Pesona Air Terjun Sedudo di Lereng Gunung Wilis yang Lagi Hitz !

Air Terjun Sedudo – Di tahun 2108 ini banyak orang-orang berbicara tentang travelling dan wisata. Nah, di Jawa Timur sendiri banyak di jumpai tempat wisata yang unik dan asik, salah satunya di Kabupaten Nganjuk. Disini ada sebuah air terjun yang sayang jika dilewatkan jika anda sedang berada di Nganjuk, namanya adalah Air Terjun Sedudo. Akses jalan menuju air terjun yang penuh mitos dan legenda ini terbilang bagus, dan harga tiket masuknya pun terhitung murah.

Air Terjun Sedudo adalah sebuah air terjun dan objek wisata yang terletak di Desa Ngliman Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 30 km arah selatan ibu kota kabupaten Nganjuk. Berada pada ketinggian 1.438 meter dpl, ketinggian air terjun ini sekitar 105 meter.

Tempat wisata ini memiliki fasilitas yang cukup baik, dan jalur transportasi yang mudah diakses. Untuk informasi yang lebih jelas, berikut ulasannya.

1. Lokasi dan Akses Jalan

Lokasi dan Akses Jalan
Lokasi dan Akses Jalan

Secara administratif Air Terjun Sedudo termasuk dalam wilayah Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Nganjuk. Kalau dihitung dari pusat kota Nganjuk, Air Terjun Sedudo berjarak sekitar 30 km ke arah selatan dan melewati Kecamatan Berbek dan Sawahan.

Air Terjun Sedudo berada di lereng Gunung Wilis dan berada di ketinggian sekitar 1.438 meter dari permukaan laut dan dengan ketinggian mencapai 105 meter. Karena sudah cukup populer, fasilitas yang dimiliki Air Terjun Sedudo sudah cukup baik dengan jalur yang mudah diakses.

Air terjun Sedudo ini sangat mudah dijangkau dan dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum (seperti bus) maupun kendaraan pribadi dengan kondisi jalan umumnya baik dan beraspal mulus.

Hanya saja, karena lokasinya di dataran tinggi, jalanan menuju lokasi wisata cenderung menanjak, naik-turun, dan berkelok-kelok. Setelah melewati gerbang utama dan membayar karcis akan ditemui jalan dua arah, ke atas menuju Air Terjun Sedudo, sedangkan ke bawah menuju Agrowisata Ganter dan Air Terjun Singokromo.

Dari gerbang ini perjalanan menanjak masih berlanjut sekitar dua kilometer. Setelah melewati satu pos penjagaan lagi, barulah terdengar gemuruh Air Terjun Sedudo yang sudah di depan mata. Untuk menuju ke pelataran air terjun harus berjalan menuruni tangga sekitar 5 menit.

Kalau kalian masih bingung, kalian bisa pakai aplikasi penunjuk jalan seperti google maps. Lokasi air terjun Sedudo sudah tertandai di aplikasi tersebut dan juga sudah banyak rambu penujuk jalan ke air terjun Sedudo.

2. Legenda dan Mitos Air Terjun Sedudo

Legenda dan Mitos Air Terjun Sedudo
Legenda dan Mitos Air Terjun Sedudo

Sejarah diberinya nama Sedudo pada air terjun ini, ternyata memiliki hubungan erat dengan sejarah Air Terjun Roro Kuning.

Sang Raja yang sangat menyayangi putrinya, meminta putrinya untuk pergi ke padepokan seorang tabib untuk berobat, sebab penyakit kulitnya yang tak kunjung sembuh. Pergilah Sang Putri ke padepokan dengan identitas yang ditutupi.

Setelah mandi di Air Terjun Roro Kuning, akhirnya Sang Putri berangsur-angsur mengalami kesembuhan. Pemilik padepokan yang menjadi tabib Sang Putri mempunyai dua orang putra. Pada awalnya, mereka tidak memperhatikan siapa wanita yang menjadi pasien ayahnya tersebut.

Tapi, ketika Sang Putri sembuh dan kecantikannya kembali seperti semula, barulah dua orang pemuda tersebut mulai menyimpan rasa kepada Sang Putri

Terjadilah kisah cinta antara mereka bertiga. Berharap salah seorang dari dua pemuda mendapatkan balasan cinta dari sang putri dan kemudian menikah. Setelah sang putrid sembuh total, datanglah kabar bahwa Sang Raja meminta Sang Putri untuk pulang kembali dan menjodohkannya dengan Putra Kerajaan Kediri. Dua pemuda putra san tabib pun patah hati dan kecewa atas apa yang akan terjadi.

Karena rasa sakit hatinya tersebut, kedua pemuda mengurung diri dalam kamar dan depresi hingga mengalami banyak perubahan sikap dan menjadi tidak mempunyai sopan santun.

Sang Ayah pemilik padepokan tersebut marah dan menyuruh kedua putranya untuk bersemedi, membersihkan diri mereka, dan melupakan cintanya kepada Sang Putri. Dua pemuda tersebut menyanggupi dan pergilah mereka berdua ke sebuah air terjun yang terpisah. Sebelum bersemedi, dua orang pemuda tadi mengucapkan sebuah janji.

Sang Adik berjanji bahwa ia tidak akan menikah. Dalam Bahasa Jawa, diartikan “Sing Mendudo”. Kemudian Sang Kakak berikrar bahwa selamanya ia tidak akan pernah mempunyai tata krama lagi, atau dalam istilah setempat menjadi “Sing Ora Kromo”.

mitos di air terjun sedudo
mitos di air terjun sedudo

Sumpah inilah yang kemudian diambil menjadi nama air terjun. Air terjun yang digunakan oleh Sang Adik dalam bertapa, diberi nama Air Terjun Sedudo. Sedangkan air terjun yang digunakan oleh Sang Kakak adalah Air Terjun Singokromo.

Berkat adanya cerita dua pemuda padepokan, munculah berbagai mitos Air Terjun Sedudo yang hingga kini masih dipercaya kebenarannya, yaitu barang siapa yang mandi di air terjun, akan mendapatkan kesehatan dan lebih awet muda.

Ada pula mitos lain yang beredar, yaitu air terjun ini dapat membuat siapa saja yang mengunjunginya akan mendapat rizki yang berlimpah. Mitos yang terakhir yang ada saja orang yang mempercayainya yaitu, air terjun ini dapat melancarkan urusan kepolitikan dan menaikkan jabatan, bagi yang menginginkan.

Mau percaya mau tidak ya gan, tapi memang begitulah legendanya dan mitosnya. Namun, tetap saja kisah tersebut masih menjadi misteri Air Terjun Sedudo.

Baca juga : Wisata Air Terjun Madakaripura

3. Sisi Menarik Air Terjun Sedudo

Sisi Menarik Air Terjun Sedudo
Sisi Menarik Air Terjun Sedudo

Ketika anda mengunjungi wisata Air Terjun Sedudo ini, anda akan disuguhi berbagai keindahan alam. Indahnya air terjun yang mengalir dengan debit air yang cukup deras menghasilkan suara dan percikan air yang cukcup dingin.

Kalian pun bisa merasakan segarnya air yang mengalir dari Sedudo ini, pihak pengelola air terjun telah menyediakan tempat khusus bagi pengunjung yang ingin mandi atau bermain air.

Disini kalian bisa dengan puas merasakan sensasi dinginnya air terjun Sedudo. Tapi perlu diingat ya, jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah di aliran air terjun, tidak mandi atau keramas dengan menggunakan sabun ataupun shampoo.

Masyarakat setempat masih mempercayai, air terjun in memiliki kekuatan supra natural. Lokasi wisata alam ini ramai dikunjungi orang pada bulan Sura (kalender Jawa). Konon mitos yang ada sejak zaman Majapahit, pada bulan itu dipercaya membawa berkah awet muda bagi orang yang mandi di air terjun tersebut.

Keunikan Air Terjun Sedudo
Keunikan Air Terjun Sedudo

Jika kalian dating pada saat yang tepat, kalian bisa mengikuti tradisi tahunan yang di adakan disini. Setiap Tahun Baru Jawa, air terjun Sedudo dipergunakan untuk upacara ritual, yaitu memandikan arca dalam upacara Parna Prahista, yang kemudian sisa airnya dipercikan untuk keluarga agar mendapat berkah keselamatan dan awet muda.

Hingga sekarang pihak Pemkab Nganjuk secara rutin melaksanakan acara ritual Mandi Sedudo setiap tanggal 1 Suro.

Tradisi yang tak kalah penting yaitu adalah Jamasan Pusaka, di mana biasanya dilakukan di kantor Desa Ngliman. Jamasan Pusaka dilaksanakan dengan mencuci pusaka-pusaka seperti keris, tombak dan pusaka-pusaka peninggalan Kerajaan Majapahit lainnya.

4. Fasilitas yang Tersedia

Fasilitas yang Tersedia
Fasilitas yang Tersedia

Karena sudah banyak dikenal oleh masyarakat domestic dan internasional, fasilitas di air terjun Sedudo sudah terbilang lengkap. Mulai dari ruang ganti, kolam tempat berendam atau berenang, toilet, tempat istirahat dan berbagai rumah makan serta toko cinderamata.

Bagi yang membutuhkan penginapan juga tersedia hotel yang berada di sekitar kawasan ini.

Baca juga : Wisata Pantai Coro

5. Tiket Masuk

Tiket masuk air terjun sedudo
Tiket masuk air terjun sedudo

Harga tiket masuk air terjun Sedudo cukup murah, berikut listnya :

Tiket Masuk            : Rp. 10.000 per orang.

Parkir Motor           : Rp. 2000 per kendaraan.

Parkir Mobil            : Rp. 5000 per kendaraan.

Usai membayar tiket masuk di gerbang utama, kalian masih harus jalan kaki untuk menuju lokasi air terjun. Rute dari tempat parkir menuju lokasi air terjun cukup mudah, kalian tinggal menuruni tangga selama sekitar 5 menit saja untuk mencapai air terjun Sedudo.

Demikianlah ulasan dari menariknya tempat wisata air terjun Sedudo ini, selain menikmati alamnya yang indah kita juga bisa belajar tentang tradisi masyarakat sekitar. Semoga ulasan kami ini bisa bermanfaat dan berguna untuk anda sekalian.

Thanks…..

2 thoughts on “Pesona Air Terjun Sedudo di Lereng Gunung Wilis yang Lagi Hitz !

Leave a Comment

WhatsApp Chat