Air Terjun Nglirip : Info Lokasi, Legenda dan Tiket Wisata Lengkap !

Air Terjun Nglirip – Kali ini kami akan rekomendasikan tempat wisata air terjun Nglirip yang berada di Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Tak hanya terkenal dengan keindahan guyuran airnya, tempat wisata ini juga di selubungi mitos dan misteri dari asal-usul air terjun Nglirip. Kadang ada pengunjung yang bercerita melihat penampakan di sekitar kawasan air terjun.

Mau percaya atau nggak sih tergantung kalian semua ya gan. Tapi memang tak di pungkiri wisata air terjun ini punya keindahan alam yang luar biasa. Untuk lebih jelasnya, berikut review kami tentang air terjun Nglirip.

1. Lokasi Wisata Air Terjun Nglirip

Lokasi Wisata Air Terjun Nglirip
Lokasi Wisata Air Terjun Nglirip

Air terjun Nglirip Merupakan salah satu pilihan destinasi wisata alam di kabupaten tuban. Obyek wisata ini menyuguhkan keindahan alam yang menakjubkan dari air terjun setinggi kurang lebih 25 meter yang penuh dengan pesona serta misteri.

Lokasi Air terjun nglirip ini berada di  pedukuhan Jojogan Desa Mulyo Agung, Kecamatan Singgahan, kabupaten tuban , Jawa timur.

Untuk menuju lokasi wisata air terjun dengan menggunakan kendaraan umum, maka terdapat dua rute untuk menuju ke tempat wisata Air Terjun Nglirip.

  • Rute Montong

Kamu bisa naik angkutan umum jurusan Montong, lalu dilanjutkan dengan naik angkutan umum lagi ke jurusan Jojogan. Kamu tinggal jalan sebentar untuk sampai ke Air Terjun Nglirip.

  • Rute Singgahan

Kamu juga bisa naik angkutan umum dari terminal Tuban, lalu dilanjutkan dengan menggunakan bis ke Jatirogo dan berhenti di terminal Bojonegoro, lalu menuju daerah Jatirogo.

Kamu bisa turun di pertigaan warung anjlok, Jojogan. Dari pertigaan ini, Air Terjun Nglirip hanya berjarak sekitar 1 km saja.

Jika kalian lebih nyaman menggunakan kendaraan pribadi , agar lebih mudah silahkan pakai aplikasi penunjuk arah di smartphone kalian.

2. Pesona Wisata Air Terjun

Pesona Wisata Air Terjun Nglirip
Pesona Wisata Air Terjun Nglirip

Keindahan Air terjun Nglirip Tuban ini sudah tak terbantahkan lagi sangat cantik dan mempesona, serta airnya yang berwarna hijau tosca membuat segar mata yang memandang.

Ketinggiannya mencapai 40 meter yang bersumber dari Hutan Karawak. Rimbunnya pepohonan disekitar air terjun juga menambah daya pesona tersendiri.

Saat musim kemaraupun air terjun Nglirip tidak mengering, hanya debit airnya saja yang berkurang. Tetapi justru ketika musim kemarau inilah waktu yang tepat untuk dating kesini, karena pemandangannya tetap hijau dan memiliki air yang jernih dengan warna kebiruan.

Kalau kalian dating ke sini kalian wajib membawa kamera dan pakaian ganti ya. Mubazir kan kalau nggak nyemplung ke hijaunya air dan mengabadikan momen wisata dengan latar belakang yang indah ini.

Baca juga : Wisata Patung Budha Tidur

3. Legenda dan Mitos

Seperti tempat wisata air terjun yang lain di pulau Jawa pasti ada legenda asal-susul darimana terbentuknya air terjun tersebut. Untuk air terjun Nglirip ini berawal dari adanya seorang gadis desa yang berparas cantik.

Salah satu adipati Tuban (sebelum zaman Majapahit) terpikat dan segera meminangnya. Dari hasil pernikahan, mereka dikaruniai seorang anak lelaki yang diberi nama Joko Lelono.

Setelah dewasa Joko Lelono memiliki seorang kekasih yang berasal dari kaum miskin. Mendengar hal tersebut, orang tuanya menentang. Akibatnya Joko Lelono pergi meninggalkan rumah tanpa pamit.

Konon ceritanya ia meninggal di tangan prajurit suruhan ayahnya untuk membunuh Joko Lelono. Karena menurut ayahnya bisa memalukan keluarga besar bangsawan jika menikah dengan rakyat jelata.

Gadis miskin itu pun lantas pergi ke sebuah gua yang terdapat di sekitar air tejun Nglirip untuk bertapa. Ia merasa patah hati dan mengisolasi dirinya sendiri, tak seorang pun ingin dijumpai.

Legenda dan Mitos Air Terjun Nglirip
Legenda dan Mitos Air Terjun Nglirip

Masyarakat sekitar percaya jika saat ini, sesekali putri Nglirip muncul untuk mengambil air yang terdapat di air terjun ngelirip. Dari cerita inilah timbul mitos yang menyebar di kalangan masyarakat sekitar.

Bagi setiap pengunjung yang membawa pasangan atau sedang pacaran akan putus kurang dari 40 hari jika keduanya berkunjung di air terjun Nglirip ini. Dan juga pasangan calon pengantin yang nekat bercumbu di sekitaran air terjun, biasanya hubungannya tidak akan lama lagi akan bubar.

Mitos lainnya, konon siapa yang mandi di air terjun ini maka dia akan dimudahkan untuk mendapat jodoh. Mitos ini terus berkembang dari mulut ke mulut dan mulai didengar oleh para warga di tuban dan sekitarnya.

Mendengar mitos ini para kaula muda yang masih belum punya pasangan alias jomblo tentunya sangat bersemangat untuk menuju tempat wisata yang satu ini. Intinya sih air terjun inikhusus buat kalian para JOMBLO ya guys….

4. Fasilitas Di Lokasi Wisata

Fasilitas Di Lokasi Wisata
Fasilitas Di Lokasi Wisata

Dibalik legenda dan mitos di masyarakat sebenarnya air terjun nglirip adalah air terjun yang sangat indah, apalagi di saat musim kemarau walaupun airnya berdebit kecil, tapi sangatlah jernih dan segar. Sayangnya fasilitas-fasilitas di sekitar air terjun adalah fasilitas standar dari tempat wisata.

Untuk kalian yang ingin berkunjung ke tempat wisata air terjun yang satu ini pastinya kamu penasaran dengan apa saja fasilitas yang terdapat di kawasan air terjun Nglirip ini, jangan sampai kamu tidak tahu apa-apa soal fasilitas yang ada di tempat wisata ini.

Untuk fasilitasnya sendiri, di sekitar kawasan air terjun ini terdapat beberapa fasilitas yang bisa dibilang cukup memadai dan memiliki area parkir yang sangat luas, jadi kamu tidak perlu khawatir jika datang kesini pada waktu liburan.

Selain itu di dekat air terjun ini juga terdapat fasilitas umum lain seperti wc umum untuk kalian yang ingin membuang air kecil maupun besar, dan terdapat juga rumah makan dan warung-warung kecil yang menjual makanan di sekitar air terjun jika kamu merasa lapar.

Selain fasilitas umum diatas, di Air Terjun Nglirip ini juga memiliki banyak sekali spot foto yang bisa kamu jadikan latar belakang foto kalian. Dengan pemandangan yang menakjupkan, maka tak heran jika tempat wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi pelancong saat liburan.

Pokoknya tempat wisata yang satu ini sangat recommended banget buat kalian yang ingin berkumpul bersama keluarga dan menghabiskan waktu kalian bermain air di sini.

Baca juga : Wisata Pemandian Banyu Biru

5. Ticket Masuk Wisata

Ticket Masuk Wisata
Ticket Masuk Wisata

Untuk menikmati wisata alam yang eksotis ini anda tak perlu mengeluarkan budget dari saku anda. Pada hari-hari biasa tidak di kenakan biaya apapun kecuali parkir alias gratis, karena belum tersentuh tangan dari pemerintah Kabupaten Tuban.

Namun apabila anda datang pada hari minggu atau libur dikenai tarif untuk tiket masuk sebesar Rp 500 per orang. Sedangkan untuk biaya parkir sebesar Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 3000 untuk kendaraan roda empat.

Tertarik kan untuk berkunjung ke Air Terjun Nglirip ?..

Untuk waktu yang pas datang ke air terjun ini, pastikan anda kesini pada musim kemarau. Karena apabila anda kesana pada musim hujan yang anda dapat lihat kurang menarik karena air terjun berwarna keruh.

Semoga pemerintah kabupaten Tuban sendiri lebih bisa memperhatikan potensi wisata yang ada dengan mengelola lebih baik air terjun Nglirip agar para wisatawan bisa berkunjung dengan aman dan nyaman. Serta dapat meningkatkan pendapatan warga sekitar kawasan wisata.

Itulah review singkat kami mengenai air terjun Nglirip. Untuk menjaga kawasan wisata tetap bersih dan terasa nyaman para traveler di harapkan untuk membawa kembali sampah yang dihasilkan.

Semoga ulasan kami diatas bisa bermanfaat dan berguna untuk kalian semua yang ingin tahu lebih tentang air terjun Nglirip.

Thanks……

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat