10 Makanan Khas Aceh yang Unik dan Perlu Dicoba

Makanan Khas Aceh | Aceh merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang mempunyai berbagai keberagaman wisatanya. Pesona keindahan pantai serta gugusan pulau paling ujung di Indonesia akan sangat memanjakan mata Anda ketika berlibur di provinsi ini.

Namun selain wisata memanjakan mata, daerah yang mempunyai julukan sebagai serambi mekkah ini  juga memiliki segudang kuliner yang akan turut memanjakan lidah. Tentunya berbagai makanan khas Aceh ini memiliki cita rasa dan kelezatan tersendiri. Tak jarang, para turis menyempatkan datang ke Aceh hanya untuk berwisata kuliner. Untuk itu, berikut beberapa makanan khas dari Aceh.

1. Kuah Sie Itek

Kuah Sie Itek

Makanan khas Aceh yang pertama adalah kuah sie itek. Sesuai dengan namanya, makanan yang satu ini berbahan dasar itik atau bebek. Penyajian dari makanan ini mempunyai dua versi yang berbeda, yaitu masak puteh dan masak merah. Untuk versi kuah sie puteh mempunyai warna dan tekstur yang hampir sama dengan opor ayam pada umumnya, namun rasanya lebih gurih karena penambahan kemiri pada saat pengolahannya.

Sedangkan untuk kuah sie itek merah mempunyai kuah berwarna merah pekat yang ditimbulkan oleh bumbu utamanya, yaitu cabai merah. Daging itik atau bebek yang telah dimasak dengan cara slow braising sehingga teksturnya empuk dengan lumuran kuah gurih akan sangat memanjakan lidah Anda.

2. Mie Aceh

Mie Aceh

Mie memang sudah merasuk dalam jiwa seluruh masyarakat Indonesia. Hingga hampir semua daerah mempunyai kuliner khas berbahan dasar mie, tidak luput juga dengan Aceh. Di Aceh, Anda dapat menemui kuliner berbahan dasar mie yang disebut dengan Mie Aceh. Makanan khas Aceh ini berupa mie bumbu pedas yang dihidangkan dengan kuah kari berasa pedas gurih serta penambahan irisan daging kambing, sapi, atau seafood sebagai bahan tambahan.

Jenis mie yang digunakan pada Mie Aceh ini, adalah mie yang berbentuk pipih dan tebal. Selain itu, terdapat tiga jenis penyajian pada makanan ini, yaitu mie kuah, mie basah, dan mie goreng. Biasanya Mie Aceh disajikan dengan acar, jeruk nipis, bawang goreng, dan kerupuk untuk melengkapi kenikmatannya.

3. Ayam Tangkap

ayam tangkap

Makanan khas Aceh yang satu ini berupa ayam goreng yang telah dibumbui dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah khas. Keunikan dari ayam tangkap adalah penghidangannya bersama dedaunan renyah. Dedaunan renyak yang dimaksud ini adalah irisan daun pandan goreng.

Rasa gurih yang ditimbulkan dari daging ayam dan dipadukan dengan kerenyahan daun pandan goreng akan memberikan cita rasa khas. Untuk Anda yang baru pertama mencicipi makanan ini, pasti akan merasakan suatu sensasi yang unik.

Baca juga : Makanan Khas Bengkulu

4. Martabak Aceh

Martabak Aceh

Seperti yang telah diketahui, martabak merupakan salah satu makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Berbagai jenis martabak tersedia untuk memuaskan lidah penikmatnya, salah satunya Martabak Aceh. Bentuk dari makanan khas Aceh berupa martabak ini tidak berbeda jauh dengan martabak biasanya, jika dilihat secara sekilas.

Namun, perbedaan signifikan yaitu jika biasanya martabak menggunakan tepung sebagai kulit atau pembungkusnya, Martabak Aceh ini menggunakan telur sebagai pembungkusnya. Untuk penyajiannya, biasanya makanan ini akan disiram dengan kuah kari serta beberapa tambahan seperti cabai merah, cabai hijau, dan acar.

5. Rujak Aceh

Rujak Aceh

Ketika Anda berlibur atau berkunjung ke Aceh, jangan sampai melewatkan makanan khas Aceh yang satu ini. Seperti namanya, Rujak Aceh adalah makanan yang berupa potongan buah-buahan dicampur dengan bumbu pedas manis khas Aceh.

Namun yang membedakan Rujak Aceh dengan rujak pada umumnya adalah penggunaan buah rumbia sebagai bahannya. Buah rumbia ini jarang sekali ditemukan di daerah lainnya. Karena itulah akan sangat rugi jika pergi ke Aceh tanpa mencoba Rujak Aceh.

6. Kue Timpah

Kue Timpah

Kue timpah merupakan salah satu makanan khas Aceh yang wajib keberadaannya ketika hari raya. Bahan dasar untuk membuat kue basah ini adalah ketan dan pisang. Jenis pisang yang sering digunakan adalah pisang raja karena aromanya kuat dan teksturnya yang halus.

Sedangkan untuk isian dari makanan ini berupa pisang, srikaya, dan parutan kelapa. Perpaduan dari kedua bahan yang berbeda ini akan menghasilkan suatu cita rasa unik dan khas. Namun jika Anda ingin menikmati kuliner ini selain di hari raya, Anda dapat menemuinya pada berbagai toko oleh-oleh di Aceh.

7. Keumamah

 Keumamah

Pastinya Anda merasa asing dengan nama dan bentuk dari makanan khas Aceh yang bernama keumamah ini. Walaupun jika dilihat dari namanya memang sedikit aneh, sebenarnya makanan ini sangat lezat dan nikmat. Keumamah ini merupakan olahan ikan tuna rebus yang dikeringkan serta diris-iris. Karena telah dikeringkan, keumamah ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Sebelum disajikan, biasanya keumamah akan dimasak kembali dengan berbagai bumbu dan rempah-rempah tambahan seperti cabai hijau, kentang, santan kelapa, dan yang lainnya. Hal ini bertujuan untuk menambah cita rasa dari keumamah agar lebih nikmat dan lezat.

8. Bohromrom

Bohromrom

Sebagian masyarakat di Aceh mengenal bohromrom ini dengan nama boh duek beudeh. Selain namanya yang unik, Bentuk dari bohromrom ini juga sangatlah unik. Namun walaupun mempunyai nama dan bentuk yang tidak biasa, cita rasa dari kue ini sangat enak dan legit dengan tekstur lembut yang akan menggoyangkan lidah Anda.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat bohromrom hampir sama dengan klepon, yaitu garam, tepung ketan, gula jawa atau gula merah, air, dan bumbu khas lainnya. Dapat dibilang bahwa proses pembuatan dari kue ini cukup mudah dan hampir sama dengan pembuatan kue klepon. Bahromrom ini mudah dan banyak ditemukan di seluruh penjuru Aceh.

9. Sambal Ganja

Sambal Ganja

Sambal ganja ini merupakan salah satu makanan khas Aceh yang paling unik, dari nama hingga isiannya. Walaupun bernama ganja itu hanya nama saja, Anda jangan mengira bahwa sambal ini dibuat dengan tanaman terlarang tersebut. Keunikan selanjutnya ada pada komposisinya yaitu belimbing wuluh dan udang. Karena menggunakan belimbing wuluh, maka rasa yang mendominasi adalah asam dan pedas.

Dengan rasa gurih yang muncul dari udang dan asam dari belimbing wuluh tadi, serta penambahan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah akan menciptakan cita rasa yang nikmat dan unik.

Baca juga : Makanan Khas Bangka Belitung

10. Kuah Masam Keu-eung

Kuah Masam Keu-eung

Makanan dari Aceh yang bernama kuah masam keu-eung ini memiliki tampilan yang hampir mirip dengan gulai asam padeh dari Padang. Yang membedakannya adalah penggunaan bumbu khas Aceh yang memberikan cita rasa khas bernama bumbu sunti.

Bahan-bahan yang biasanya ada pada masakan ini seperti udang, bandeng, teri dan daging bakar. Jika ingin menikmati makanan ini secara lebih nikmat, maka Anda perlu mencari penjual yang masih menggunakan periuk tanah untuk memasaknya.

Itulah ulasan mengenai beberapa makanan khas Aceh yang unik dan wajib dicoba. Akan sangat rugi bagi Anda jika melewatkan satu saja makanan diatas ketika berada di Aceh. Hal ini dikarenakan kebanyakan kuliner dari Aceh susah ditemui di daerah lain.

Leave a Comment

WhatsApp Chat