Air Terjun Madakaripura, Maha Karya Alam Terbaik Di Probolinggo

Air Terjun Madakaripura – Bicara tentang wisata air terjun yang ada di Jawa Timur memang tidak akan ada habisnya. Nah, biasanya nih kalau bicara soal wisata alam di daerah Jawa pasti di bumbui dengan mitos dan misteri dari asal-usul atau sejarah tempat tersebut.

Kembali lagi soal air terjun, di Kabupaten Probolinggo ada sebuah air terjun yang sedang banyak di bicarakan para traveler karena keindahanya. Air terjun itu adalah air terjun Madakaripura, Nama air terjun yang berada di ketinggian 1.000 Mdpl ini berasal dari kata Madakaripura, tanah perdikan milik mahapatih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit.

Air Terjun Madakaripura juga kerap disebut Air Terjun Abadi. Hal itu karena air yang dialirkan oleh air terjun ini selalu melimpah dan tak pernah berkurang debitnya. Untuk lebih detailnya tentang air terjun Madakaripura, bisa kalian lihat ulasan di bawah.

1. Akses Ke Lokasi Wisata

Akses Jalan Air Terjun Madakaripura
Akses Jalan Air Terjun Madakaripura

Air terjun Madakaripura adalah sebuah air terjun yang terletak di Kabupaten Probolinggo, Provinsi Jawa Timur. Air terjun setinggi 200 meter ini merupakan air terjun tertinggi di Pulau Jawa dan tertinggi kedua di Indonesia. Air terjun ini adalah salah satu air terjun di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tepatnya di lereng Gunung Bromo.

Berjarak sekitar 5 km dari lintas jalan raya menuju Bromo atau sekitar 45 menit waktu tempuh dari lokasi wisata Gunung Bromo ke arah Probolinggo (ke Utara).

Jika dari pusat kota kabupaten Probolinggo sekitar 30 km. Lokasi air terjun ini bisa dicapai dengan kendaraan pribadi atau mobil sewaan dengan kondisi jalan berkelok kelok dan sudah beraspal mulus namun sedikit sempit.

Jika perjalanan datang dari arah Probolinggo maka sesampai di Desa Sukapura akan ditemui pertigaan yang ditandai dengan plang besar.  Jika ke ke kiri ke arah Gunuing Bromo dan yang ke kanan ke arah lokasi Air Terjun Madakaripura.

Jarak dari pertigaan ini masih sekitar 4 km hingga tiba di pintu masuk lokasi air terjun. Sebelumnya masih ditemui pertigaan lagi sebelum tiba di pintu masuk dan ambil belokan ke kanan.

air terjun madakaripura yang menawan
air terjun madakaripura yang menawan

Sesampainya di pintu gerbang dan masuk ke area parkir perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki kurang lebih 1 km melewati jalan setapak yang sebagian sudah disemen dan sebagian tidak karena hilang terbawa longsor, dan menyeberangi sungai.

Untuk menuju kesana sebaiknya menggunakan jasa pemandu, hal ini dikarenakan jalan menuju kesana cukup berat medannya. Di tambah lagi di lokasi ini sering terjadi banjir dan longsor.

Para pemandu ini, umumnya penduduk lokal, banyak ditemui di area sekitar parkiran dan mereka biasanya langsung menawarkan diri, Ongkos pemandu sekitar Rp 50000 sekali jalan.

1. Daya Tarik Air Terjun Madakaripura

Seperti wisata alam lainnya, air terjun ini juga menawarkan keindahan alamnya yang menakjubkan. Aliran air yang terus mengalir ini juga membuat daerah sekitar lereng ditumbuhi oleh tumbuhan hijau yang banyak. Sangat asri dan menyejukan mata.

Apabila kebanyakan air terjun bentuk aliran airnya sangat besar dan kuat pada satu titik, namun tidak dengan Air Terjun Makadaripura  ini. Airnya mengalir dengan bentuk pola aliran radial sentrifugal, yaitu dari satu titik menyebar ke beberapa titik yang berbeda. Sehingga, ia tampak seperti aliran hujan yang turun secara terpisah-pisah dari atas bebatuan.

Banyak aktivitas yang dapat kamu lakukan di dalam kawasan wisata Air Terjun Madakaripura ini. Salah satunya tentu saja bermain air di sekitar air terjun. Dan juga kalian bisa menjadikan landscape dinding-dinding tebing sebagai latar belakang foto / selfie.

Suara air terjun sendiri dipercaya memiliki kemampuan untuk membuat pikiran menjadi lebih rileks. Karena suara air terjun memiliki gelombang yang mirip dengan otak kita, yang dikenal sebagai white noise. Sehingga, ini bisa menjadi salah satu ritual rileksasi kamu di tengah perjalanan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi tempat wisata ini adalah di pagi hari, pasalnya selain cuacanya yang masih sejuk dan masih sepi akan pengunjung, kamu pun mempunyai waktu yang panjang untuk berada di lokasi air terjun.

Air Terjun Madakaripura
Air Terjun Madakaripura

Sebisa mungkin jangan datang di musim penghujan, dikarenakan air terjun utama pada tempat wisata ini memiliki aliran dari sebuah sungai yang dapat sewaktu-waktu berubah volume debit airnya. Namun tak perlu khawatir yang berlebih, pihak pengelola sudah membangun sebuah rumah yang dijaga secara 24 jam, yang bertugas untuk memantau keadaan di sungai tersebut.

Bilamana keadaan sedang hujan atau air sedang pasang, maka dengan sigap petugas akan menginformasikan pada petugas yang berada di kawasan air terjun utama, untuk sesegera mungkin mengevakuasi para wisatawan. Hal tersebut mampu meminimalisir bahaya yang tak diinginkan.

3. Mitos yang ada Air Terjun Madakaripura

 

Mitos yang ada Air Terjun Madakaripura
Mitos yang ada Air Terjun Madakaripura

Jika kita telisik lebih dalam, air terjun Madakaripura ini berkaitan erat dengan sejarah panjang kerajaan Majapahit. Menurut penduduk setempat nama Madakaripura, memiliki arti “tempat terakhir”.

Nama ini diambil dari cerita yang telah beredar di zamannya. Konon Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hayatnya dengan bersemedi di lokasi air terjun ini. Lokasi persemedia Patih Gajah Mada di goa yang berada di air terjun utama.

Patih Gajah Mada sendiri memilki keahlian yang luar biasa dibidang strategi, diplomasi, bahkan perang. Sebab itulah Patih Gajah Mada mampu dipercaya raja-raja Nusantara.

Awalnya kawasan ini merupakan tanah perdikan yang diberikan Raja Majapahit sebagai hadiah kepada Gajah Mada atas kerja kerasanya mempersatukan Nusantara.

Seperti yang sudah saya katakan di awal tadi, bahwa setiap wisata alam khususnya di kawasan Jawa Timur sebagian besar dibumbui dengan mistis dan mitos.

Percaya atau tidak dengan mitos-mitos tersebut, tergantung pada anda sendiri. Dan untuk berjaga-jaga saja di harapkan para wisatawan bisa menjaga sikap dan bertutur yang santun, karena memang sudah seharusnya seperti itu.

Baca juga : Wisata Pantai Coro

4. Fasilitas Umum

Fasilitas Umum
Fasilitas Umum

Air terjun ini memang sudah cukup terkenal diantara para wisatawan domestik, dan pihak pengelola juga sadar akan potensi besar air terjun ini.

Tersedia cukup banyak warung yang menjajakan makanan dan minuman di dekat area wisata ini. Fasilitas lain juga tersedia seperti kamar mandi yang cukup bersih, masjid dan tempat parkir.

5. Tiket Masuk Wisata

Ticketing Air Terjun Madakaripura
Ticketing Air Terjun Madakaripura

Air Terjun Madakaripura dijadikan objek wisata dan dibuka pada tahun 1986. Dengan harga tiket masuk sekitar Rp. 11.000/orang yang dikenakan oleh pihak Perhutani sebesar Rp. 6000/orang serta Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Probolinggo sebesar Rp. 5000/orang.

Demi alasan keamanan, di anjurkan untuk menggunakan jasa guide, mengingat jalur yang akan dilalui dan bahaya akan bebatuan atau batang pohon yang terkadang bisa saja jatuh dari atas lembah.

Perjalanan menuju ke air terjun sangat indah dan memanjakan mata dengan pemandangan pohon-pohon besar, udara yang segar dan juga melewati sungai-sungai. Sepatu yang kuat, tahan air ataupun sandal gunung sangat disarankan untuk perjalanan ini.

Perjalanan menempuh kurang lebih 1 jam ketika kemudian Anda merasakan dinginnya sekitar dan juga air yang meloncat-loncat ke tubuh Anda. Maka dari itu, baju ganti, jas hujan ataupun payung sangat disarankan. Anda harus berjalan lebih jauh sedikit untuk bisa menikmati air terjun utamanya.

Anda masih harus menaiki tebing yang cukup licin dan sempit. Tapi sekali lagi itu akan terbayar dengan begitu Anda melihat air terjun utama yang berdinging melingkar, jadi terlihat seperti Anda berada di dalam botol. Sangat indah.

Baca juga : Wisata Pantai Pangi

Demikianlah review kami tentang air terun Madakaripura di Probolinggo. Semoga ulasan kami ini bisa bermanfaat menambah minat kalian untuk berlibur ke air terjun ini.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat