Keindahan Wisata Air Terjun Coban Rondo yang Mempesona

Air Terjun Coban Rondo – Di Jawa Timur sekarang ini banyak sekali daerah yang menawarkan wisata air terjun yang indah, bahkan banyak ditemukan air terjun baru yang belum terjamah dan akses rute menuju lokasi belum ada.  Untuk kalian yang berada di sekitar Malang pasti tak asing dengan air terjun yang terkenal dengan misteri, mitos dan legenda yang mengisahkan asal-usul air terjun ini.

Tinggi Air terjun Coban Rondo mencapai ketinggian 84 meter. Air terjun ini pertama kali diresmikan menjadi tempat wisata pada tahun 1980. Sumber air terjun berasal dari mata air yang berada di sisi lereng gunung Kawi, yaitu mata air Cemoro Mudo.

Untuk kalian yang belum tahu banyak tentang air terjun Coban Rondo berikut ulasan dari kami.

1. Aksesbilitas ke Coban Rondo

akses ke air terjun coban rondo
akses ke air terjun coban rondo

Lokasi air terjun coban rondo berada di Pandesari, sebuah desa di kecamatan Punjong, Malang, Jawa Timur. Untuk menuju lokasi air terjun kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum.

  • Transportasi Umum

Kalau kalian dari luar kota kalian bisa naik bus menuju Terminal Arjosari Malang, kemudian pindah naik Bus jurusan Landungsari.

Setelah tiba di Landungsari lanjut lagi naik bus jurusan Pujon (Arah ke Kediri). Sesampainya di daerah Pujon, kalian bisa turun di pertigaan Patung Sapi. Lalu dari Patung Sapi kalian bisa naik ojek ke lokasi Air Terjun Coban Rondo.

  • Kendaraan Pribadi

Apabila menggunakan Kendaraan pribadi, maka dari arah Batu langsung menuju Pujon. Ketika sampai di puncak perbukitan terdapat papan petunjuk yang menunjukkan arah wisata Air Terjun Coban Rondo. Setelah itu tinggal mengikuti petunjuk yang ada atau kalau kalian pengguna google maps kalian bisa mengikuti arahan dari aplikasi tersebut.

2. Daya Tarik Wisata Coban Rondo

Selain menikmati keindahan pemandangan dan dinginnya air terjun yang ditawarkan, kalian juga bisa melakukan kegiatan seru lainnya yang ada di kawasan air terjun. Wahana permainan yang tersedia di area Air Terjun Coban Rondo antara lain:

  • Taman labirin

Taman labirin Coban Rondo
Taman labirin Coban Rondo

 

Taman Labirin adalah salah satu fasilitas baru yang langsung populer sebagai salah satu Spot Foto yang menarik. Seperti namanya, Taman Labirin ini adalah sebuah taman yang di desain layaknya sebuah labirin dari tanaman tinggi.

Anda bisa masuk dan mengeksplor Taman Labirin untuk menemukan pusatnya. Juga bisa berfoto-foto sambil mencari jalan keluar dari taman tersebut.

Baca juga : Wisata Air Terjun Tretes

  • Fun tubing

Fun tubing di Coban Rondo
Fun tubing di Coban Rondo

Fun tubing adalah kegiatan menyusuri sungai dengan menggunakan ban pelampung. Untuk menikmati wahana ini, setiap peserta akan diberikan dua perlengkapan renang, yaitu ban dan baju pelampung.

Biaya Fun Tubing : Rp35.000 / orang

  • Paintball

Paintball di Coban Rondo
Paintball di Coban Rondo

Paint Ball adalah sebuah permainan baku tembak antar team dengan menggunakan senapan mainan dan juga peluru yang terbuat dari karet.

Biaya Paint Ball (6 orang, formasi 3 vs 3, 150 peluru) : Rp.450.000

  • Satwa dan Kebun

Satwa dan Kebun di Sekitar Coban Rondo
Satwa dan Kebun di Sekitar Coban Rondo

Di wahana ini, wisatawan dapat melihat beragam satwa dan juga dapat mencoba aktivitas petik apel.

  • Camping ground

Camping ground
Camping ground

Untuk kalian yang ingin menginap di kawasan air terjun dengan rombongan atau teman, kalian bisa ber-camping ria di area ini. Anda juga bisa Berkemah di bumi perkemahan Coban Rondo untuk berbagai acara.

  • Wahana Outbond

Wahana Outbond
Wahana Outbond

Ada dua level untuk outbond yaitu untuk pelajar dan anak-anak. Disini juga terdapat beberapa permainan seru seperti flying fox, kerta kelinci, dan lainya.

Fasilitas di Air Terjun Coban Rondo

Fasilitas di Air Terjun Coban Rondo
Fasilitas di Air Terjun Coban Rondo
  • Hotel atau Penginapan

Untuk yang mencari tempat penginapan dapat diperoleh di daerah wisata Songgoriti, sekitar 5-8 km dari lokasi Air Terjun Coban Rondo.  Harga penginapan di daerah itu berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 150.000 per malam. Anda juga bisa menginap di pusat wisata kota Batu di sekitar Jatim Park 1 dan Museum Angkut, atau di sekitar Jatim Park 2 dan BNS.

  • Warung makan

Di dalam area Coban Rondo banyak terdapat warung-warung yang menjajakan makanan dengan harga yang cukup terjangkau.

  • Tempat Parkir

Area parkir di objek wisata Coban Rondo cukup luas. Tarif parkir untuk sepeda motor adalah Rp. 2.000,- mobil Rp. 4.000,- dan Rp. 6.000,- untuk roda enam.

  • Toko Souvenir atau Oleh-oleh
  • Tempat ibadah
  • Toilet Umum                                          

4. Mitos dan Legenda

Mitos dan Legenda
Mitos dan Legenda

Selain curahan air terjunnya yang indah dipandang dan menyejukkan, air terjun ini terkenal karena kisah legenda dan mitos di baliknya. Tak sedikit yang percaya kalau air terjun ini membawa kutukan bagi pasangan-pasangan yang datang. Konon pasangan yang berpacaran di tempat ini bakal berakhir putus.

Mitos itu dikaitkan dengan kisah berujung tragis yang menjadi latar belakang dari nama Coban Rondo. Tersebutlah Dewi Anjarwati dari Gunung Kawi dan Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro yang saling jatuh cinta dan keduanya memutuskan untuk mengikat janji dalam pernikahan.

Baru beberapa hari menjadi pasangan suami istri, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk bertandang ke rumah mertua Dewi Anjarwati yang ada di Gunung Anjasmoro. Niat ini pun ditentang oleh orangtua Dewi Anjarwati.

Menurut tradisi Jawa kuno, pasangan pengantin baru dilarang bepergian sebelum usia pernikahan mencapai selapan (36 hari). Hal ini diyakini bisa mendatangkan kesialan bagi pasangan tersebut. Tetapi keduanya tetap bersikeras pergi.

Di tengah perjalanan, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo bertemu dengan Joko Lelono. Rupanya orang asing itu terpikat kecantikan Dewi Anjarwati pada pandangan pertama. Joko Lelono pun menantang Raden Baron Kusumo berduel untuk memperebutkan Dewi Anjarwati. Sang istri diminta untuk menyembunyikan diri di balik air terjun sembari menunggu suaminya datang menjemput.

Namun nasib berkata lain, Raden Baron Kusumo dan dan Joko Lelono sama-sama tewas dalam pertarungan. Janji Raden Baron Kusumo untuk menjemput istrinya tak bisa dipenuhi. Tinggallah Dewi Anjarwati yang menjanda meratapi nasibnya di balik air terjun.

Sampai sekarang, banyak yang percaya kalau ratapan Dewi Anjarwati mendatangkan kesialan bagi pasangan-pasangan yang datang ke sana. Boleh percaya boleh tidak ya gan.

Pada akhirnya, legenda dan mitos tersebut bukan sesuatu yang bisa dibuktikan dengan ilmu pengetahuan. Yang terpenting adalah tetap menjaga sopan santun saat berkunjung kemanapun itu.

Baca juga : Wisata Air Terjun Sedudo

5. Ticketing

Tiket Masuk Coban Rondo
Tiket Masuk Coban Rondo

Ada 3 jenis biaya yang harus dikeluarkan ketika memasuki wisata Air Terjun Coban Rondo yaitu tiket masuk , biaya kendaraan, dan biaya parkir. untuk harga lengkapnya sebagai berikut :

Info

Harga

Tiket wisatawan domestik

8.000 Rupiah

Tiket Wisatawan asing

10.000 Rupiah

Kendaraan roda 2

2.000 Rupiah

Kendaraan roda 4

4.000 Rupiah

Kendaraan roda 6

6.000 Rupiah

Parkir roda 2

4.000 Rupiah

Parkir roda 4

4.000 Rupiah

Parkir roda 6

6.000 Rupiah

Note: Harga diatas dapat berubah sewaktu waktu      

Biaya tiket masuk ke Air terjun belum termasuk biaya wahana yang ada di dalamnya. Jadi ketika mengunjungi tempat ini sebaiknya menyediakan dana lebih, karena banyak wahana wahana yang sangat menyenangkan untuk di coba.

Demikianlah ulasan kami tentang air terjun Coban Rondo, semoga ulasan kami dapat membantu dan bermanfaat untuk kalian semua yang ingin berwisata di air terjun Coban Rondo.

Leave a Comment

WhatsApp chat Chat