Air Terjun Dolo, Wisata Alam Kediri yang Sangat Eksotis !

Air Terjun Dolo – Air Terjun Dolo adalah salah satu tempat wisata air terjun yang terletak di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Tak hanya hutan hijau dan percikan air terjun yang indah air terjun dolo juga di selubungi mitos dan sejarah akan asal-usul air terjun ini.

Air terjun ini berada di bagian timur lereng Gunung Wilis (2.850 meter), yang memiliki ketinggian 125 meter dan 1800 meter di atas permukaan laut (dpl). Air terjun Dolo berjarak 4 meter dari air terjun Irenggolo yang dibatasi oleh banyak pepohonan dan hutan, yang juga masih terletak di kawasan Besuki.

Debit air yang dicurahakan air terjun ini tidak terlalu deras, namun memiliki suhu air yang sangat dingin. Tumpahan air yang jatuh dari atas terbagi atas tiga bagian, mulai dari bagian yang paling tinggi sekitar 90 meter dan dibawahnya sekitar 2-5 meter.

Untuk lebih jelasnya kita simak saja ulasan di bawah ini.

1. Akses Ke Lokasi Wisata Air Terjun Dolo

Akses Ke Lokasi Wisata Air Terjun Dolo
Akses Ke Lokasi Wisata Air Terjun Dolo

Air terjun Dolo Kediri berada di bagian timur lereng Gunung Wilis dengan ketinggian 1800 mdpl. Tepatnya di Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri.

Jarak tempuh dari pusat Kota Kediri ke arah barat, sekitar 25 km (45 menit), atau kurang lebih 150 km 3,5 jam) dari Bandara Juanda Surabaya.

Ada 2 (dua) jalur atau rute menuju ke wisata air terjun ini, pertama melalui Pasar Muning dan kedua melalui Puhsarang.

  • Jalur pertama menuju Air Terjun Dolo melalui Pasar Muning lurus keselatan saja sampai pertigaan kecamatan Mojo.

Ikuti petunjuk arah menuju ke Besuki selanjutnya ikuti petunjuk jalan menuju ke Air Terjun Dolo hingga tiba di lokasi. Kondisi jalan yang dilalui sudah cukup lebar dan sudah diperbaiki.

  • Jalur kedua melalui Puhsarang dimana dari Terminal Taman Kota Kediri langsung lurus ke barat sampai tiba di pertigaan Kedak. Pada pertigaan tersebut ambil jalan ke arah kiri kemudian ketika menemui pertigaan lagi ambil jalan ke arah kanan.

Jalur yang dilalui hampir sama dengan jalur menuju ke gereja Pohsarang. Namun sebelum pintu masuk ke gereja ada pertigaan Pohsarang (pertigaan badak) pilih jalan ke arah kiri kemudian saat kondisi jalan naik ada pertigaan lagi pilih ke arah kanan.

Ikuti jalan tersebut hingga tiba di Besuki namun pengguna jalan harus berhati-hari karena sebagian jalan mengalami kerusakan akibat longsoran batu dari tebing.

Setelah sampai di tempat parkir, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki. Untuk mencapai lokasi air terjun Dolo, pengunjung diharuskan melewati dan menuruni ratusan hingga ribuan anak tangga yang berjarak kurang lebih 1 kilometer

Baca juga : Wisata Air Terjun Tretes

2. Daya Tarik Air Terjun Dolo

Daya Tarik Air Terjun Dolo
Daya Tarik Air Terjun Dolo

Air terjun Dolo ini memiliki potensi yang sangat besar sebagai tempat wisata yang dapat menarik banyak pengunjung. Wisata Air Terjun Dolo ini berada pada ketinggian sekitar 1800 meter diatas permukaan laut dan cukup terjaga dari rasa bising ataupun lalu lintas pusat kota, dan sangat efektif untuk membuang rasa penat.

Nantinya perjalanan Anda menuju wisata Air Terjun Dolo ini akan dimanjakan dengan hamparan hijau pemandangan hutan pinus yang sangat indah. Letak air terjun Dolo yang berada di pegunungan membuat tempat wisata ini memiliki suhu yang amat dingin, bahkan ketika cuaca memburuk, wilayah ini akan tertutup oleh kabut.

Tentu saja cuaca dingin dan suhu air yang dingin, akan bertambah dingin ketika kabut mulai datang. Namun, ketika cuaca cerah, pemandangan yang sangat mempeona akan terlihat di lokasi ini.

Suara gemuruh air, ditemani pohon-pohon yang menjulang, akan menambah kesan sejuk khas pegunungan. Air terjun Dolo di Kediri memiliki ketinggian total 125 meter. Bentuknya berundak dengan curahan air tertinggi adalah 90 meter. Kemudian, undakan dibawahnya memiliki tinggi 2 hingga 5 meter.

Untuk kalian yang suka fotografi tempat ini sangat cocok untuk dijadikan salah satu obyek foto anda.

3. Fasilitas di Lokasi Wisata

Meskipun masih terbilang alami, pihak pengelola air terjun ini sudah menyediakan fasilitas yang lengkap bagi Anda, seperti toilet umum dan mushola.

Anda juga bisa beristirahat di warung-warung makan yang ada di sekitar lokasi wisata. Disamping itu, terdapat fasilitas penunjang yang dapat Anda gunakan untuk menunjang kegiatan Anda selama berada di tempat ini.

  • Jogging Track

Jogging Track
Jogging Track

Anda bisa memanfaatkan jalan ini ketika Anda hendak berlari-lari kecil. Udara dan air pegunungan yang dingin akan turut serta menemani Anda. Meski begitu, melakukan jogging di area air terjun akan menjadi sensasi tersendiri.

  • Hiking Area

Bagi Anda penggemar aktivitas mendaki, tempat ini sangat cocok untuk anda. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan yang memukau selama perjalanan mendaki anda.

  • Taman Bermain

Taman Bermain
Taman Bermain

Anda yang datang ke air terjun dengan mengajak serta sang buah hati, jangan khawatir akan aktivitas yang bisa mereka lakukan. Air terjun Dolo menyediakan fasilitas playground yang bisa membantu si kecil mengisi kegiatan menyenangkan bagi mereka.

  • Camping Ground

Terdapat area berkemah yang cukup luas di tempat ini. Bagi Anda yang hendak menghabiskan malam di air terjun, Anda bisa mendirikan tenda di tempat ini.

Tempat ini cocok juga digunakan sebagai area outbond. Anda yang datang berkunjung bersama rombongan dan menyewa tempat ini sebagai tempat berkemah,

  • Berkebun

Tak jauh dari lokasi, terdapat kebun buatan yang di dalamnya tumbuh tanaman seperti sayur-sayuran dan buah stroberi. Anda bisa membeli buah stroberi sebagai oleh-oleh. Atau Anda juga dapat memetik sendiri buah stroberi yang sudah matang dan ingin dibeli.

Jika Anda ingin berwisata ke air terjun ini, rute air terjun Dolo sangat mudah dijangkau oleh kendaraan. Anda hanya perlu menghentikan kendaraan di dusun besuki, dan memarkir kendaraan di sana.

Baca juga : Wisata Air Terjun Coban Rondo

4. Legenda dan Mitos

Legenda dan Mitos
Legenda dan Mitos

Tak hanya kekayaan alamnya saja yang menjadi primadona. Ada hal lain yang menarik untuk di ulas dari ari terjun Dolo ini yaitu, mitos dan legendanya.

Menurut cerita penduduk setempat di kawasan air terjun Dolo pada zaman kewalian di sekitar air terjun Dolo tepatnya di sebelah kanan air terjun ada sebuah pohon besar dan di atasnya tergantung sebuah benda yang sangat misterius, benda tersebut adakalanya dapat dilihat adakalanya tidak dapat dilihat.

Dari kisah itu maka muncul kata Dolo untuk air terjun tersebut, yang mempunyai arti sesuatu yang tergantung (gemandul).

Pantangan yang harus dipatuhi para pengunjung di Air Terjun Irenggolo juga berlaku di kawasan air terjun Dolo, yakni tidak boleh bersiul, tidak boleh bertepuk tangan, tidak boleh bersenda gurau berlabihan dan tidak boleh mengambil hasil alam berlebihan seperti tumbuhan.

Kemudian bagi mereka-mereka yang hendak berkemah di kawasan air terjun Dolo dianjurkan supaya menancapkan semua benda tajam yang mereka bawa ke tanah.

Hal ini menurut penduduk setempat dimaksud supaya mereka terhindar dari gangguan makhuluk-makhluk gaib di kawasan tersebut.

Legenda atau asal usul dari air terjun Irenggolo dan Dolo karena belum ada bukti yang mendukung tentang cerita rakyat tersebut. Namun menurut penduduk setempat mengatakan nama air terjun Dolo berasal dari kata “Gundul Tola Tolo”.

Untuk lebih amannya, sebagai tamu yang datang ke tempat orang kita harus bersikap sopan dan tidak merusak, agar terhindar dari masalah.

Air terjun Dolo terletak di kawasan pegunungan, sehingga selain suhu udaranya dingin, seringkali kawasan di sekitar air terjun dan akses jalan menuju ke sana tertutup oleh kabut. Oleh karena itu diharapkan para wisatawan tetap berhati-hati saat cuaca sedang tidak baik.

Itulah ulasan kami tentang tempat wisata air terjun Dolo di kabupaten Kediri. Semoga ulasan kami bisa bermanfaat bagi kalian semua.

Leave a Comment

WhatsApp Chat