 jam.

Media untuk memasak menu ini menggunakan bara api sekam. Tak heran jika dagingnya empuk saat disantap. Rasanya yang gurih, pedas, dan lembut akan menyatu sebagai kombinasi yang sempurna. Kamu pun juga bisa memilih daging bebek untuk dijadikan menu betutu.

Baca juga : Makanan Khas Lombok

4. Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali

Makanan khas Bali selanjutnya yakni nasi campur Bali yang tentunya berbeda dengan nasi campur punya masyarakat Indonesia lainnya.  Kuliner ini menyajikan lauk pauk berupa sayur urap, lawar ayam, suwiran ayam sisit bumbu basa genep Bali, dan yang terakhir sate lilit. Hidangan ini akan lebih nikmat jika ditambah sambal matah atau sambal embe khas Bali.

Keunikan menu ini terletak pada sajiannya yang selalu hadir dengan lauk yang beragam. Setiap rumah makan di Bali pasti akan menyediakan menu istimewa sesuai selera mereka. Ada yang menghidangkan ayam betutu, ada juga menu pelengkap lainnya, seperti ikan pindang, umbu pedas, kulit ayam goreng, maupun kacang tanah goreng.

5. Serombotan

Serombotan

Jika negeri barat punya salad, Jawa juga punya sayur urap. Bedanya, Bali punya serombotan dengan bahan baku utama berupa sayuran. Makanan khas Bali ini sering mengombinasikan berbagai jenis sayuran  meliputi bayam, kangkung, tauge, pare, buncis, kacang panjang, dan terong bulat.

Bumbu yang dipakai terkenal dengan sebutan Kalas, yaitu sejenis santan yang isinya berupa campuran kunyit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, ketumbar, dan kencur. Untuk menambah kenikmatan rasa, bumbu ini juga dilengkapi dengan bumbu pedas dan bumbu kacang.

6. Tipat Blayag

Tipat Blayag

Bali punya daerah bernama Buleleng dengan hidangan terkenalnya, yaitu Tipat Blayag. Makanan khas Bali satu ini identik dengan lontong yang kemudian dililit secara memanjang menggunakan janur muda. Berbeda dengan menu tipat catok, menu ini memakai bumbu dari olahan tepung beras yang dikombinasikan dengan bumbu bali.

Tekstur bumbunya sangat kental hamper sama dengan tekstur santan. Terasa nikmat disantap ketika dihidangkan bersama beberapa potongan tipat blayag, sayur urap, gorengan ceker ayam, kerupuk kulit ayam, ayam sisit, dan kacang kedelai.

7. Nasi Jinggo

Nasi Jinggo

Menu dengan harga terjangkau bisa kamu peroleh saat memesan nasi jinggo. Namanya sendiri konon diambil dari bahasa Hokkien jeng go yang maknanya seribu lima ratus. Menurut sejarah, menu ini memang sudah populer dari tahun 1997.

Makanan khas Bali ini dikemas dengan daun pisang. Sambalnya terasa sangat pedas. Nasi putih yang disajikan pun berukuran sekepalan tangan orang dewasa. Karena itu harganya ekonomis. Lauk pauknya beragam meliputi ayam suwir, tempe goreng, dan mie goreng.

8. Nasi Tepeng

Nasi Tepeng

Bali juga punya menu dengan tekstur lembut yang enak, yaitu nasi tepeng. Bumbu rempah-rempahnya yang memang spesial kemudian disiram di atas Tepeng. Menu ini jadi daya tarik para wisatawan karena cita rasanya yang pedas ampuh bikin ketagihan.

Lauk pauk yang dihidangkan bisa dibilang bervariasi terdiri dari: nangka muda, kacang panjang, kacang merah, terong, daun kelor, kelapa parut, dan sayuran. Selain itu, biasanya juga ditambah dengan suwiran ayam goreng dan telur. Penyajiannya juga istimewa, yaitu dengan memakai daun pisang.

9. Komoh

Ternyata makanan khas Bali yang menguji adrenalin juga ada, yaitu Komoh. Menu ini merupakan menu tradisional yang bahan bakunya dari cincangan daging mentah yang kemudian dicampur dengan bumbu dan diseduh air panas. Selanjutnya, cincangan daging tersebut ditambah darah segar dan ditambah garam sesuai selera.

Cara menyantapnya juga unik, harus diminum secara langsung. Penyajiannya juga istimewa, yaitu menggunakan mangkok kuah atau cawan. Berdasarkan jejak sejarahnya, menu komoh merupakan sajian makanan yang sering digunakan pada ritual keagamaan Bhairawa Kuno.

10. Sate Plecing

Sate Plecing

Sate Plecing pastinya sudah tak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Masakan satu ini memang populer di beberapa provinsi di Indonesia, khususnya Lombok dan Bali. Plecing sendiri merupakan jenis sambal tomat yang diolah secara khusus menggunakan bahan tambahan dari cabe rawit, terasi, garam, serta campuran tomat dan jeruk limau.

Biasanya sate plecing menggunakan bumbu kacang. Bedanya, sate plecing punya Bali memakai sambal tomat plecing sebagai pendamping hidangan. Rasanya mantap bisa diperoleh di berbagai warung yang ada di Bali

Baca juga : Makanan Khas NTT

11. Lawar

Lawar

Lawar merupakan salah satu makanan khas Bali yang umumnya menggunakan daging babi sebagai bahan utama, namun bebek entog kini juga disediakan sebagai alternatif hidangan yang juga digemari masyarakat Bali. Pada umumnya, daging entog akan dicincang yang kemudian dicampurkan dengan beberapa potongan sayur panjang, kombinasi pas dari parutan kelapa dan bumbu Bali.

Hidangan ini akan lebih mantap jika disantap selagi hangat dengan menambahkan nasi putih. Lauk pauknya juga beragam terdiri dari: kacang tanah, suwiran ayam betutu, sate lilit dan jukut ares atau sayur batang pisang.

Demikian informasi mengenai rekomendasi makanan khas Bali yang spesial. Semoga bisa menjadi referensi bagi Anda saat berkunjung ke Pulau Dewata ini. Selamat mencoba.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat