Nikmati Keindahan Ekowisata Hutan Mangrove Surabaya yang Mempesona !

Hutan Mangrove Surabaya – Terkenal dengan cuaca yang terbilang panas, dulu sulit menjumpai lahan hijau di Surabaya. Namun, beberapa tahun terakhir utamanya tahun 2018, Pemerintah Kota Surabaya banyak melakukan penghijauan. Tak hanya taman-taman kota, bagian pesisir juga menjadi perhatian. Di Surabaya sendiri ada kawasan wisata hutan manggrove yang terkenal, jalan dan akses sudah baik. Alamat lokasi yang mudah di capai, harga ticket yang terjangkau membuat wisata hutan mangrove cepat terkenal.

Untuk lebih jelasnya mari kita simak review berikut.

1. Lokasi Wisata Hutan Mangrove Surabaya

Lokasi Wisata Hutan Mangrove Surabaya
Lokasi Wisata Hutan Mangrove Surabaya

Lokasi Ekowisata Mangrove Wonorejo berada di Jl. Raya Wonorejo No. 1, Rungkut, Surabaya. jika rutanya berawal dari Bandara Internasional Juanda, untuk sampai di Ekowisata Mangrove Wonorejo dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 40 menit atau sejauh 17.4 km melalui Jalan Tol Waru-Juanda.

Kawasan hutan mangrove ini kerap dijadikan berbagai instansi ataupun para pelajar dari berbagai jenjang pendidikan sebagai sarana pendidikan untuk menjaga kelestarian alam dengan melakukan penanaman mangrove di kawasan hutan.

Kini area hutan mangrove seluas kurang lebih 200 hektar ini semakin lebat dan menjadi tempat tinggal yang nyaman bagi 30 spesies binatang yang dilindungi, yang salah satunya adalah kera ekor panjang. Hutan manggrove ini juga kerap dijadikan jujukan persinggahan sejumlah burung pantai.

Selama perjalanan menyeberang dari pintu masuk ke kawasan wisata, Anda akan menempuh jarak kurang lebih 5 kilometer dengan kedalaman air laut sebesar 5 meter. Perjalanan ini akan sangat menyenangkan, khususnya untuk anda yang pertama kali menikmati pengalaman baru dalam berwisata.

Pengunjung akan disuguhi pemandangan yang indah udara yang segar. Dan jika beruntung, anda bisa melihat dan berinteraksi dengan satwa-satwa yang menghuni kawasan ini secara langsung.

Baca juga : Wisata Pulau Bawean

2. Pesona Hutan Manggrove Surabaya

Pesona Hutan Manggrove Surabaya
Pesona Hutan Manggrove Surabaya

Hutan Mangrove Wonorejo merupakan salah satu kawasan Hutan Mangrove di Indonesia yang bisa dikunjungi untuk berwisata bersama keluarga di Jawa Timur. Kawasan ini merupakan lahan terbuka hijau yang bisa memanjakan pengunjung dengan asrinya tanaman bakau dan suasana pesisir yang menarik.

Adanya hutan mangrove sendiri merupakan salah satu tanda bahwa alam di Surabaya masih alami, khususnya di daerah pesisir timur Surabaya. Selain itu, hutan mangrove ini sendiri adalah salah satu elemen dari pantai yang menghalau ombak dan meminimalisir abrasi air laut.

Untuk menuju ke lokasi hutan mangrove, banyak titik yang harus dilalui. Titik yang pertama berada di pintu masuk yang dilengkapi dengan pendopo yang bisa anda gunakan untuk berisitirahat.

Dari sini, kawasan hutan masih belum terlihat sehingga harus berjalan ke dermaga, tempat kapal-kapal yang membawa anda ke kawasan hutan berada. Jangan lupa untuk membawa bekal makanan dan miuman karena di sekitar hutan tidak ada penjual makanan ataupun minuman.

Disepanjang perjalanan menyusuri sungai dengan aliran air yan tenang, anda akan ditemani sejumlah hewan liar dan burung-burung yang beterbangan. Tempat wisata ini memang sangat unik dan harusnya bisa ditiru oleh daerah-daerah lain yang berada di pesisir.

Keindahan Hutan Manggrove Surabaya
Keindahan Hutan Manggrove Surabaya

Meski tidak dapat dipungkiri tempat wisata ini sebenarnya masih dalam tahap pengembangan maka jangan heran nantinya jika jalan menuju lokasi sedikit kurang nyaman karena masih ada sedikit jalan yang belum di aspal. namun semua akan terbayarkan saat para wisatawan sampai di lokasi menikmati hijaunya mangrove dan keindahan lainnya.

Tentunya pilihan wisata ini bisa diandalkan. Selain dapat menikmati suasana yang alami dan hijau dari sana, Anda juga bisa berfoto-foto karena lokasi ini juga salah satu Spot Foto Di Surabaya yang menarik.

3. Fasilitas Pengunjung

Tidak hanya menikmati keindahan hutan mangrove yang asri dan menyejukan. Para wisatawan juga dapat menikmati hal lain yang tidak kalah menarik. Ada beberapa fasilitas yang bisa menunjang kesenangan liburan anda.

Fasilitas wisata di kawasan hutan mangrove ini sendiri bisa dikatakan sudah cukup lengkap. Pengunjung bisa menikmati kegiatan wisata di kawasan ini dengan nyaman dan aman.

Berikut beberapa fasilitas dari kawasan wisata ini:

  • Gazebo

Fasilitas Pengunjung Berupa Gazebo
Fasilitas Pengunjung Berupa Gazebo

Biasanya gazebo ini untuk tempat istirahat para wisatawan yang lelah dalam perjalanan wisata saat mengeksplor kawasan tersebut. Pengunjung juga bisa membuka bekal dan piknik di gazebo ini, terutama yang membawa makanan sendiri.

Namun jangan lupa untuk membuang sampah pada tempatnya dan tidak mengotori gazebo dan area di kawasan tersebut.

  • Perahu atau kapal

Perahu atau kapal
Perahu atau kapal

Seperti yang dijelaskan di atas, pengunjung perlu menyeberang dulu dengan kapal untuk bisa masuk ke area hutan mangrove. Wisatawan juga diberikan batasan waktu selama kurang lebih 1,5 jam untuk pengunjung mengeksplor kawasan tersebut.

Pastikan bahwa Anda tidak tertinggal rombongan saat akan kembali ke dermaga, agar perjalanan tetap tepat waktu dan sesuai dengan jadwal.

  • Mushola

Mushola ini digunakan untuk keperluan ibadah wisatawan. Jadi untuk kalian yang tidak mau tertinggal waktu shalatnya, kalian bisa tenang untuk beribadah di mushola yang di sediakan.

  • Toilet

Seperti halnya kawasan wisata lain disini juga ada toilet umum untuk keperluan kamar kecil bagi para wisatawan.

  • Toko souvenir

Toko souvenir hutan mangrove surabaya
Toko souvenir hutan mangrove surabaya

Untuk pengunjung yang ingin berbelanja di kawasan hutan mangrove Surabaya dengan membeli oleh-oleh atau hanya sekadar melihat-lihat batik mangrove dan souvenir lainnya.

  • Restoran atau tempat makan

Untuk kalian yang tidak membawa bekal disini sudah tersedia restoran atau tempat makan yang bisa anda kunjungi.

Papan edukasi

Di sepanjang jalan kayu tersebut ada beberapa papan yang menunjukkan informasi mengenai jenis mangrove atau jenis satwa yang tinggal di habitat tersebut. Sehingga tentunya lokasi ini bisa dijadikan lokasi wisata edukasi bagi anak.

  • Jogging track

Jogging track
Jogging track

Di kawasan wisata ini ada jogging track yang bisa Anda gunakan untuk sekedar berlari-lari kecil menikmati pemandangan yang indah sembari berolahraga.

Jogging track ini di buat dari balok-balok kayu yang disusun sedemikian rupa mmenjadi jalanan yang bisa anda gunakan untuk jogging ria.

Baca juga : Wisata Museum Mpu Tantular

4. Tiket Masuk Lokasi Wisata

Tiket Masuk Lokasi Wisata
Tiket Masuk Lokasi Wisata

Untuk masuk ke kawasan Ekowisata Rimba Mangrove Wonorejo ini pengunjung bakal dikenai biaya ticket masuk sebesar Rp 25. 000 untuk orang dewasa serta Rp 15. 000 untuk anak-anak.

Harga ticket ini telah termasuk juga biaya kapal serta perahu yang mengantar kamu menuju ke lokasi rimba. Untuk cost parkirnya pengunjung mesti membayar Rp 2. 000, / motor serta Rp 5. 000, / mobil.

Jika inging menjelajah kawasan hutan anggrove lebih lama sebaiknya jangan datang terlalu sore, karena berhubungan jam Operasional Ekowisata Rimba Mangrove Wonorejo.

Kamu dapat berkunjung ke Ekowisata Rimba Mangrove Wonorejo mulai jam 08. 00-16. 00 WIB

Pada mulanya, ekowisata rimba manggrove Surabaya di buat demi melindungi sisi timur dari Kota Surabaya ini oleh erosi air laut. Namun, karena tempatnya yang unik dab didukung pemandangan yang indah, membuat lokasi ini kini menjadi salah satu tujuan tempat wisata.

Itulah review kami tentang wisata hutan manggrove di Surabaya, semoga ulasan kami ini dapat membantu dan bermanfaat untuk anda sekalian.

Thanks….

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat