Air Terjun Tretes, Wisata Alam di Jombang yang Wajib Kamu Kunjungi !

Air Terjun Tretes – Seperti halnya di kabupaten Kediri dan  Malang di kabupaten Jombang juga terdapat wisata air terjun yang patut di kunjungi. Air Terjun Tretes merupakan air terjun tertinggi di Jawa Timur dan sangat indah dengan dua aliran air terjun sekaligus yang mengalir ke bawah.  Air terjun ini memiliki ketinggian 158 meter, terletak di ketinggian 1250 meter di atas permukaan air laut dan merupakan hulu sungai Sumber Watu Bonakah.

Jombang merupakan kabupaten yang terletak di bagian tengah Provinsi Jawa Timur. Tidak hanya terkenal sebagai kota santri karena banyaknya sekolah pendidikan Islam (Pondok Pesantren) disini, Jombang juga memiliki banyak potensi wisata alam yang indah dan menarik seperti air terjun Tretes ini.

Untuk lebih jelasnya, lebih baik kalian simak langsung ulasan di bawah ini.

1. Aksesbilitas

air terjun tretes
air terjun tretes

Air terjun Tretes ini terletak di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, Propinsi Jawa Timur. Untuk menuju lokasi air terjun kalian bisa menggunakan aplikasi penunjuk arah seperti google maps atau aplikasi lain.

Berjarak ± 40 km arah Tenggara pusat kota Jombang. Komplek Obyek Wisata Air Terjun Tretes dapat dicapai melalui dua jalur,

  • Pertama, melalui wilayah Kabupaten Jombang, berupa jalan setapak yang melewati bukit dan sungai. Jalan ini hanya berupa jalan setapak tanpa penunjuk arah apapun.  Panjang jalan dari tempat parkir ke lokasi ± 5 km.
  • Kedua, melalui wilayah Kabupaten Kediri ke kecamatan Kandangan. Setelah sampai di pasar Kecamatan Kandangan belok ke kiri di pertigaan ke arah menuju Galengdewo.  Kondisi jalan ini berupa jalan batu yang dapat dilalui oleh kendaraan roda 4 seperti jeep dan sejenisnya. Panjang jalan dari tempat parkir ke lokasi ± 1 km.

Kalau kalian lebih suka menggunakan kendaraan umum, kalian bisa mulai dari dari terminal Kepuhsari, kalian bisa naik angkutan umum dengan kode B2 atau F menuju Gudo.

Setelah sampai Gudo berganti kendaraan menuju pasar Kandangan.  Sayangnya angkutan umum hanya sampai di pasar ini. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi sejauh kurang lebih 1 km.

2. Daya Tarik Wisata

Daya Tarik Wisata
Daya Tarik Wisata

Populer dengan sebutan Kota Santri, Kabupaten Jombang juga mempunyai beragam keindahan alam serta potensi pariwisata lain yang menarik untuk dikunjungi seperti Sendang Made, Goa Sigolo-golo, Tirta Wisata, Wanawisata Sumberboto, Wisata Agro Perkebunan Panglungan, Air Terjun Tretes serta ada banyak lagi.

Nah… kali ini yang kita bahas adalah air terjun Tretes ya gan. Air Terjun Tretes adalah satu diantara air terjun paling tinggi di Jawa Timur sesudah Madakaripura, lantaran Air Terjun Tretes mempunyai ketinggian sekitaran 158 meter.

Air Terjun ini ada di komplek Gunung Anjasmoro tepatnya di Taman Rimba Raya (Tahura) Raden Soeryo di gunung Jurug Guah. Dimana kawasan ini merupakan kawasan hutan lindung yang masih terjaga keaslian dan keindahan alamnya.  Secara geologis kawasan ini merupakan batuan hasil gunung api kuarter tua.

Air yang mengalir ke tempat wisata ini berasal dari Sungai Sumber Watu Bonakah. Suasana di kawasan ini sangat sejuk cenderung dingin karena berada di ketinggian 1.250 dari permukaan laut, sehingga dapat memberikan kenyamanan ketenangan kepada para pengunjung.

Di kawasan Tahura R. Soeryo ini masih terdapat 3 air terjun lagi, yaitu Air Terjun Gumandar di Pasuruan, Air Terjun Puthuk Kursi (Coban Cangar) dan Air Terjun Kembar Watu Ondo di Kabupaten Mojokerto.

3. Fasilitas Pengunjung

Fasilitas Pengunjung
Fasilitas Pengunjung

Air Terjun Tretes adalah satu diantara obyek wisata alam yang masihlah asri karena masih termasuk dalam kawasan hutan lindung. Jadi, fasilitas yang ada hanya sekedar area parkir dan beberapa kedai makan di sekitar lokasi.

Situasi ini sangat cocok untuk kalian yang lebih suka adventure dengan sedikit tantangan. Meskipun fasilitas public dan akses menuju lokasi air terjun masih perludi bangun, tapi layak dan pantas kok untuk dikunjungi.

Baca juga : Wisata Air Terjun Sedudo

4. Legenda Air Terjun Tretes

Legenda Air Terjun Tretes
Legenda Air Terjun Tretes

Banyak cerita yang dikisahkan oleh tetua desa ini, mengenai asal mula air terjun tersebut di beri nama Air Terjun Tretes. Sejak tahun 1930, alkisah dahulu kala ada seorang pejabat perkebunan yang mencoba untuk membudidayakan tanaman kopi di areal pegunungan desa tersebut, sembari memanfaatkan air yang mengalir dari atas pegunungan itu.

Namun, entah mengapa setelah selesai melakukan beberapa aktivitas bertanamnya, pejabat belanda yang bernama Tekad ini setiap sore harinya sering terduduk di areal air yang menetes dari atas gunung itu.

Saat ia hendak menanam kelapa sawit, ternyata air yang sering ia tunggui itu tidak juga mengalir, bahkan sesekali airnya hanya menetes sedikit demi sedikit. Pak tekad pun, mencoba untuk meminta beberapa warga pribumi untuk melihat air tetesan dari atas gunung itu.

Selang beberapa jam warga pun lantas berbondong-bondong membuat tumpeng dan membawa sepasang kucing untuk ritual di areal air terjun tersebut.

Ritual pun dijalankan sembari mengawinkan kucing yang mereka bawa untuk acara persembahan meminta air dari pengunungan itu. Alhasil upacara yang dilangsungkan oleh beberapa warga tersebut kenyataannya membuahkan hasil dan air yang ia harapkan turun dari puncak itu akhirnya terjadi secara setetes demi setetes. Dan akhirnya dinamakan lah air terjun Tretes oleh warga sekitar.

5. Ticketing

tiket masuk
tiket masuk

Harga tiket masuk ke wisata air terjun ini bisa dibilang cukup murah. Tiket masuk untuk dewasa adalah Rp. 10.000, untuk anak-anak, biasanya tidak dikenakan ongkos masuk kecuali anak anak yang sudah sedikit besar.

Biaya parkir kendaraan disini jika menggunakan sepeda motor biasanya dikenakan Rp. 2.000,- dan jika membawa mobil ongkos parkir Rp. 5.000, sedang untuk kalian yang menyewa ojek dikenakan biaya sebesar Rp 20. 000 hingga Rp 30. 000.

*harga diatas bisa berubah sewaktu-waktu*

Baca juga : Wisata Air Terjun Madakaripura

6. Tips-Tips

Tips-Tips ke air terjun tretes
Tips-Tips ke air terjun tretes

Untuk kalian yang ingin pergi  dan berkunjung ke air terjun ini berikut ini ada beberapa tips yang bisa membnatu anda ketika di lokasi.

  • Para wisatawan yang berkunjung ke wisata ini tidak disarakan untuk mandi secara langsung di bawah air terjun. Derasnya guyuran air akan membuat tubuh sakit bahkan bisa terluka. Namun, warga masih bisa menikmati segarnya air terju Tretes dengan mandi di sekitar air terjun.
  • Sebelum menuju ke lokasi air terjun Tretes ada baiknya Anda mempersiapkan beberapa baju ganti, karena nggak mungkin kan kita nggak main basah-basahan.
  • Jangan lupa untuk membawa kamera atau gadget dengan kamera yang canggih. Sayang kan, kalau anda tak mengabadikan moment dan keindahan wisata air terjun Tretes ini.
  • Selain itu, siapkanlah fisik dan kendaraan anda karena perjalanan yang akan anda tempuh membutuhkan tenaga ekstra dan cukup kesabaran.

Demikianlah informasi seputar obyek wisata air terjun Tretes. Semoga kunjungan kalian nanti di sana bisa menyenangkan dan mengesankan. Jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan dan berlaku sopan saat pergi ke tempat wisata yaaa….

Thanks…..

1 thought on “Air Terjun Tretes, Wisata Alam di Jombang yang Wajib Kamu Kunjungi !

Leave a Comment

WhatsApp Chat